Sukses

Beauty

Atasi Rambut Berminyak dengan Bahan-Bahan Alami Berikut Ini

Ugh, sebel banget deh kalau rambut berminyak gini. Selain membuat penampilan jadi jelek juga terasa tidak nyaman di kulit kepala. Ladies, ternyata rambut berminyak itu disebabkan oleh produksi minyak berlebih dari kelenjar di kulit kepala. Produksi minyak berlebih ini juga dipengaruhi sejumlah faktor seperti faktor keturunan, rambut dengan tekstur sangat halus, dan perubahan hormon misalnya saat menstruasi. Penggunaan shampo berlebih juga bisa membuat rambut berminyak.

Tapi tenang saja Ladies. Kita bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk mengatasi rambut berminyak ini. Berikut bahan-bahan alami yang bisa digunakan seperti yang dilansir oleh thehealthsite.com.

    Air Perasan Jeruk Lemon

    Air perasan jeruk lemon mengandung vitamin dan mineral penting untuk menjaga kesehatan rambut sekaligus mengatasi produksi minyak berlebih. Ambil air perasan jeruk lemon dari satu buah jeruk lemon lalu campurkan dengan segelas air. Campurkan merata lalu aplikasikan ke kulit kepala Anda. Diamkan selama beberapa menit, baru bilas dengan air hangat dan shampo.

    Air Teh

    Teh memiliki kandungan sepat yang disebut asam tanat. Asam tanat ini bisa mencegah produksi minyak berlebih di kulit kepala dengan memperkecil pori-pori kulit. Seduh teh dengan air hangat lalu gunakan air teh tersebut untuk kulit kepala Anda. Diamkan beberapa menit baur bilas hingga bersih dengan shampo.

    Baking Soda

    Dalam bentuk yang cair, baking soda bisa membantu mengendalikan kandungan minyak di rambut. Campurkan 3 sdm baking soda dengan satu liter air. Gunakan untuk keramas, diamkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air bersih dan shampo.

    Cuka Sari Apel

    Campurkan seperempat cuka sari apel dengan satu liter air, masukkan ke dalam botol semprot dan semprotkan ke rambut Anda. Diamkan selama beberapa menit lalu bilas hingga bersih dengan air hangat.

    Sampo Alami Buatan Sendiri

    Dalam beberapa kasus, rambut berminyak disebabkan oleh penggunaan shampo berlebih yang meninggalkan residu di rambut. Dan salah satu cara untuk mengatasinya adalah menggunakan shampo alami buatan sendiri. Caranya juga cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan 1 sdm air perasan jeruk lemon dengan 1 sdt gel lidah buaya (aloe vera). Sampo ini bisa digunakan selama satu minggu jika Anda menyimpannya di kulkas.

Minyak sebenarnya adalah sekresi alami dari kulit kepala. Minyak ini juga memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan rambut. Tetapi ketika produksi minyak sudah berlebih, Anda bisa mengatasinya dengan bahan-bahan alami.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading