Sukses

Beauty

6 Scrub Wajah Alami Untuk Wajah Cantik dan Putih Berseri

Aktivitas di luar ruangan pasti berisiko membuat kulit Anda menjadi lebih gelap dan kusam karena paparan sinar matahari dan polusi. Salah satu cara untuk membuat kulit kembali cerah dan bersinar adalah dengan menggunakan face scrub.

Scrubbing dalah sebuah metode efektif untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dan kusam. Selain itu teknik ini juga bisa mengatasi minyak berlebih dari kulit. Ini juga akan membuat wajah lebih cerah karena kotoran bisa cepat hilang dari wajah dan kulit yang lebih muda akan menggantik sel kulit mati yang telah dihilangkan.

Kali ini Vemale akan menghadirkan beberapa scrub alami yang bisa Anda pakai untuk mendapatkan kulit wajah yang segar dan putih berseri dengan pemakaian yang teratur.

(vem/ivy)

Scrub Mangga Untuk Wajah Berseri Setiap Saat

Salah satu perawatan alami yang bisa Anda buat sendiri adalah scrub mangga untuk wajah. Sama seperti kulit tubuh, kulit wajah juga perlu dibersihkan, Ladies. Cara membuat scrub mangga cukup mudah. Haluskan 100 gram buah mangga, lalu tambahkan 1 sendok makan susu bubuk, dan 1 sdt madu. Aduk hingga rata, dan teksturnya kental seperti scrub.

Setelah bahan scrub Anda jadi, oleskan pada seluruh wajah dan leher. Pijat lembut dengan gerakan melingkar untuk mengangkat sel-sel kulit mati serta komedo hitam. Setelah pemijatan selesai, diamkan selama 15 menit, lalu bilas menggunakan air hangat. Akhiri bilasan dengan air dingin untuk menutup pori-pori kulit.

Buah mangga sangat baik sebagai scrub, karena ia memiliki banyak kandungan nutrisi. Di antaranya karbohidrat, gula, diet serat, lemak, protein, vitamin A, betakaroten, thiamine (vitamin B1), roboflavin (vitamin B2), niacin (vitamin B3), asam pantotenat (vitamin B5), vitamin B6, folat (vitamin B9), vitamin C, kalsium, besi, magnesium, fosfor, kalium, dan seng.

Scrub Wajah dari Ampas Kopi

Anda bisa cukup memanfaatkan ampas kopi yang Anda miliki dan menggunakannya sebagai scrub wajah. Aroma kopi yang tercium di pagi hari mungkin bisa membantu Anda untuk lebih mudah terjaga dan bersemangat untuk bersiap melakukan aktivitas harian Anda.

Bahan-bahan untuk membuat scrub wajah ini, antara lain:

  • ampas kopi (pilihan yang butirannya tidak terlalu kasar atau besar)
  • air perasan jeruk lemon
  • tepung jagung
  • gula

Cara membuat:

1. Siapkan mangkuk, masukkan ampas kopi dan air perasan jeruk nipis.

2. Tambahkan tepung jagung.

3. Saring dan buang airnya (jika Anda tak ingin scrub yang dihasilkan terlalu berair)

4. Tambahkan gula.

5. Aduk hingga rata.

6. Scrub wajah siap digunakan.

Fungsi dari tepung jagung dalam scrub ini adalah untuk menyerap sisa-sisa minyak di kulit wajah. Anda bisa menggunakan scrub ini di pagi hari sebelum mulai beraktivitas.

Scrub Alami Dari Lemon

Anda bisa memanfaatkan buah lemon guna mengatasi jerawat yang sering mengganggu penampilan Anda. tak hanya jerawat. Lemon juice juga mampu mengatasi masalah kulit lainnnya. Akan tetapi, belum ada penelitian yang secara langsung menunjukkan keefektifan penggunaan lemon juice untuk melawan jerawat.

Bahan yang Anda butuhkan untuk membuat scrub alami dari lemon antara lain: lemon juice, air mineral, oatmeal, serta madu. Oatmeal juga memberikan banyak manfaat untuk kecantikan kulit Anda. Manfaat oatmeal dari scrub ini sebagai pengelupas alami. Sedangkan madu, seperti yang telah Anda ketahui, madu sering kali digunakan untuk menghaluskan dan menjaga kelembutan serta kelembaban kulit Anda.

Cara membuat scrub lemon adalah dengan mencampurkan semua bahan kemudian memijatkannya ke wajah secara perlahan lalu diamkan selama 30 detik. Kemudian Anda bisa membilasnya dengan menggunakan air hangat.

Anda bisa menggunakan scrub lemon ini secara rutin sebab lemon aman dan tidak membawa efek samping yang dapat merusak wajah. Selamat mencoba.

Face Scrub Kiwi untuk Mencerahkan Kulit

Salah satu cara untuk membuat kulit kembali cerah dan bersinar adalah dengan menggunakan face scrub kiwi untuk wajah yang bisa Anda buat sendiri di rumah.

Untuk membuat face scrub kiwi, siapkan bahan-bahan sebagai berikut:


• 1 sendok teh kiwi yang telah dihaluskan
• 1 sendok teh air perasan lemon
• 1 sendok teh oatmeal
• Beberapa tetes minyak biji kiwi

Campurkan seluruh bahan tersebut dan aduk hingga menjadi adonan face scrub yang lembut. Lalu, gunakan sebagai scrub untuk wajah sambil memijat lembut dengan gerakan melingkar. Setelah itu, bilas dengan air dingin yang bersih hingga seluruh sisa face scrub tersebut bersih dari wajah Anda.

Seperti yang dikutip dari laman stylecraze.com, face scrub kiwi ini baik untuk membuat kulit Anda kembali cerah dan bebas dari masalah kulit kusam dan gelap. Lemon yang terdapat dalam face scrub tersebut juga membantu mempercepat supaya kulit Anda kembali cerah seperti semula.

Oatmeal juga termasuk ke dalam bahan alami yang baik untuk mengangkat kotoran dan sel kulit mati. Ladies, Anda dapat menggunakan face scrub kiwi ini setiap hari untuk mendapatkan kulit yang cerah dan sehat. Selamat mencoba face scrub kiwi ini ya!

Scrub Wajah dari Havermut (Oats)

Scrub wajah ini juga bisa membantu Anda untuk mengatasi kulit yang berminyak. Cara membuatnya juga sangat mudah. Cukup campurkan dua sendok havermut (oats) dengan air secukupnya.

Untuk menggunakan scrub ini, Anda tinggal menggosokkannya ke wajah Anda. Diamkan dulu selama 5 hingga 6 menit, baru bilas hingga bersih. Havermut bisa mengurangi produksi minyak berlebih di kulit. Apabila Anda menggunakan scrub ini secara teratur, Anda pun bisa mendapatkan kulit yang bercahaya dan bersih.

Scrub Wajah dari Tepung Jagung

Scrub dengan bahan dasar tepung jagung bisa menyerap minyak berlebih di kulit wajah sekaligus membuat tekstur kulit lebih halus. Untuk membuatnya, Anda hanya perlu mencampurkan 2 sdm tepung jagung, 1 sdm air perasan jeruk lemon, dan 1 sdt yogurt. Campurkan ketiga bahan, lalu gosokkan ke wajah Anda. Pijat wajah Anda selama 2-3 menit dengan menggunakan scrub ini. Setelah itu diamkan dulu selama 5 menit, kemudian bilas dengan air hangat lalu bilas dengan air dingin.

Pembilasan dengan air dingin bisa memperkecil pori-pori kulit wajah Anda. Kandungan yogurt dalam scrub ini bisa membuat kulit terlihat lebih segar dan mengurangi risiko munculnya semakin banyak jerawat di kulit. Dan air perasan jeruk lemon ini merupakan antiseptik alami yang bisa mencegah munculnya komedo dan mencerahkan warna kulit.

Penggunaan bahan-bahan yang lebih alami untuk perawatan kulit ini bisa dikatakan memiliki risiko berbahaya lebih sedikit. Meskipun memang Anda harus rela untuk sedikit ribet untuk membuatnya, tapi jika hasilnya baik dan memuaskan untuk kulit Anda, maka tak perlu ragu untuk mencobanya. Glow your beauty with homemade face scrubs!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading