Sukses

Beauty

Pakai Maskara Kedaluwarsa Bisa Sebabkan Infeksi Mata Parah

Wanita cenderung teliti memilih bahan makanan yang jauh dari tanggal kedaluwarsa, namun seringkali ceroboh saat memiliki kosmetik. Banyak wanita yang memakai kosmetik yang sudah kedaluwarsa dan tidak menyadarinya. Padahal memakai kosmetik kedaluwarsa sama bahayanya dengan mengonsumsi makanan kedaluwarsa.

Sebuah survey yang dilansir oleh Dailymail.co.uk menyebutkan bahwa satu dari lima wanita Inggris tidak menyadari bahwa makeup yang mereka pakai sudah kedaluwarsa. Hal yang sama bisa terjadi di negara kita, banyak wanita yang tak sadar memakai kosmetik yang sudah lewat masanya. Bahkan ada juga yang tetap memakai kosmetik yang usianya sudah 10 tahun. Hal ini sangat mengerikan jika dilihat dari segi kesehatan.

Maskara Kedaluwarsa Berpotensi Merusak Mata

Maskara yang berusia lebih dari satu tahun seharusnya sudah dibuang. Namun banyak wanita yang tetap memakai maskaranya walau sudah dipakai bertahun-tahun. Dokter spesialis mata Optegra mengatakan bahwa kosmetik cair memiliki masa yang lebih cepat kedaluwarsa ketimbang kosmetik padat. Maskara yang sudah bertahun-tahun memiliki banyak bakteri dan dapat menyebabkan infeksi parah pada mata.

"Hal ini mengkhawatirkan, ada banyak orang menggunakan maskara melewati batas tanggal kedaluwarsa, bahkan 10 tahun dari masa kedaluwarsa," ujar Anna Maino, seorang ahli bedah mata.

Jangan Sayang Buang Kosmetik Anda!

Saran dari sang ahli bedah mata adalah mencatat tanggal kedaluwarsa kosmetik Anda. Biasanya tanggak kedaluwarsa ada di bagian plastik kosmetik yang terbuang saat segel dibuka. Agar tidak lupa, tempelkan kertas bertuliskan tanggal kedaluwarsa di kosmetik Anda.

Selain berpatokan pada tanggal kedaluwarsa, ada masa pemakaian yang harus Anda perhatikan. Kosmetik cair sebaiknya tidak dipakai lebih dari 4 bulan, termasuk maskara, eyeliner cair, foundation cair. Jika sudah lebih dari 4 bulan, buanglah walalu tanggal kedaluwarsa masih jauh.

Jangan sayang membuang kosmetik yang sudah kedaluwarsa. Cara lain, belilah kosmetik dalam ukuran kecil, sehingga Anda tidak akan sayang membuangnya jika sudah melebihi batas usia pemakaian.

Ayo bongkar meja rias Anda. Lebih baik membuang kosmetik yang sudah tidak layak daripada kesehatan Anda jadi taruhannya.

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading