Sukses

Beauty

4 Jenis Makanan Lezat Yang Dapat Mencegah Tumbuhnya Uban

Kemunculan uban membuat seseorang merasa dirinya telah menginjak usia tua. Padahal, kemunculan rambut berwarna abu-abu muda ini tidak hanya dipengaruhi oleh usia. Meskipun usia tua menjadi salah satu faktornya, kemunculan uban juga dipengaruhi oleh kekurangan beberapa zat gizi.

Rambut mulai kehilangan warnanya dan menjadi abu-abu ketika produksi hormon yang mengatur warna rambut menurun atau berhenti. Kejadian ini dapat disebabkan oleh kekurangan vitamin B12 , B9, E, C, dan juga kekurangan zat besi, asam lemak, dan lain-lain. Zat gizi tersebut membantu produksi sel darah merah dan melanin. Melanin bertanggung jawab 'mewarnai' rambut.

Untuk mencegah kemunculan uban, produksi melanin harus ditingkatkan dengan memenuhi zat-zat gizi yang mendukungnya. Caranya adalah dengan banyak mengonsumsi makanan berikut ini, seperti dilansir Womenshealthmag.com.

(vem/cha)

Sayuran hijau

Pastikan sayuran sudah ada dalam pola makan sehari-hari Anda dalam jumlah yang cukup. Meningkatkan konsumsi sayuran hijau seperti bayam, seledri, sawi, dan sayuran berwarna hijau lainnya.

Minum segelas jus sayuran hijau di pagi hari dapat membuat pagi Anda lebih cerah sekaligus mencegah datangnya uban, lho, Ladies!

Coklat

Selain lezat, coklat memiliki cukup banyak manfaat bagi kesehatan. salah satunya adalah mencegah timbulnya uban di rambut anda. Makanan lezat yang banyak digemari ini mengandung banyak zat yang meningkatkan produksi melanin.

Sebaiknya pilihlah jenis dark chocolate murni untuk hasil yang maksimal serta tidak menambahkan banyak kalori pada tubuh Anda.

Berry

aneka buah berry yang segar seperti stroberi, raspberry, blueberry, dan buah berry lainnya kaya akan vitamin dan mineral. Selain itu, buah-buahan ini juga mengandung banyak antioksidan yang mencegah pertumbuhan uban pada rambut.

Salah satu buah yang paling ampuh dalam menjaga rambut anda adalah amla dan gooseberry. Umumnya kedua buah ini ada dalam berbagai produk perawatan rambut.

Salmon

Ikan laut yang super lezat ini memang kaya akan zat gizi yang bermanfaat bagi tubuh. Salmon mengandung selenium yang juga membantu produksi aneka hormon di dalam tubuh. Salmon juga memiliki kandungan protein yang cukup tinggi sehingga efektif untuk mencegah tumbuhnya uban.

Masukkan ikan ini dalam menu makan Anda agar bisa mendapatkan aneka manfaatnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading