Sukses

Beauty

Komedo Musuh Para Wanita: Apa Penyebab dan Bagaimana Mencegahnya?

Hiii... wajah penuh komedo. Ugh, pasti sebal ya kalau wajah kita dipenuhi oleh komedo. Apalagi jika sudah berulang kali dibersihkan tapi komedo terus saja muncul. Apa sih penyebab munculnya komedo di wajah? Dan bagaimana cara mencegahnya?

5 Faktor Penyebab Komedo
Dilansir dari healthline.com, komedo pada dasarnya adalah bintik kecil yang muncul di kulit karena folikel rambut yang tersumbat. Dalam bahasa Inggris, komedo hitam ini juga bisa disebut "blackheads" karena permukaannya memang berwarna hitam dan pastinya sangat mengganggu penampilan wajah. Komedo ini sebenarnya bisa muncul di permukaan kulit lain seperti di punggung, dada, leher, lengan, dan bahu.

Ada sejumlah faktor yang bisa menjadi penyebab munculnya komedo, lima diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Produksi minyak dari dalam tubuh yang berlebihan.
  • Penumpukan bakteri jerawat di kulit.
  • Iritasi folikel rambut ketika sel-sel kulit mati tidak dibersihkan secara teratur.
  • Terjadinya perubahan hormon yang menyebabkan peningkatan produksi minyak, biasanya saat remaja, saat menstruasi, atau karena mengonsumsi obat KB.
  • Mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Sejumlah orang percaya bahwa apa yang kita makan dan minum juga bisa menjadi penyebab munculnya jerawat. Misalnya, produk susu dan makanan yang mengandung karbohidrat bisa meningkatkan level gula darah yang berperan dalam memicu munculnya jerawat. Namun, peneliti belum bisa memastikan hal tersebut.

3 Cara Mencegah Munculnya Komedo
Pasti sudah sering mendengar ungkapan ini, " Lebih mencegah daripada mengobati". Ungkapan ini juga berlaku dalam urusan perawatan wajah. Lebih baik mencegah munculnya komedo daripada nanti harus repot-repot membersihkan komedo. Ada 3 cara dasar yang bisa Anda lakukan untuk mencegah munculnya komedo.

Cuci Wajah Secara Teratur
Cucilah wajah Anda secara teratur, khususnya saat bangun tidur dan sebelum tidur. Tujuannya adalah untuk mengurangi penumpukan minyak dalam kulit yang bisa menyebabkan komedo. Tapi hati-hati, mencuci muka terlalu sering juga bisa membuat kulit Anda iritasi. Jadi pastikan untuk menggunakan pembersih wajah yang tidak akan membuat kulit Anda iritasi atau kemerahan. Selain itu, pastikan Anda juga membersihkan wajah Anda setelah mengonsumsi makanan yang berminyak.

Gunakan Produk Bebas Minyak
Saat memilih produk kosmetik atau kecantikan, pilih yang tidak mengandung minyak. Ya, jika terjadi penumpukan minyak di kulit, komedo akan lebih mudah dan sering muncul.

Hilangkan Sel-Sel Kulit Mati
Gunakan produk khusus untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Anda bisa coba pilih masker atau scrub untuk menghilangkan sel-sel kulit mati di kulit wajah Anda. Jangan lupa pastikan bahwa produk yang Anda pilih tidak membuat kulit Anda iritasi.

Semoga informasi ini bermanfaat ya, Ladies. Rawat wajah Anda dengan baik dan tampillah dengan lebih percaya diri!

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading