Sukses

Beauty

5 Kebiasaan Yang Harus Dilakukan Agar Berumur Panjang

Siapa sih yang tidak ingin selalu terlihat awet muda dan memiliki umur panjang? Nyaris setiap orang, khususnya wanita enggan apabila disebut tua. Sekalipun sadar bahwa usia bertambah, tetapi setidaknya ingin tubuh dan kulit tetap sehat dan awet muda.

Proses penuaan ini tak bisa dicegah, namun bisa dibantu untuk diperlambat dan dijaga agar tidak menyebabkan kematian dini. Tak sedikit kok orang-orang yang bisa memiliki usia di atas 100 tahun dan tetap sehat. Kalau mereka bisa, mengapa Anda tidak?

Dilansir LiveStrong.com, ada beberapa kebiasaan yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh dan membuat usia lebih panjang.

Konsumsi buah dan sayuran berwarna-warni

Kecenderungan mengonsumsi hanya satu atau dua jenis buah saja dilakukan dengan alasan karena selera atau supaya lebih hemat. Padahal, dengan memperkaya warna asupan buah dan sayur, Anda bisa memetik nutrisi dengan lebih maksimal.

Perbedaan warna dari buah dan sayur menunjukkan kandungan nutrisi dan antioksidannya. Masing-masing punya peran yang berbeda dalam menjaga kesehatan tubuh dan kulit, dan secara alami membantu usia lebih panjang.

Konsumsi asam lemak omega-3

Asam lemak omega-3 adalah jenis asam lemak yang baik bagi tubuh dan kesehatan. Dr. Ramin Farzaneg-Far, seorang kardiologi yang bertugas di rumah sakit umum San Fransisco mengatakan bahwa EPA dan DHA yang terkandung dalam lemak oemga-3 membantu menjaga kromosom dan menghindarkan dari penuaan dini.

EPA dan DHA ini bisa ditemukan di aneka jenis ikan laut dalam seperti tuna, mackarel, sardin, salmon, dan lain sebagainya. Sumber omega-3 lainnya yang murah dan terjangkau adalah minyak ikan serta telur.

Membersihkan gigi

Maksimalkan membersihkan gigi dengan benang gigi sehingga tidak ada sisa-sisa makanan yang masih tersangkut di sana. Bakteri bisa dengan mudah berkembang apabila makanan tertinggal di sela-sela gigi. Dan sayangnya, pasta gigi saja tidak akan mampu membersihkan maksimal setiap sela gigi tanpa Anda mengarahkannya dengan benar.

Minum teh hijau

Teh hijau lebih dikenal dalam usahanya memerangi kanker. Namun, di lain hal, antioksidan teh hijau yang disebut juga epigallocatechin-3-gallate adalah sumber yang membantu menjaga berat badan sehingga tubuh dan jantung jauh lebih sehat.

Berolahraga teratur

Anda tak harus pergi ke gym dan menghabiskan berjam-jam membentuk tubuh di sana. Yang perlu Anda lakukan hanyalah berjalan atau lari pagi 30-45 menit setiap hari. Atau Anda juga bisa mengimbangi dengan berkebun, membersihkan rumah, dan kegiatan lain yang membuat tubuh Anda bergerak.

Mulai sekarang, jangan meremehkan kebiasaan-kebiasaan kecil seperti yang telah disebutkan di atas. Dengan sedikit kedisiplinan, Anda bisa kok memiliki tubuh sehat dan usia lebih panjang.

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading