Sukses

Beauty

Kosmetik Berbahaya Makin Marak, Pemerintah Pun Turun Tangan

Bagi wanita berbagai kosmetik dan juga skin care menjadi sahabat yang bisa membuat penampilan makin terlihat cantik. Namun Anda harus lebih berhati-hati dalam membeli kosmetik yang tepat, karena sekarang ini tidak bisa dipungkiri bahwa tidak sedikit kosmetik yang di jual di pasaran baik untuk kesehatan Anda. Kosmetik ini ternyata malah dapat membahayakan hingga akhirnya menyebabkan penyakit kulit yang berat seperti kanker.

Melihat kondisi seperti itu BPOM bekerjasama dengan ASEAN Cosmetic Association (ACA) 2015 dalam rangka melindungi masyarakat Indonesia terutama kaum hawa untuk mengawasi serta mengamati lebih lanjut mengenai peredaran kosmetik yang sembarang di negeri ini. Akan dilakukan pengawasan yang ketat dari segi kesehatan.

Kepala BPOM RI, Roy Sparringga, mengungkapkan bahwa kosmetik memiliki resiko bagi kesehatan yang cukup tinggi dengan jangka waktu yang panjang, sehingga keamanannya pun perlu dikawal oleh berbagai pihak, tidak hanya produk, namun juga peraturan yang berlaku.

"Kami dan ACA akan terus mengawal keamanannya, mulai dari pemilihan bahan baku kosmetik, hingga melakukan sampling produk untuk melihat efek jangka panjangnya, demi memperkecil risiko kesehatannya," ungkap Roy saat ditemui dalam jumpa pers ACA 2015 di kawasan Jakarta Selatan Rabu, 6 Mei 2015.

Selain itu, dalam kesempatan yang sama Kepala ACA yang mewakili negara Indonesia, Nuning S. Barwa, mengatakan pihaknya akan membantu untuk mewadahi pemerintah mencari tahu keamanan dari bahan baku kosmetik melalui Asean Cosmetics Scientific Bodies.

"Cosmetics Scientific Bodies dibuat sebagai wadah untuk melakukan penelitian terhadap bahan baku yang digunakan produsen, terutama produsen kosmetik yang bersifat UKM," terang Nuning dengan tegas.

Bagi negara ini, kegiatan tersebut memang ditujukan untuk memajukan kosmetik buatan Indonesia, baik yang terdaftar maupun yang tidak terdaftar. Tujuannya adalah untuk lebih diekspose oleh negara luar, khususnya di wilayah ASEAN.

Perlu Anda ketahui, ACA 2015 adalah wadah pertemuan terbesar se-ASEAN antara pelaku usaha kecantikan, pemerintah perusahaan kosmetika dan juga pemain industri lainnya untuk berbagi wawasan, informasi, visi dan pengalaman dalam menjunjung peluang serta menjawab tantangan menuju pertumbuhan pasar sosial-ekonomi ASEAN yang bertanggung jawab.

(vem/yun/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading