Sukses

Beauty

Penyebab Stretch Marks dan Cara Menghilangkannya

Stretch marks bisa dibilang permasalahan yang bukan baru bagi kaum hawa. Mengapa? Diperkirakan bahwa 90% wanita cenderung memiliki stretch marks ketika hamil.

Pembentukan stretch marks tergantung pada sejauh mana kulit mengembang. Dengan demikian diperkirakan bahwa kenaikan berat badan yang cepat atau berlebihan dapat memperburuk pembentukan stretch marks.

Sebagian besar wanita mengalami stretch marks pada perut selama kehamilan, namun strecth marks juga dapat timbul di payudara, paha, pinggul, punggung bawah dan bokong. Stretch marks dapat muncul di seluruh bagian tubuh, namun stretch marks akan lebih mungkin muncul pada daerah dimana lemak disimpan dalam jumlah besar.

"Kulit menyesuaikan diri terhadap perubahan terus menerus dari tubuh dengan cara mengembang dan mengkerut. Selama masa perbaikan terbentuk peregangan yang kita kenal sebagai stretch marks," papar Tiara Dj Lestari selaku Promotion Manager Bio Oil di Senopati Jakarta Selatan Jumat 30 Januari 2015.

Faktor kedua biasanya, lanjut Tiara, pembentukan kulit dengan peningkatan kadar hormon. Hormon-hormon tersebut mengikat lebih banyak air ke dalam kulit, yang merenggangkan ikatan antara serat-serat kolagen. Hal ini menyebabkan jaringan kulit lebih mudah robek ketika meregang, menyebabkan terbentuknya stretch marks.

Lalu apa yang dapat dilakukan untuk mencegah stretch marks? Pertahanan terbaik untuk mencegah pembentukan stretch marks adalah dengan memastikan kulit mempertahankan elastisitasnya secara maksimal selama kehamilan. Hal ini dapat dicapai dengan menjaga kulit terhidrasi dengan baik dan kenyal sepanjang waktu.

"Kolagen dan serat elastin pada kulit diperlukan untuk menjaga agar pertumbuhan kulit cepat dan kencang. Maka akan semakin kecil kemungkinan robek dan menimbulkan stretch marks. Oleh karena itu dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin E dan C, zinc dan silica yang membantu pembentukan kolagen, dan pemakaian Bio Oil akan membantu," jelasnya.

"Selain itu, minum air yang cukup sekitar 2 liter per hari sangat penting untuk membantu memperkuat dan memperbaharui kulit," tutupnya.

Nah Ladies bagaimana mudah bukan menghilangkan stretch marks ditubuh Anda? Ayo lakukan yuk dari sekarang!

(vem/yun/chi)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading