Sukses

Beauty

Yonna Kairupan: Profesi Special Effect Make Up Artist Masih Jarang di Indonesia

Make up memang ajaib Ladies. Dengan sentuhan yang pas dan benar tentunya make up akan bisa mengubah karakter wajah seseorang sesuai dengan yang dimau. Menjadi seorang penata rias memang diharuskan mempunyai keahlian dan juga kemampuan dalam mengaplikasikan berbagai make up pada wajah. Bila beauty make up artist sudah menjadi pekerjaan yang banyak ditekuni, sungguh berbeda dengan make up artist yang satu ini Ladies.

Profesi sebagai seorang MUA yang membuat wajah orang berkarakter khusus tentu saja masih belum banyak di Indonesia. Untuk itulah Yonna salah satu wanita yang sudah menjadi Beauty & Special Effect Make Up Artist selama setahun belakangan ini, memilih jalan yang berbeda dari bidangnya. Special Make Up artist adalah orang yang mengerjakan riasan sesuai dengan tekstur dan katakter. Misalnya saja seperti Yonna membuat zombie, vampir, dan karakter lain yang menyeramkan yang hasilnya membuat banyak orang berdecak kagum. Saat ditemui oleh team Vemale Yonna menceritakan bagaimana perjalanan karirnya sebagai seorang penata rias. Berawal dari beauty make up Yonna kini lebih senang mengerjakan special effect. Ia sendiri sudah membuat tektur make up dari banyak karakter, seperti zombie, vampir, Annabelle dan lain sebagainya. Berikut wawancara Vemale bersama Yonna:

Awal Mula Menjadi MUA

Awalnya beauty make up artist, cuma kalau kebanyakan orang pasti ingin naik level lagi dan kalau di ladangnya beauty, make up artist sudah banyak banget cuma kalau yang mengerjakan special effectnya tidak banyak.

Berapa Lama jadi MUA Special Effect?

Benar-benar dicemplungin sama suami saya pada Oktober 2013.

Kesulitan dalam Mengerjakan Make Up Special Effect

Tidak ada kesulitan. Justru tantangannya itu adalah saat kita buat ulang terus ulang lagi itu bikin boring sih, PR saya adalah saya harus satu langkah didepan dari yang lain, jadi kita main imajinasi. Harus haus eksplorasi.

Pernahkan Yonna Kehabisan Ide

Pernah. Untungnya keluarga saya suka dengan zombie jadi kita bisa saling tukar pikiran. Pernah stuck anak saya pernah kasih tahu, "mah, gini..gini.." Misalnya saya sering buat uratnya nimbul keluar tapi saya buat masuk kedalam kaya luka bacok. Jadi kita saling menginspirasi.

Harga Special Effect Make Up

Karena skill itu ada harganya. Cuma di Indonesia belum terbiasa menghargai skill. Yang kita jual adalah imajinasi, jadi make up bertekstur bukan hanya cemong sembarangan, semua ada falsafahnya. Kita sebenarnya fleksibel tergantung eventnya. Tergantung dari karakter yang diminta client, semakin sulit pekerjaannya maka semakin mahal, kalau mudah ya murah. Harganya sangat fair price lah.

Jika Anda ingin tertarik ingin mencoba lahan ini dan mengikuti jejak Yonna, ia pun bersedia memberikan saran dan tips.

"Kalau Anda memang punya ketertarikan di make up gali terus dari sekarang, dan untuk make up itu ga perlu sekolah khusus karena saya semua belajar sendiri seperti special effect ini, kita hanya bermain imajinasi dan pengetahuan kita saja".

Simak berbagai karya keren Yonna di galeri berikut yuk.

(vem/yun/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading