Sukses

Beauty

Ini Dia Rahasia Menjaga Kecantikan dan Kesehatan Mata Anda

Menggunakan makeup memang tidak lepas dari penggunaan mascara dan eyeliner untuk memperindah kecantikan mata Anda. Belum lagi dengan beragamnya produk kecantikan mata yang sudah menjadi tren saat ini seperti kontak lensa. Namun, siapa sangka kalau niatnya awal untuk mempercantik mata malah berujung pada masalah mata yang rentan terjadi pada Anda.

Meski penyakit mata tidak benar-benar menyerang gender tertentu, Dr. Lee Sao Bing, Direktur Medis Shinagawa LASIK & Eye Centre dari Singapura, menjelaskan bahwa tahap-tahap kehidupan seorang wanita bisa berdampak pada penglihatan karena gaya hidup dan perubahan hormon. “Secara umum wanita lebih rentan terserang alergi pada mata, iritasi dan infeksi seperti konjungtivitis (mata merah) karena penggunaan kosmetik. Infeksi dapat terjadi ketika riasan mata masuk ke mata dan mengapung di saluran air mata."

Riasan yang digunakan untuk memperindah mata pada dasarnya tidak berbahaya selama Anda bisa menggunakannya secara tepat dan produk yang Anda pakai tidak terkontaminasi atau tidak kadaluarsa. Akan tetapi, Anda juga sangat dianjurkan untuk memeriksa mata Anda setiap enam bulan sekali dan membuang produk kecantikan mata Anda jika Anda terkena infeksi. Di samping itu, Anda juga disarankan untuk membiasakan diri membersihkan alat-alat kosmetik Anda untuk menghindari bakteri penyebab infeksi.

Marlene, penata rias ternama di Indonesia, juga berbagi kiat untuk penting untuk berhati-hati dalam mengaplikasikan eyeliner, karena terkadang dapat menimbulkan masalah. Ia menganjurkan Anda untuk sebisa mungkin menghindari penggunaan eyeliner di sepanjang tepi kelopak mata yang berdekatan dengan saluran air mata dan daerah kelenjar minyak. Hal tersebut dapat menyumbat saluran air mata dan mengakibatkan mata kering dan infeksi. Selain itu, lupa membersihkan riasan mata juga dapat menyebabkan bintitan.

Nah, berikut ini merupakan tips yang bisa Anda lakukan untuk merawat kecantikan dan kesehatan mata Anda:

  • Jangan mengabaikan pentingnya menggunakan kacamata hitam saat beraktivitas di luar ruangan, dan selalu pilih lensa kacamata yang dapat menangkal sinar UVA dan UVB.
  • Hapus riasan wajah dan cuci wajah sebelum tidur malam, karena banyak unsur dari riasan mata yang dapat menyebabkan iritasi jika digunakan terlalu lama. Kebiasaan ini juga dapat memelihara kesehatan kulit di sekitar mata.
  • Ikuti petunjuk penggunaan lensa kontak, penyalahgunaan dalam memakai dan membersihkan lensa kontak dapat menyebabkan berbagai infeksi mata, bahkan kebutaan. Pastikan untuk mencuci tangan sebelum menyentuh lensa kontak dan gunakan cairan pembersih yang dianjurkan.
  • Pengguna lensa kontak sangat dianjurkan untuk memasang lensa kontak terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan riasan. Hal ini bertujuan untuk menghindari infeksi akibat masuknya residu ke dalam mata

Semoga bermanfaat Ladies..

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading