Sukses

Beauty

Kisah Nyata Para Wanita Yang Mengikat Telapak Kakinya Sebagai Simbol Kecantikan

Setiap negara memiliki tradisi yang unik, baik yang tinggal kenangan maupun yang masih dilestarikan hingga saat ini. Yang unik dari tradisi masa lalu adalah bagaimana perbedaan status sosial begitu menonjol. Salah satunya yang menarik adalah cara wanita Cina menunjukkan status sosial dan kecantikannya. Seorang fotografer asal Hongkon mencoba menguak tradisi dari Dinasti Song, di mana kebanyakan para wanita yang hidup di masa itu mengikat kakinya sejak usia 4 tahun, seperti dilansir dari dailymail.co.uk.

Tradisi masyarakat Cina kuno memanfaatkan telapak kaki terikat ini untuk mendapatkan jodoh. Awalnya tradisi ini pernah dilarang pada tahun 1911 hingga 1939, pemerintah saat itu menghapuskan paksaan untuk wanita mengikat telapak kakinya. Namun, tak lama berkembang lagi, proses ini dimulai ketika seorang wanita berusia antara empat hingga sembilan tahun. Hal ini dilakukan sebelum kaki para gadis sepenuhnya berkembang, kaki mereka mulai diikat ketika musim dingin tiba dan mereka mati rasa karena kedinginan. Kaki direndam dengan ramuan dan darah hewan yang masih hangat untuk melunakkan tulang mereka, terlebih dahulu kuku kaki dipotong hingga sependek mungkin.

Jari kaki kemudian dilengkungkan ke bawah dan ditekan hingga tulangnya patah. Luka yang timbul kemudian diperban sekaligus untuk menekan jari-jari agar menempel dengan telapak kaki. Setelah sembuh, kaki mereka diikat dan dibersihkan secara teratur. Inilah cacat abadi yang dirasakan para wanita pada masa itu. Tapi bagi mereka, kaki yang terikat ini adalah cara untuk menunjukkan status sosial, di mana berarti para wanita tersebut kaya dan tidak perlu bekerja lagi, karena akan melukai kakinya. Selain sebagai simbol kecantikan, wanita dengan kaki terikat ini berarti akan menjadi istri yang baik dan tunduk pada suaminya.

Seiring berkembangnya zaman, tradisi ini dilarang untuk membela kesetaraan pria dan wanita. Ladies, banyak cara untuk menunjukkan kecantikan seorang wanita. Pilihlah cara yang bijak dan terhormat. Simak bagaimana kehidupan mereka di galeri foto berikut ini.

(vem/hyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading