Sukses

Beauty

5 Tips Wajib Coba untuk Kecilkan Pori-Pori Kulit Wajah

Punya masalah dengan pori-pori kulit wajah yang besar? Atau sering kesel karena tak pernah bisa mendapatkan hasil riasan wajah yang sempurna karena pori-pori kulit wajah? Ladies, banyak wanita yang merasa minder karena masalah pori-pori kulit wajah. Tapi sebenarnya pori-pori besar ini sudah wajar di beberapa bagian wajah. Faktor keturunan dan jenis kulit pun bisa menjadi penyebab seorang wanita memiliki pori-pori kulit wajah yang besar.

Lalu apa solusinya untuk mengatasi dan mengecilkan pori-pori kulit wajah? Well, ada sejumlah cara yang bisa Anda coba. Dan tak harus selalu keluar uang mahal untuk mencoba cara ini. Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak lima tips kecilkan pori-pori kulit wajah yang sudah dirangkum khusus oleh Vemale berikut ini.

(vem/nda)

Facial Es Batu

Ingin mengencangkan kulit dan meringkas pori-pori kulit wajah yang besar? Anda bisa coba melakukan facial es batu di pagi hari. Air es atau es batu bisa mengencangkan kulit dan mengecilkan pori-pori kulit. Cara melakukan facial ini pun sangat mudah.

Untuk melakukan facial es batu di pagi hari, Anda tinggal mengambil es batu. Bungkus atau lapisi terlebih dahulu dengan handuk kertas (paper towel) atau kantung plastik. Kemudian tekan es batu tersebut ke permukaan kulit Anda. Es batu yang digunakan memang sebaiknya harus dibungkus terlebih dahulu agar tidak membuat pembuluh darah tipis di kulit wajah pecah.

Apabila Anda ingin mendapatkan kesan yang berbeda dengan facial es batu ini, Anda bisa membekukan air yang akan dijadikan es batu dengan mencampurnya terlebih dahulu dengan buah semangka, lemon, atau bahkan mawar.

Selain menggunakan es batu, Anda juga bisa menggunakan air es. Caranya cukup siapkan semangkuk air es, lalu basuh wajah Anda dengan air es tersebut di pagi hari. Basuh tiga kali, dengan interval 10-30 detik.

Menggunakan Buah Tomat

Tomat, buah satu ini ternyata memiliki khasiat ampuh untuk merawat kulit lho. Kandungan lycopene yang berperan sebagai antioksidan memberikan efek cantik pada kulit. Mencerahkan kulit, memberikan efek lebih segar dan bersinar, melindungi dari paparan sinar matahari, mencegah kerutan akibat penuaan dini, dan yang paling keren adalah membantu mengontrol ukuran pori-pori.

Nah, untuk mengecilkan pori-pori kulit dengan memanfaatkan buah tomat, Anda cukup mengikuti tiga langkah sederhana berikut ini. Pertama, hancurkan 1 buah tomat merah, tambahkan 2-3 tetes jeruk nipis. Kedua, aplikasikan sebagai masker pada seluruh wajah dan biarkan mengering 15 menit. Terakhir, bilas dengan air hangat kemudian akhiri dengan mengompres wajah menggunakan es batu.

Caranya sangat gampang kan, Ladies? Selamat mencoba!

Menggunakan Masker Buah Stroberi

Tahukah Anda bahwa buah stroberi segar mengandung asam yang dapat menjadi penyegar wajah alami? Buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi ini pun bisa mengecilkan pori-pori tanpa membuat kulit wajah jadi kering. Kita bisa membuat masker stroberi sendiri untuk mengecilkan pori-pori kulit wajah.

Pertama, siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu, yaitu 3 buah stroberi matang (pilih yang organik), 1 butir telur (ambil putihnya saja), 1 sdt madu, dan 1/2 sdt air perasan lemon.

Cara membuatnya juga sangat simpel.

  1. Haluskan strawberry, bisa menggunakan blender.
  2. Campur strawberry dengan bahan lainnya, aduk hingga rata.
  3. Oleskan merata pada wajah dan leher yang sudah dibersihkan. Hindari bagian mulut dan mata.
  4. Diamkan 10 hingga 15 menit.
  5. Bilas dengan air hangat, tunggu 2 menit, lalu oleskan wajah dengan es batu yang sudah dibungkus kain.
  6. Keringkan wajah dengan handuk bersih.

Anda bisa menggunakan masker ini sekali dalam seminggu. Just give it a try, Ladies!

Gunakan Peeling Bahan Alami

Untuk meringkas pori-pori kulit wajah, kita perlu membersihkan wajah secara rutin setiap harinya. Sangat disarankan untuk membersihkan wajah dua kali sehari, terutama saat sebelum tidur. Selain membersihkan wajah secara teratur, Anda juga bisa menggunakan peeling bahan alami untuk mengangkat sel-sel kulit mati.

Anda bisa menggunakan buah apel atau mentimun. Caranya parut buah tersebut hingga halus. Kemudian oleskan hasil parutan ke wajah yang sudah dibersihkan. Lalu pijat kulit dengan lembut. Baru setelah itu bilas dengan air bersih dan keringkan menggunakan handuk bersih.

Penggunaan bahan alami memang tergolong aman dan murah. Meskipun hasilnya tidak bisa instan, asalkan Anda telaten dan rutin melakukan perawatan sendiri, maka Anda bisa dengan mudah mendapatkan kulit cantik yang Anda impikan.

Sejumlah Tindakan Pencegahan

Tidak ingin punya pori-pori kulit wajah yang kasar dan besar seperti kulit jeruk? Yuk, kita lakukan sejumlah tindakan pencegahan ini. Mencegah pastinya jauh lebih baik daripada nantinya Anda kerepotan untuk merawat atau mengobati, kan?

  1. Hindari asap rokok dan berhentilah merokok. Asap rokok dapat membuat pori-pori jadi besar, kulit kusam, dan tidak lagi segar.
  2. Hindari sinar matahari yang dapat merusak kolagen dan memberikan efek buruk lain pada kulit.
  3. Pakai sunblock setiap beraktivitas di bawah sinar matahari, sehingga kulit tetap terlindungi sepanjang hari.
  4. Pakai cleanser yang khusus untuk kulit berminyak sehingga dapat membersihkan secara maksimal hingga ke dalam pori.
  5. Seminggu sekali pulaskan masker atau peeling khusus untuk kulit berminyak. Fungsinya mengangkat kelebihan minyak di wajah, serta menyamarkan pori.
  6. Pelembab terkadang tidak banyak membantu, lebih utamakan pemakaian astringent sehingga melembabkan tanpa menyumbat pori.

Ladies, saatnya kita untuk tampil cantik dan lebih percaya diri. Masalah pori-pori kulit bukanlah masalah besar jika Anda tahu apa yang harus segera Anda lakukan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading