Makanan Sehat Untuk Rambut dan Kuku

Sabtu, 23 April 2011 07:00



(c) healthybirds Vemale.com - Shampoo dan perawatan di salon saja, jelas kurang mencukupi kebutuhan nutrisi rambut dan kuku. Bagaimanapun, nutrisi dari dalam itu tetap penting.

Kurang nutrisi dapat menyebabkan rambut jadi kering, bercabang, kusam, dan tidak bersinar. Demikian juga dengan kuku yang mudah patah, kuning, dan tidak berwarna cerah. Pantas saja jika berbagai macam perawatan di salon tidak banyak membantu, nutrisi yang dikonsumsi saja masih kurang.

Agar hal-hal tersebut tidak terjadi lagi, cukupi nutrisi dengan makanan-makanan berikut ya:

Biotin/ Vitamin H

Biotin atau vitamin H bermanfaat untuk menutrisi kembali rambut yang menipis atau bercabang, di samping itu biotin juga memperkuat kuku agar tidak mudah patah. "Kekurangan biotin di dalam tubuh menyebabkan rambut jadi mudah patah dan keriting di bagian tertentu saja," ungkap Nina DiBona, RD, seorang ahli diet dan nutrisi. Agar tidak terjadi gejala-gejala seperti yang telah disebutkan, kita harus mencukupi kebutuhan biotin lewat makanan.

Sumber biotin: Pisang, kacang-kacangan, telur, bunga kol, salmon, dan lentil.

Omega-3

Omega-3 sangat penting untuk mengatasi rambut kusam dan tidak bersinar. Omega-3 juga membantu melindungi kulit kepala sehingga akar-akar rambut lebih kuat. Ini juga yang menyebabkan kuku jadi lebih cemerlang, bening namun tak mudah patah. Tiga zat aktif dalam omega-3, seperti alpha linolenic acid, eicosapentaenoic acid dan docosahexaenoic acid inilah yang menjadi pahlawan omega-3. Kekurangan omega-3 dapat menyebabkan kulit kepala kering, dan ketombe.

Sumber omega-3: Telur, minyak ikan, ikan mackerel, salmon, sarden, bayam, tuna, dan walnuts.

Protein:

Selain dibutuhkan tulang, protein juga dibutuhkan rambut dan kuku agar tetap kuat dan tak mudah patah. Kekurangan protein di dalam tubuh dapat menyebabkan kuku dan rambut mudah patah, serta lemak berlebihan. Akibatnya rambut jadi mudah lepek dan kotor.

Sumber protein: Ayam, telur, daging merah, susu rendah lemak, kacang-kacangan, ikan laut, kedelai, dan gandum utuh.

Vitamin A:

"Vitamin A menghasilkan kondisioner alami untuk kulit kepala, yang dikenal sebagai sebum. Inilah yang membuat rambut terlihat sehat, dan mengembang," imbuh DiBona, seperti dikutip dari womansday. Selain itu, vitamin A juga memberikan kontribusi lebih bagi kesehatan mata, immune tubuh, dan membuat tubuh lebih kuat dari ujung kepala hingga ujung kaki.

Sumber Vitamin A: Aprikot, brokoli, wortel, keju cheddar, kuning telur, mangga, oatmeal, bayam, dan kentang.

Zinc:

Zinc adalah nutrisi aktif yang membantu menyeimbangkan immune tubuh. Mengapa zinc juga diperlukan untuk kesehatan kuku dan rambut? Ternyata Zinc ini merupakan salah satu komponen enzim dalam tubuh yang mampu memberikan perintah pada tubuh untuk membuat protein secara alami.

Sumber Zinc: kacang mede, kacang hijau, daging sapi, lobster, kacang kedelai.

Tak hanya perawatan luar saja yang kita perlukan, agar rambut dan kuku tetap sehat, memenuhi nutrisi sudah menjadi tugas wajib kita.(vem/bee)

10 Makanan Terbaik Lain Untuk Rambut
Rambut Tak Sanggup Berpuasa, Beri Mereka Makanan Ini







ARTIKEL TERKAIT - CANTIK
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Cancer

28 Juli - 3 Agustus
Jangan menutup diri dari masukan rekan kerja Tampung semua pendapat yang...