Sukses

Beauty

5 Hal Penting Untuk Atasi Rambut Rusak

Tiba-tiba pagimu terasa suram. Gara-gara saat menyisir helaian rambut, atau saat keramas, kamu baru sadar kalau rambutmu ikut rontok berlebihan. Itu tandanya kamu menghadapi salah satu gejala rambut rusak. Nah, jangan-jangan kamu sendiri yang menyebabkan rambutmu jadi rusak.

Mewarnai rambut, mencatok agar terlihat lurus, atau kebiasaan sederhana mengeringkan rambut dengan hairdryer, serta sering mengikat rambut, adalah beberapa penyebab rambut jadi rusak. Kebiasaan-kebiasaan yang secara sadar ataupun tak sadar sering kita lakukan, ya.

Bagaimana mengatasinya? Ini 5 hal penting untuk mencegah dan mengatasi rambut rusak:

Hidrasi rambutmu
Ritual seperti memasker batang rambut seminggu sekali, akan membantu rambut tetap lembap terhidrasi. Lakukan perawatan ini secara rutin dengan mengaplikasikan masker pada batang rambut. Diamkan selama beberapa menit agar terserap ke batang rambut hingga melembutkan rambutmu. Bilas hingga bersih. Untuk perawatan harian, gunakan conditioner yang sesuai dengan jenis rambutmu, mulai dari bagian tengah hingga ke ujung bawah rambut. Menjaga rambut tetap terhidrasi akan menjaga rambut tetap sehat dan mengurangi masalah rambut rusak, rambut rontok dan bercabang. Selain itu, rambut jadi lembut dan lebih mudah disisir.

Pijat kulit kepala
Saat membersihkan rambut dengan shampo, pijat perlahan kulit kepala mulai dari depan sampai ke belakang tengkuk. Selain merelaksasi tubuh, pijatan di kulit kepala akan membantu memperlancar sirkulasi darah di kepala, dan menstimulasi kelenjar minyak untuk berproduksi. Selain itu, dengan dipijat, nutrisi akan semakin terserap ke dalam setiap helai rambutmu.

Jangan mengikat rambut
Saat melakukan perawatan untuk rambut rusak, hindari penataan rambut yang terlalu kencang seperti mengikat, kepang, atau mencepol rambut. Ikat rambut secara longgar, dan pasanglah aksesoris rambut yang lembut, untuk mencegah kerusakan pada rambutmu.

Kurangi kebiasaan menyisir yang tidak tepat
Ketika rambut dalam kondisi lembap setelah keramas, rambutmu jadi lebih rentan mengalami kerusakan. Jadi, kurangi ya kebiasaan menggosok dengan handuk, menyisir, atau mengikat rambut dalam keadaan basah. Cukup ditepuk-tepuk saja, tunggu sampai setengah basah, lalu sisir dengan sikat jarang.

Rapikan ujung rambut
Rambut yang rusak dari ujung rambut, biasanya mengalami kondisi dimana batang rambut terganggu kandungan asam amino dan keratin, yaitu protein di dalam helai rambut. Pemotongan ujung rambut sebanyak 1 - 3 cm secara teratur berguna untuk menghilangkan ujung rambut yang kering, rapuh dan bercabang. Tapi ingat, memotong rambut bukan solusi jangka panjang mengatasi rambut rusak. Hanya perawatan yang menyeluruh lah yang membuat rambut terjaga kesehatannya.

Semakin rajin merawat rambut kering, semakin cepat juga rambut akan tumbuh dengan sehat. Gunakan shampo, kondisioner dan hair vitamin dari produk khusus untuk perawatan rambut rusak sebelum rambutmu rusak beneran. Pagimu kini pasti semakin cerah dengan rambut yang semakin terawat, Ladies.

(vem/boo)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading