Sukses

Beauty

Waktu Yang Tepat Membuang Makeup Lama dan Membeli Yang Baru

Ingin selalu tampil cantik, jangan pertaruhkan kesehatan dan kecantikan kulit Anda dengan tetap memakai makeup lama yang sudah kadaluarsa. Makeup kadaluarsa dapat membawa aneka kuman, bakteri, dan menyebabkan problem pada kulit.

Karena tidak semua wanita punya waktu mencatat tanggap pembelian dan expired sebuah product, tampaknya satu-satunya yang harus diandalkan adalah label expired dalam produk itu sendiri. Namun, sayangnya, karena sering dipakai tak jarang tulisan dari label expired itu hilang, alhasil Anda jadi bingung kan kapan makeup Anda kadaluarsa.

Dilansir ebay.com, inilah beberapa panduan untuk mengetahui ciri produk makeup kadaluarsa, dan kapan harus membuangnya.

Foundation

Foundation cari bisa bertahan 3-6 bulan, sedangkan yang berbentuk powder bisa bertahan setidaknya setahun. Indikasi kadaluarsa sebuah foundation ditunjukkan dengan aromanya yang berubah jadi tidak sedap, teksturnya yang terpisah antara air dengan foundation atau minyak dengan foundation.

Concealer

Usia concealer hampir sama seperti foundation. Dan demikian pula ciri-ciri kadaluarsanya. Jika concealer mengeluarkan aroma tak sedap dan berair, maka lebih baik Anda membuang dan menggantikannya dengan yang baru. Concealer disarankan diganti setiap 3-6 bulan sekali.

Blush on

Apabila Anda mendambakan blush on yang lebih awet usia pakainya, maka pilihlah jenis powder. Blush on powder bisa bertahan lebih dari setahun. Dengan catatan, selalu pastikan kuas yang Anda pakai dicuci dengan rutin sehingga bakteri tidak berkembang di sana.

Lipstik

Perhatikan baik-baik tekstur lipstik Anda. Apabila ia berubah menjadi sangat oily, mengeluarkan aroma tak sedap, maka sebaiknya Anda segera membuangnya. Namun, usia lipstik ini cukup lama dibandingkan produk makeup lainnya kok. Setidaknya ia bisa bertahan 1-4 tahun, tergantung pada kualitas produknya.

Lip gloss

Usia lip gloss tergantung seberapa sering ia diaplikasikan. Apabila sangat sering, maka sebaiknya diganti setiap enam bulan sekali.

Lip liner

Lip liner biasanya bisa bertahan cukup lama, apalagi bila seringkali dipakai. Setidaknya lip liner harus diganti setiap tahunnya.

Mascara

Mascara punya usia pakai berbeda-beda setiap produknya. Kini, tak jarang maskara yang bisa bertahan hingga 1 atau 2 tahun.

Namun, usahakan selalu menggantinya setiap 3-4 bulan sekali apabila Anda setiap hari menggunakannya. Maskara punya kuas yang rawan sekali terpapar bakteri dan mikroorganisme, sehingga apabila dipakai lebih dari 6 bulan, problem infeksi mata sering mengancam Anda.

Eyeshadow

Disarankan tidak membeli eyeshadow dalam jumlah yang terlalu banyak. Eyeshadow punya usia pakai yang lebih pendek karena mudah terpapar bakteri. Setidaknya eyeshadow diganti setiap enam bulan sekali.

Eyeliner

Sama seperti maskara, eyeliner punya usia pakai setidaknya 3-4 bulan. Apabila eyeliner Anda jenis pensil, maka resiko infeksi mata sedikit berkurang, namun apabila bentuknya gel dan berkuas, maka pastikan kuasnya juga secara rutin dibersihkan sehingga usia pakainya lebih lama.

Nah, ingat-ingat betul kapan Anda membeli setiap produk makeup Anda apabila tidak setiap produk mencantumkan tanggal kadaluarsanya ya.

 

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading