Sukses

Beauty

Penjelasan Ahli Kecantikan Tentang Penyebab dan Cara Mengatasi Mata Panda

Mata panda? Duh, sering bete deh kalau lingkaran hitam di bawah mata atau yang biasa disebut mata panda ini nggak hilang-hilang juga. Bayangan hitam di bawah mata memang bisa merusak penampilan. Saat memakai riasan wajah pun, kita perlu memberikan perhatian ekstra untuk menyamarkan bayangan di bawah mata. Belum lagi dengan efek mata panda yang bisa membuat kita terlihat lesu, loyo, dan lebih tua.

Sebenarnya apa sih penyebab mata panda dan bagaimana cara mengatasinya?

"Penyebab dari dalam karena adanya keturunan, kemudian faktor hormonal, atau bisa juga dari obat-obatan serta alergi, itulah umumnya terjadi lingkaran hitam pada mata," kata Dr. Tangkas Stefanie CY, CH, Dipl. CIBTAC, Akp, SJ, saat ditemui di klinik kecantikan Sanova Skin Care Mangga Dua Square lantai 3, Jakarta Utara Sabtu 27 Desember 2014.

Ada berbagai penyebab munculnya mata panda, antara lain kurang tidur, usia yang semakin bertambah, mata lelah karena stres atau habis melakukan aktivitas berat. Selain penyebab tersebut, ada juga faktor luar seperti konsumsi obat-obatan tertentu, konsumsi pil KB, faktor keturunan, dan juga pola hidup yang kurang baik. Daerah mata memang sangat sensitif dan kulitnya tergolong sangat tipis, sehingga paparan sinar matahari juga bisa jadi pemicu munculnya mata panda.

Dr. Tangkas Stefanie. | Foto: dok. Vemale

Menurut Dr. Tangkas Stefanie, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi mata panda. "Harus istirahat yang cukup, bila membaca tahu waktu, dan pola hidup diubah. Dan untuk menghilangkannya bisa pula dikompres," jelasnya saat ditemui di Sanova Skin Care Mangga Dua Square lantai 3, Jakarta Utara Sabtu 27 Desember 2014.

Anda bisa mengompres mata dengan kompres menggunakan air bersih. Bisa juga dengan menggunakan buah mentimun. "Paling aman air bersih. Kalau mau ekstrim bisa dengan mentimun. Pakai kapas atau tisu lembut. Kulit yang paling sensitif adalah kelopak mata. Perlakuannya harus ekstra dan hati-hati," jelas Dr. Tangkas Stefanie.

Tidur delapan jam sehari juga bisa mencegah munculnya lingkaran hitam pada mata. Kebiasaan tidur yang cukup ini juga bisa menjadi cara Anda untuk menjaga tubuh selalu fit setiap harinya.

Jika sudah menjaga pola tidur tetapi mata panda masih sulit untuk dihilangkan dan berkepanjangan, maka sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit untuk mendiskusikan kemungkinan penyebabnya.

Nah, sekarang kita sudah tahu kan apa penyebab dan bagaimana cara mengatasi mata panda? So, selalu istirahat yang cukup ya, Ladies. Dan jangan lupa untuk menjaga pola hidup sehat. Keep a healthy lifestyle and stay pretty!

(vem/yun/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading