Sukses

Beauty

Cara Gampang Tes Kualitas Rambutmu

Rambut yang tergerai indah, hitam, dan rapi, ternyata belum tentu menggambarkan kualitas akar dan helai rambut yang sehat. Banyak faktor yang mempengaruhi kualitas rambut hingga ke ujungnya, misalnya dari seberapa sering kamu melakukan penataan dan pengecatan rambut, hingga sesederhana mungkin bagaimana kebiasaan kamu mengeringkan rambut. Berbagai faktor luar dapat mempengaruhi kurangnya nutrisi untuk rambutmu.

Daripada menunggu rambutmu kering dan rontok karena rapuh dan kurang nutrisi, cepat lakukan tes kualitas rambut untuk mendapatkan penanganan tepat bagi rambutmu. Berikut ini adalah beberapa rangkaian tes sederhana untuk menguji apakah rambutmu benar-benar sehat atau malah memerlukan perawatan khusus?

Step 1
Periksalah apakah terdapat ketombe di sekitar kulit kepala. Kamu bisa menggosok sedikit bagian kulit kepala, kemudian amati. Ketombe biasanya muncul karena beberapa alasan. Bisa jadi karena kurang bersihnya saat membilas shampoo, penggunaan kondisioner yang salah, atau kondisi kulit kepala yang kering. Cara penggunaan kondisioner yang benar adalah dari tengah hingga ujung rambut bukan pada kulit kepala, karena dapat memicu timbulnya ketombe dan rambut lepek. 

Step 2
Ambilah sehelai atau dua helai rambut, kemudian letakkan dalam wadah air dan tunggu sesaat. Jika rambut Anda sehat, maka rambut akan mengapung. Tapi sebaliknya, rambut yang kering atau rusak akan tenggelam. Rambut yang sehat mengandung minyak alami serta keratin yang tersusun rapi sehingga tidak gampang tenggelam. Saat rambut rusak, rambut kehilangan minyak alami nya serta keratin menjadi rapuh dan akibatnya akan lebih mudah tenggelam.

Step 3
Coba menyisir rambut dengan menggunakan jemari tangan. Rasakan apakah tekstur dari rambut halus dan lembut atau rapuh (mudah patah) dan kasar?

Step 4
Saat mencuci rambut, perhatikan kondisi rambut saat memijat kepala. Rambut yang tersangkut di tangan pertanda rambut dalam kondisi tidak sehat karena rambut yang sehat seharusnya lebih lembut dan halus sehingga tidak gampang nyangkut. Selain itu terlihat juga di saluran air terdapat banyak helaian rambut rontok Anda.

Terlalu banyak melakukan styling adalah pemicu utama kerusakan rambut. Maka rutin melakukan perawatan menggunakan shampo, kondisioner, dan hair vitamin adalah langkah awal untuk menjaga kualitas rambutmu selalu dalam kondisi prima.

Yuk berdiri di depan kaca, dan lakukan tes rambut ini, Ladies!

(vem/boo)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading