Sukses

Beauty

Agar Cacar Air Tidak Membekas di Kulit

Vemale.com- Cacar air adalah penyakit yang sangat mengganggu kecantikan! Ya, bukan hanya kesehatan saja yang terganggu tapi juga kecantikan. Bagaimana tidak, penyakit satu ini sangat tidak sedap dipandang baik saat sakit maupun setelah sembuh. Hal ini disebabkan cacar air menimbulkan bekas luka yang mencolok di bagian-bagian tubuh yang terjangkit. Beberapa orang yang beruntung tidak mengalaminya di wajah, namun banyak juga yang mengalaminya dan harus menerima 'tanda kenangan' berupa bekas luka di wajahnya.

Namun jangan khawatir, jika Anda mengetahui rahasianya dari awal, munculnya bekas cacar bisa dihindari. Berikut ini adalah bahan-bahan alami yang bisa dipakai untuk mencegah cacar membekas. Perlu diingat, bahan-bahan ini efektif hanya jika Anda menerapkannya saat luka belum mengering.

Kacang hijau

Rendam kacang hijau dalam air hingga mengembang, tiriskan kemudian tumbuk. Oleskan pada wajah dan bagian tubuh yang terkena cacar air untuk mempercepat pemulihan kulit. Biarkan selama beberapa saat, kemudian bilas.

Lada

Tenang saja, walaupun lada memberikan rasa panas dan pedas saat dimakan, namun tidak perih kok saat dioleskan ke luka. Cara pengobatannya, bersihkan luka dengan air bersih yang dicampur anti gatal, kemudian taburi dengan lada bubuk.

Madu

Kabarnya, madu bisa menghilangkan bekas luka cacar. Madu mengandung antibakteri alami dan juga nutrisi yang baik untuk kesehatan kulit. Sehingga mengoleskan madu pada bekas luka diyakini bisa membuatnya cepat pulih.

Jagung muda

Dari semua cara, parutan jagung muda dikenal paling ampuh dan paling cepat dalam mencegah cacar membekas. Pilih jagung yang masih muda, kemudian parut. Balurkan parutan jagung muda di bagian wajah dan tubuh yang terkena cacar, gunakan seperti memakai bedak dingin. Biarkan selama beberapa saat, hingga parutan agak mengering, kemudian bersihkan.

(vem/miw)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

    Loading