Sukses

Beauty

3 Cara Mengatasi Jerawat Saat Sudah Tidak Remaja Lagi

Siapa bilang jerawat hanya muncul saat usia kita masih belasan tahun? Ketika sudah beranjak dewasa atau sudah berusia 20-an, jerawat masih jadi masalah yang serius. Tapi tenang saja, berikut ini ada tiga cara praktis yang dilansir dariĀ prevention.com untuk mengatasi jerawat ketika usia kita sudah tidak belasan tahun lagi. Dan ternyata memang perlu cara yang berbeda untuk mengatasi jerawat saat kita sudah jauh lebih dewasa.

Manajemen Stres Alami
Beth Mclellan, MD, seorang ahli dermatologi dari NYU Langone's Joan H. Tisch mengungkapkan bahwa stres tidak langsung menjadi penyebab utama penyakit kulit, hanya saja akan membuat penyakit kulit yang sudah ada semakin parah. Rasa stres atau cemas yang Anda alami bisa mempengaruhi hormon kortisol dan meningkatkan peradangan dalam tubuh. Sehingga bisa semakin meningkatkan produksi minyak dari kelenjar minyak.

Untuk mengatasi stres dan mencegah jerawat muncul, sangat dianjurkan untuk memilih cara alami seperti melakukan olahraga, meditasi, dan kegiatan yang bisa membuat rileks. Tubuh yang rileks akan membuat kulit lebih rileks dan jerawat pun tidak akan muncul.

Kurangi Asupan Garam
Konsumsi garam yang sehat dan sangat dianjurkan adalah hanya 1.500 mg per hari. Mengonsumsi garam berlebih bisa memicu munculnya jerawat. Sejumlah dokter mencurigai bahwa sodium memiliki pengaruh yang besar terhadap kulit. Jadi upayakan untuk memperhatikan asupan garam yang Anda konsumsi setiap harinya agar bisa mencegah munculnya jerawat.

Kurangi Makanan atau Minuman yang Mengandung Susu
Pada sebuah penelitian di Harvard pada tahun 2006, ditemukan bahwa perempuan yang minum dua gelas susu atau lebih sehari memiliki risiko 20 persen lebih tinggi terkena jerawat daripada perempuan yang minum satu gelas susu per minggunya. Susu yang memiliki kandungan gula sangat tinggi juga dicurigai sebagai penyebab munculnya jerawat. Hipotesis lain juga menyebutkan bahwa hormon yang ada di produk yang mengandung susu juga jadi penyebab munculnya jerawat.

Pada dasarnya, perubahan hormon yang dialami wanita adalah penyebab munculnya jerawat. Khususnya yang berkaitan dengan siklus menstruasi atau saat akan mengalami menopause. Selain itu, ketidakseimbangan asupan gizi dan stres juga bisa jadi penyebab munculnya jerawat pada orang dewasa.

Jika Anda sudah berusia 20-an dan jerawat masih sering muncul di wajah Anda, tak perlu langsung panik. Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada tahun 2012 di Journal of Women's Health menemukan bahwa jerawat masih muncul pada hampir setengah dari semua wanita yang berusia 21 hingga 30 tahun. Jadi, Anda tak perlu panik saat jerawat masih sering muncul karena banyak wanita yang mengalami hal sama dengan yang Anda alami.



(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading