/body-and-mind/cantik/6932-makin-kurus-payudara-makin-kendur.html

Makin Kurus, Payudara Makin Kendur

Senin, 21 Februari 2011 07:00



Payudara mengendur (c) lifedynamix Vemale.com - Oleh: Nur Afiyah

Mungkin beberapa dari Anda kurang memperhatikan payudara sehingga kedua payudara Anda terkesan terabaikan. Padahal, kesehatan dan keindahan payudara itu sangat penting bagi para wanita, salah satunya untuk mengharmoniskan hubungan suami istri. Beberapa wanita mungkin baru menyadari pentingnya keindahan payudara saat merasa payudara mereka mulai kendur. Salah satu hal yang dapat menyebabkan mengendurnya payudara adalah pelaksanaan program diet yang salah. Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap wanita pasti menginginkan tubuhnya terlihat ramping dan sexy, sehingga mereka melakukan banyak cara untuk mengurangi berat-badan. Namun, tanpa disadari, diet yang dilakukan dapat berakibat pada mengendurnya payudara.

Bagaimana Pengenduran Payudara Bisa Terjadi

Payudara yang mengendur seringkali tidak terlihat dengan jelas. Berat badan, pertumbuhan payudara yang cepat pada usia remaja dan awal 20-an, kehamilan, dan menyusui merupakan pemicu perubahan bentuk pada payudara Anda. Setiap perubahan dalam bentuk payudara Anda berpotensi meregangkan kolagen dan elastin pada kulit Anda, dua komponen yang sangat penting dalam pembentukan kulit yang sehat dan tidak kendur. Hal inilah yang menyebabkan kedua payudara Anda nampak kurang menarik dari waktu ke waktu, kata Jill Weinstein, seorang dokter kulit di Northwestern Memorial Hospital, di Illinois.
Semakin cepat Anda menurunkan berat badan dengan melakukan program diet yang salah, maka kondisi pengenduran pada payudara akan semakin memburuk, karena elastin dan kolagen pada kulit juga akan memecah/merenggang lebih cepat, kata Mary Jane Minkin, MD, profesor klinis kebidanan dan ginekologi di Yale University School of Medicine.

Mengapa Payudara yang Cenderung Diserang

Payudara sangat sensitif terhadap perubahan berat badan. "Bila Anda kelebihan berat badan, maka lemak cenderung tertimbun pada bagian kewanitaan Anda, contohnya payudara," kata Dr Minkin. "Payudara merupakan salah satu tempat yang cenderung mudah terlihat perubahannya ketika si wanita sedang dalam proses menurunkan berat badan/diet."Lebih kurus tubuh Anda maka berarti lebih kendur payudara Anda.

Menurunkan Berat Badan Tanpa Mengendorkan Payudara

Berikut adalah cara diet yang benar tanpa membuat payudara Anda kendur. Pertama, jangan pernah melakukan diet ketat maupun melakukan aktivitas lain dengan tujuan mengurangi asupan Anda hingga kurang dari 1.200 kalori per hari atau lebih dari 1-2 pound (1/2-1kg) hilang dalam seminggu, kata Natalie Rosenstock, RD, seorang ahli gizi di Los Angeles. Kehilangan pound lebih dari ini per minggu dapat berakibat pada rusaknya kolagen dan elastin.

Perbanyaklah makan buah-buahan, sayuran, dan daging tanpa lemak karena dengan mengonsumsi makanan sehat tersebut maka kulit Anda akan lebih terjaga kesehatannya, khususnya payudara. Dan jangan pernah melewatkan makan karena hal ini dapat memperlambat metabolisme tubuh Anda. (vem/-)





ARTIKEL TERKAIT - CANTIK
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Scorpio

24 November - 30 November
Banyak kerjaan dan tantangan baru yang akan kamu hadapi Ada banyak...