Sukses

Beauty

4 Penyebab Rambut Kering Dan Rapuh Serta Solusi Mengatasinya

Sebagai salah satu aset kecantikan yang paling berharga bagi perempuan, rambut tentu harus dijaga sebaik dan semaksimal mungkin. Namun, tidak jarang rambut seseorang justru kering dan rapuh bahkan rontok ketika orang tersebut melakukan kesalahan saat merawat rambutnya.

Ketika Anda salah menerapkan suatu perawatan rambut, alih-alih dapatkan rambut sehat, kuat dan cantik, Anda justru akan merasa kecewa karena rambut cenderung rapuh, kering bahkan rontok. Ada banyak hal yang membuat rambut seseorang menjadi rapuh dan kering. Hal tersebut bisa karena pola makan, salah menggunakan produk shampo, terlalu sering meluruskan atau mengkriting rambut dan masih banyak lagi.

Apakah Anda termasuk salah satu orang yang memiliki masalah rambut rapuh dan kering? Lalu bagaimana untuk mengatasi hal tersebut? Dilansir dari laman womenshealthmag.com, inilah penyebab utama rambut rapuh dan kering sekaligus cara mengatasinya.

(vem/mim)

Cuaca

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa cuaca sangat berpengaruh terhadap kesehatan dan kecantikan rambut. Cuaca panas bisa membuat rambut menjadi rapuh dan kering. Selain berpengaruh terhadap kesehatan dan kecantikan kulit, sinar matahari langsung yang mengenai rambut juga sangat berpotensi membuat rambut menjadi rapuh dan kering. Tidak hanya itu saja, saat cuaca sangat dingin, hal ini juga mempengaruhi pertumbuhan minyak alami rambut berkurang dan bisa membuat rambut Anda cenderung kering bahkan menjadi kasar.

Untuk mengatasinya hal ini terbilang cukup mudah. Saat Anda harus keluar ruangan dan bertemu langsung dengan sinar matahari saat panas, cobalah untuk selalu menggunakan penutup kepala. Penutup kepala bisa membuat kelembaban rambut terjaga saat berada di bawah sinar matahari langsung. Sedangkan ketika Anda bertemu dengan musim dingin, gunakan juga penutup kepala yang memungkinkan kepala Anda akan selalu hangat dan kelembaban serta minyak alami rambut tetap terjaga.

Perawatan Rambut

Untuk mendapatkan rambut sehat dan cantik serta halus juga berkilau, tidak sedikit orang memilih perawatan instan menggunakan produk kosmetik. Saat ini, meluruskan atau mengkriting rambut bisa dengan mudah dilakukan. Namun tahukah Anda? Ketika Anda memilih melakukan perawatan rambut dengan bahan kosmetik terlalu sering, hal ini justru bisa buat rambut mudah rapuh dan kering. Zat kimia yang terkandung dalam kosmetik, jika diterapkan terlalu sering akan buat rambut mudah rusak baik itu rapuh, kering, kusam bahkan rontok.

Cara mengatasi rambut rapuh dan kering karena bahan kosmetik adalah pastikan bahwa Anda menghentikan perawatan dengan bahan kosmetik dan mengandung bahan kimia dan ganti dengan perawatan secara alami. Gunakan minyak kelapa, minyak zaitun dan bahan tradisional lain untuk masker dan perawatan terhadap rambut Anda. Selain perawatan tradisional dapat dilakukan di rumah, hal ini juga sangat mudah dan murah.

Perubahan Hormon

Alat kontrasepsi, kehamilan dan menopause adalah beberapa hal yang bisa mempengaruhi hormon seseorang. Beberapa study menyebutkan bahwa, ketika hormon seseorang menurun atau berubah, hal ini bisa berpengaruh buruk bagi kesehatan dan kecantikan termasuk kecantikan rambut. Perubahan hormon dikatakan mampu membuat kulit menjadi lebih cepat keriput dan rambut menjadi rapuh serta kering.

Kondisi ini bisa diatasi dengan selalu mengkonsultasikan pengobatan yang harusnya Anda lakukan ketika memilih alat kontrasepsi, menjalani kehamilan atau mencapai masa menopause dengan dokter yang berpengalaman. Minta saran tentang keluhan yang sedang Anda hadapi. Selain konsultasi ke dokter, jangan lupa untuk perbanyak konsumsi buah dan sayur serta makan yang mengandung banyak vitamin untuk kesehatan dan kecantikan rambut Anda.

Sampo

Ketika Anda salah menggunakan sampo, hal ini bisa berpengaruh buruk terhadap kondisi kesehatan kulit kepala maupun rambut. Kesalahan menggunakan sampo dipercaya bisa mendorong semakin rapuh dan keringnya rambut. Tidak hanya itu saja, sampo yang tidak sesuai dengan jenis kulit kepala juga akan berpotensi meningkatkan pertumbuhan ketombe dan rambut rontok.

Pastikan untuk selalu memilih sampo yang tepat dan sesuai dengan jenis kulit kepala Anda. Hentikan menggunakan sampo yang Anda anggap membuat rambut justru semakin rapuh, kering bahkan rontok. Usahakan untuk menggunakan condisioner rambut dan vitamin rambut saat Anda merasa rambut telah rapuh dan kering. Alangkah baiknya jika Anda juga melakukan perawatan menggunakan masker rambut alami.

Itulah beberapa hal yang menyebabkan rambut rapuh dan kering serta cara mengatasinya. Untuk mencegah rapuh dan kering pada rambut, usahakan bahwa Anda menghindari konsumsi alkohol ataupun kafein serta nikotin berlebih. Jangan terlalu sering keramas agar minyak alami rambut tetap terjaga. Jangan lupa pula untuk selalu menutrisi rambut baik dan dalam maupun luar. Konsumsi makan yang tinggi protein serta zat besi dan vitamin untuk dapatkan rambut sehat dan cantik selalu. :)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading