Sukses

Beauty

Cara Alami Mengatasi Kulit Kepala Gatal Karena Ketombe

Ketombe banyak disebabkan oleh bakteri dan juga kuman di kulit kepala. Ketombe sendiri telah menyerang banyak orang. Dan kebanyakan dari mereka yang mengidap ketombe adalah orang-orang yang kurang menjaga kebersihan kulit kepalanya. Keberadaan ketombe sendiri diakui banyak orang bahwa sangat mengganggu.

Tidak hanya mengganggu, ketombe juga digadang-gadang dapat membuat seseorang mengalami penurunan rasa percaya diri. Ketombe tidak hanya membuat kulit kepala gatal. Tapi, ketombe yang sudah parah akan menimbulkan luka di kulit kepala. Lalu, bagaimana untuk mengatasi kulit kepala gatal karena ketombe?

Dilansir dari laman prevention.com, inilah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi ketombe secara alami.

(vem/mim)

Air jeruk nipis

Buah satu ini banyak mengandung vitamin C yang sangat baik untuk menjaga kesehatan termasuk kesehatan kulit rambut. Mengatasi kulit kepala bisa dilakukan menggunakan jeruk nipis.

Caranya cukup mudah. Belah jeruk nipis menjadi dua bagian dan ambil airnya. Gunakan air jeruk nipis sebagai masker untuk kulit kepala dan aplikasikan menyeluruh ke rambut kepala Anda. Diamkan beberapa waktu lalu cucilah rambut dengan sampo hingga bersih. Lakukan cara ini secara rutin, maka ketombe di rambut Anda akan hilang.

Daun pandan

Daun pandan merupakan salah satu bahan alami yang bisa bantu mengatasi gatal di kulit kepala karena ketombe. Sama dengan saat menggunakan daun pandan sebagai penambah aroma makanan, untuk mengatasi gatal dan menghilangkan ketombe, daun pandan juga perlu ditumbuk atau dihaluskan lalu diambil airnya.

Gunakan air daun pandan yang sudah disaring untuk membasahi kulit kepala dan rambut Anda. Ratakan air pandan ini ke seluruh kepala lalu biarkan hingga rambut kering. Setelah kering, cucilah rambut dengan sampo seperti biasa. Jika cara ini dilakukan dengan rutin satu kali dalam dua hari, perlahan ketombe pada rambut Anda akan hilang dan Anda pun terbebas dari kulit kepala yang gatal.

Lidah Buaya

Lidah buaya adalah tanaman yang tidak diragukan lagi sebagai bahan herbal perawatan rambut dan kulit kepala. Gunakan gel dalam lidah buaya sebagai masker di Rambut Anda. Oleskan lendir atau gel lidah buaya ke kulit kepala berketombe Anda. Diamkan selama kira-kira 20 menit lalu basuh kepala dengan air bersih. Lakukan cara ini secara teratur dan dapatkan kulit kepala sehat jauh dari masalah gatal.

Buah mengkudu

Menghilangkan ketombe dengan buah mengkudu dapat dilakukan dengan mudah dan dilakukan sendiri di rumah. Caranya yakni, gunakan air buah mengkudu untuk mengolesi kulit kepala yang terdapat ketombenya. Jika sudah merata di kulit kepala Anda, tunggulah hingga kurang lebih 20 menit.

Jika sudah, cuci rambut dengan sampo seperti biasa, Lakukan cara ini dengan rutin setidaknya dua hari sekali. Secara perlahan, Anda pun dapat memiliki kulit kepala sehat tanpa masalah ketombe dan gatal pun hilang.

Menghilangkan gatal karena ketombe bukanlah hal yang sulit jika Anda melakukannya dengan sungguh-sungguh menggunakan cara alami. Ketika Anda telaten dan rutin melakukan perawatan dengan cara alami ini, perlahan tapi pasti Anda akan dapatkan kulit kepala sehat tanpa masalah ketombe dan gatal pada kulit kepala. Semoga info ini bermanfaat dan selamat mencobanya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading