Sukses

Beauty

Ciri-Ciri Kosmetik Palsu Yang Dijual di Online Shop

Di jaman teknologi internet, segala sesuatu bisa diperjualbelikan secara online, termasuk kebutuhan wanita akan kosmetik. Kemudahan ini membuat kosmetik dari berbagai negara dapat dibeli dan dinikmati, tanpa harus khawatir tak adanya cosmetic store di negaranya.

Puluhan hingga ratusan online shop menawarkan jasa pembelian aneka brand kosmetik. Alhasil, pembelian online semakin meningkat.

Di mana ada kesempatan, di situlah kriminal juga tumbuh. Karena ada permintaan yang tinggi akan produk kosmetik, tak sedikit oknum nakal memanfaatkan hal ini untuk meraih keuntungan yang besar. Apabila dulu kosmetik palsu hanya dijual door to door atau di toko-toko kecil, kini kosmetik palsu merambah dunia online shop. Berbekal iming-iming harga murah, tak sedikit orang yang kemudian tertipu karena ingin ikut mencoba hasil dari suatu produk kecantikan.

Bahkan menurut eBay.com, ada juga lho seller-seller yang memposting barang-barang palsu di akun mereka. Merebaknya fenomena ini tampaknya sulit dikendalikan karena hilang satu tumbuh seribu. Sudah banyak ketentuan dan aturan dikeluarkan oleh eBay, sayangnya masih saja ada seller nakal.

Tak hanya di eBay saja lho, di online shop besar maupun kecil lain, seller nakal banyak ditemukan. Agar Anda tidak tertipu, ketahui ciri-ciri kosmetik palsu yang dijual di online shop.

Ciri 1: Lihat testimoninya

Sebelum memutuskan membeli produk di seorang seller, baca dan telusuri testimoninya. Temukan apakah pernah ada konsumen yang komplain bahwa produknya palsu atau tidak ori.

Ciri 2: Jumlah produk yang dijual

Berapa banyak jumlah produk yang ia sediakan? Apabila Anda tahu bahwa produk yang ditawarkan unlimited dan ternyata ia punya banyak stock, waspadalah bahwa produk tersebut produk palsu atau KW.

Ciri 3: Kualitas foto

Sekalipun barang dan foto tidak selalu sama, namun setidaknya bisa membantu Anda menentukan apakah Anda akan membelinya atau tidak. Produk ORI disertai foto dengan kualitas tinggi dan penataan foto yang indah karena mereka juga memperhatikan branding produk tersebut.

Ciri 4: Produk diskontinyu atau limited

Apabila produk tidak pernah Anda lihat iklan atau wujudnya di toko-toko lain dan tiba-tiba seorang seller menawarkannya secara online, tanyakan dengan detail tentang produk tersebut. Bila ia bilang bahwa produk diskontinyu atau limited edition dan tidak dijual di tempat lain, maka ketahuilah bahwa produk tersebut 80% palsu.

Ciri 5: Kemasan dan penulisan nama

Browsing terlebih dahulu bagaimana kemasan dan penulisan yang benar dari produk ORI, kemudian bandingkan dengan produk yang ditawarkan di online shop tersebut. Umumnya, produk palsu akan mengubah sedikit tampilan kemasan maupun nama.

Ciri 6: Harga yang sangat jauh lebih murah

Jangan keburu tertipu harga murah, entah itu alasannya tidak akan diproduksi lagi atau sedang promo besar-besaran. Apalagi jika harganya di bawah separuh harga normal, karena hal ini mengindikasikan ia adalah produk palsu.

Ciri 7: Tidak ditemukan di web aslinya

Apabila produk yang Anda incar adalah produk ternama, maka cek terlebih dahulu produk tersebut di web aslinya. Bandingkan dengan yang ada di web asli, apabila jelas berbeda, maka produk tersebut FAKE alias palsu.

Ingin cantik adalah idaman setiap wanita, tetapi ingatlah bahwa kualitas produk yang Anda gunakan, memberikan efek pada kulit Anda. Untuk itu, lebih berhati-hati ya ladies, jangan sampai tergiur harga atau promo dan malah terjebak dengan produk palsu.

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading