Sukses

Beauty

Penting, Ketahui Jenis Rambutmu

Setiap wanita memiliki jenis rambut yang berbeda-beda. Karena jenis rambut menentukan pilihan perawatan. Apakah sudah tahu jenis rambut apakah yang miliki? Nah! Untuk mengetahui dengan pasti jenis rambut seperti apakah yang kamu miliki, silahkan ikuti step by step yang sederhana berikut ini dilansir dari wikihow.com!

Cuci rambut

 

Cucilah rambut seperti biasanya. Nggak usah terlalu terburu-buru, nikmati setiap pijatan yang kamu berikan di kulit kepala dan akar rambut. Jika perlu pakailah conditioner setelah memakai shampo agar rambut tetap terjaga kelembapannya. Perlu diingat bahwa penggunanaan kondisioner yang benar adalah dari tengah hingga ujung rambut karena penggunaan pada kulit kepala malah memicu timbulnya ketombe serta rambut lepek.

 

Keringkan

 

Pengeringan dilakukan dalam dua tahap. Pertama, gunakan handuk agar air pada rambut dapat sedikit terangkat. Jangan menggosok-gosokkan handuk ke rambut ya, cukup ditepuk-tepuk untuk mengurangi airnya. Rambut yang terlalu banyak digosok malah akan kehilangan minyak alami serta menimbulkan kerusakan keratin, protein pada helai rambut.

Kedua, keringkan menggunakan fan supaya rambut kering alami. Penggunaan hair dryer yang terlalu sering akan membuat rambut menjadi kering, pecah-pecah, kusam dan mudah patah. Kali ini pastikan rambut benar-benar kering menyeluruh. Kamu bisa sekalian menata rambut dengan bantuan sisir bulat.

Perhatikan dan Ukur

 

Sekarang perhatikan kondisi rambut setelah diblow dry. Apakah mengembang atau menggelombang? Apakah lurus atau sedikit keriting?

Jika rambut cenderung mengembang, berarti rambutmu tergolong tipe rambut tebal. Jika lurus dan flat, artinya rambutmu tergolong tipe rambut tipis. Rambut berombak atau bergelombang menandakan bahwa rambutmu tergolong tipe semi-tebal. Dan jika keriting dan mengembang, kamu mempunyai tipikal rambut yang super tebal.

Ketebalan jenis rambut dapat diukur dengan cara membuat kuncir kuda dengan rambutmu juga lho... Berikut ukuran ketebelan rambut menurut Fia, seperti yang dikutip dari laman curlcentric.

Rambut Tipis - Lingkar ekor kuda kurang dari 5 cm

Rambut Normal - Lingkar ekor kuda adalah antara 5-10 cm

Rambut Tebal - Lingkar ekor kuda lebih besar 10 cm

Bagaimana? Mudah bukan? Sudah tahu jenis apakah rambutmu?

Ingatlah untuk selalu merawat rambut apapun jenis rambutmu, karena rambut yang diberi perawatan maksimal akan selalu dapat menunjang kecantikanmu, Ladies.

(vem/boo)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading