Sukses

Beauty

Salah Pilih Krim Ber-SPF Bisa Membahayakan Kulit

Untuk menjaga kulit dari paparan sinar matahari, hal yang perlu Anda lakukan adalah memakai sun block atau body lotion. Dalam memilih pelindung kulit tersebut, Anda disarankan untuk memilih produk dengan Sun Protection Factor (SPF) yang tepat.

Anda tentu sering melihat informasi tentang SPF pada produk perawatan kulit, khususnya sun block dan body lotion. Biasanya. angka-angka SPF dalam produk satu dengan yang lainnya pasti berbeda. Menurut seorang dermatologist, dr. Abraham Arimuko, semakin tinggi angka SPF makan akan semakin tinggi pula tingkat perlindungannya untuk kulit terhadap paparan sinar matahari yang mengandung sinar UV.

"SPF itu kan ada yang low hingga very high, yakni 6 sampai 50+. Normalnya 25 untuk kegiatan sehari-hari. Semakin tinggi SPFnya, tentu semakin bagus. Tapi makin tinggi SPF, makin susah mencari sun screen atau sun block yang nyaman," ungkap dr. Abraham Arimuko, saat ditemui pada acara kampanye Nivea Enjoy The Sunshine Goodness di kawasan Sudirman Jakarta Pusat Kamis 23 April 2015.

foto: copyright Vemale.com

Lebih lanjut dr. Abraham menjelaskan SPF dengan angka yang semakin tinggi, bisa membuat kulit menjadi lengket dan berminyak. Tentu hal tersebut membuat siapapun yang memakainya merasa tidak nyaman.

"Dalam jangka waktu tertentu, hal ini bisa menimbulkan masalah pada kulit wajah seperti jerawat. Hal itu disebabkan karena pori-pori kulit tersumbat oleh minyak yang menyerap kotoran, sehingga membuatnya tidak bisa bernafas," jelasnya.

"Jadi jika ingin memakai SPF yang tinggi, misalnya 50+, pilih produk yang benar-benar mengolahnya dengan nyaman. Makin tinggi SPF, akan semakin kental biasanya," tambah dr. Abraham.

Walau fungsinya untuk melindungi kulit dari sinar matahari, namun ia menekankan bahwa produk perawatan kulit yang mengandung SPF tak akan berpengaruh pada kurangnya vitamin D dalam tubuh seseorang.

"Tapi jangan ragu juga pakai sun block setiap habis mandi ke seluruh tubuh. Karena manfaatnya bagus untuk kulit. Setelah digunakan, berikan jeda waktu agar sunblock meresap," tutur dr. Arimuko.

Bila Anda mempunyai banyak kegiatan di luar ruangan, pakailah SPF normal yang dibutuhkan 25 hingga 30. Namun ketika ingin melakukan aktivitas outdoor, seperti olahraga, berjemur, ataupun ke pantai, gunakan SPF 30 hingga 60 yang anti air. Dan pemakaian tabir surya sebaiknya dilakukan setiap hari sesuai kebutuhan Anda.

(vem/yun/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading