/body-and-mind/cantik/6531-bad-hair-day---tidak-lagi--.html

Bad Hair Day...Tidak Lagi!!

Jum'at, 14 Januari 2011 07:00



Aduh, rambutku... (c)pul.se Vemale.com - Oleh: Ivana Okta Riyani

Rambut merupakan mahkota bagi wanita. Kerusakan rambut jarang sekali bisa dihindari. Seringkali kita menganggap bahwa menutupi rambut yang menyeramkan karena rusak, dengan topi atau kerudung adalah satu-satunya pilihan terbaik.Namun, ada beberapa cara lain untuk mengatasinya. Berikut ini adalah beberapa langkah dari para pakar dalam mengatasi kerusakan rambut.

1. Kerusakan karena panas.

Panas dari hair-dryer dan juga alat catok seringkali menjadi penyebab kerusakan rambut. Seringnya mencatok dan juga mengeringkan rambut menggunakan hair-dryer menyebabkan dehidrasi pada rambut. Untuk mengurangi dehidrasi pada rambut dibutuhkan moisturizer. Gunakan masker rambut seminggu sekali untuk mengembalikan kelembaban rambut.

Nourishing shampoo dan juga kondisioner akan membantu mengatasi rambut yang kering karena panas. Jika tetap ingin mencatok atau menggunakan hair-dryer jangan lupa untuk lebih dahulu menggunakan serum yang bersilikon guna mencegah panas langsung dan akan membuat rambut lembut bercahaya.

2. Layer rambut yang terlalu tebal

Rambut kita tumbuh sekitar 3,5 cm setiap bulannya. Potongan rambut berlayer seperti shaggy pada awalnya akan terlihat bagus, namun lama kelamaan akan terlihat bertumpuk dan kelihatan tidak rapi. Untuk mengatasinya gunakanlah alat pencatok. Dengan mencatoknya, rambut yang mencuat ke mana-mana akan terlihat lebih rapi.

3. Rambut lepek.

Cara terbaik untuk mengatasi rambut lepek adalah dengan memberikan volume pada rambut dan ini dapat Anda lakukan sendiri di rumah tanpa harus pergi ke salon. Mulailah dengan membersihkan rambut. Rambut yang bersih akan membuat rambut terlihat lebih banyak. Untuk memberikan volume lebih banyak gunakanlah volumizing spray dan gerakkan rambut Anda ke atas dan ke bawah selama mengeringkan rambut.

4. Kerusakan karena keriting

Rambut yang dikeriting permanen cenderung rusak karena bahan kimia yang terkandung dalam obat keriting. Salah satu cara mengatasi rambut rusak karena keriting permanen adalah dengan mengeriting ulang rambut Anda. Namun Anda harus menunggu paling tidak sekitar 2 minggu agar rambut Anda bernafas dari bahan-bahan kimia yang terkandung dalam obat keriting. Selain itu ada treatment keratin untuk memperkuat, menyegarkan, memperkilau, dan juga memperbaiki tekstur rambut yang rusak karena keriting permanen.

5. Potongan rambut terlalu pendek

Cara paling mudah untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan sambung rambut atau extension. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan aksesoris rambut seperti topi atau bando.

6. Lekukan pada rambut

Sekali alat catok melekukkan rambut, maka Anda akan sulit untuk mengembalikan bentuk rambut yang terlekuk tadi. Cara mengatasinya adalah dengan membasahi bagian tersebut dan mengeringkannya dengan hair-dryer, tata dengan menggunakan sisir.

7. Potongan poni yang terlalu pendek

Anda pasti seringkali malas pergi ke salon hanya untuk memotong poni. Kebanyakan dari Anda pasti sering memutuskan untuk memotong poni sendiri dan tidak sedikit juga yang memotongnya terlalu pendek. Salah satu cara untuk mengatasi poni yang terlalu pendek ini adalah dengan menyembunyikannya. Untuk itu, berikan sedikit holding spray pada rambut yang lembab. Gunakan sisir yang tipis serta kecil, tarik dan keringkan poni. Atau Anda juga dapat menyembunyikannya dengan bando-bando yang lucu.

8. Kerusakan kronis

Bahan kimia, khususnya obat pemutih atau bleach dapat menyebabkan kerusakan kronis pada rambut. Rambut dengan kerusakan parah memerlukan perawatan yang bagus pula. Saat rambut masih basah, gunakan sisir bergigi jarang untuk mengurangi rambut patah. Cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan memberikan protein atau kondisioner seminggu sekali. Gunakan masker kondisioner dan tutup rambut dengan shower cap. Biarkan 5-10 menit agar kondisioner meresap ke dalam kutikula rambut.

9. Pewarnaan yang gagal

Ketika pewarnaan rambut yang Anda lakukan sendiri gagal, jangan panik karena warnanya dapat diperbaiki. Rambut berwarna cerah dapat diperbaiki dengan menggelapkannya. Rambut yang terlalu gelap sedikit lebih sulit untuk diperbaiki. Untuk mencerahkannya lagi, bleach atau pemutih seringkali diperlukan. Pergi ke salon menjadi cara terbaik untuk memperbaikinya. Jika Anda berencana untuk mewarnai rambut Anda lagi, gunakanlah formula semi permanen yang dapat hilang dalam waktu 4-6 minggu.

Silahkan mencoba dan Anda tidak akan pernah mengalami bad hair day lagi... (vem/meg)

----
Anda punya kisah inspirasi (cinta, pernikahan, persahabatan, keluarga, dll) atau punya tips keren seputar wanita? Silakan kirim ke redaksivemale@kapanlagi.net.

Share your story and let's be friends with Vemale.com :)
----






ARTIKEL TERKAIT - CANTIK
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Sagitarius

15 Desember - 21 Desember
Hei jangan takut untuk berbuat lebih dibandingkan orang lain Sedikit usaha...