Sukses

Beauty

Oops Ternyata Selama Ini Teknik Mencuci Mukamu Salah

Mencuci muka terlihat sebagai kegiatan sepele yang tak perlu dipelajari. Yang penting basahi wajah, busakan sabun, aplikasikan di wajah, dibilas, dan selesai.

Sayangnya, menurut ahli dermatologi Dr. Paul Jarrod Frank dan Dr. Elizabeth Tanzi, mencuci wajah justru adalah kegiatan penting yang menjadi penentu kondisi kulit wajah. Salah tekniknya maka kulit wajah mudah sekali bermasalah, baik mengelupas, berjerawat, berkerut, dan lain sebagainya.

Dilansir Seventeen.com, beberapa hal ini menunjukkan kalau selama ini Anda salah mencuci wajah. Coba deh cek dulu, apakah Anda mengalami hal yang sama?

Menggosok terlalu kasar

Menyadari bahwa banyak debu dan kotoran yang menempel, Anda kemudian menggosok bagian kulit terlalu kasar. Anda berpikir dengan melakukannya maka semua kotoran akan terlepas.

Sayangnya, cara ini justru salah kaprah. Kotoran tidak akan keluar dengan sentuhan yang kasar. Anda harus memijat lembut dengan gerakan melingkar perlahan dari kening, pipi, daerah T, dagu dan kembali lagi ke pipi. Massage selama beberapa detik dan bilas dengan air dingin.

Tidak pakai scrub

Miliki dua jenis sabun muka, yang satu mengandung scrub atau peeling, satu lagi daily facial wash. Fungsi scrub adalah dipakai seminggu sekali untuk mengangkat sisa sel-sel kulit mati dan kotoran yang bersembunyi di dalam pori.

Ingat ya maksimal seminggu sekali saja, jangan berlebihan agar kulit tidak iritasi.

Memakai air yang terlalu panas

Air suam-suam kuku baik untuk mencuci wajah, terutama membuka pori di awal mencuci wajah. Hindari menggunakan air yang terlalu panas karena dapat membuat kulit jadi kering, iritasi dan mudah muncul jerawat.

Selalu akhiri mencuci wajah dengan air dingin sehingga kelembaban tetap terjaga dan pori dapat kembali menutup.

Salah pilih sabun

Kesalahan yang paling sering terjadi adalah salah memilih sabun muka.

1. Tidak sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulit
2. Daily vs scrub/peeling

Pastikan Anda selalu memilih yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulit sehingga sabun muka tidak menimbulkan masalah baru bagi kulit wajah.

Terlalu sering mencuci muka

Mencuci wajah dengan sabun cukuplah 2 kali dalam sehari. Sisanya apabila Anda merasa kurang nyaman, maka bilas dengan air saja sudah cukup. Terlalu sering menggunakan sabun justru akan membuat kulit kering, mudah iritasi, mudah muncul jerawat dan masalah kulit lainnya.

Bagaimana, apakah memang selama ini Anda melakukan beberapa kesalahan di atas? Yuk perbaiki kesalahan tersebut dan miliki kulit wajah yang bebas dari problem kulit dengan langkah sederhana ini.

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading