Sukses

Beauty

Awas, Cleansing Wipes Ternyata Mengandung Bahan Berbahaya Bagi Kulit Wajah

Murah, mudah dan cepat adalah alasan para wanita memilih membersihkan wajah menggunakan tisu pembersih (cleansing wipes). Apalagi hanya dengan sekali usap, semua makeup yang melekat di wajah langsung bisa terangkat. Wah, cocok sekali digunakan kala malam hari dimana rasanya sudah malas beranjak menggunakan rutinitas pembersih wajah yang beranekaragam itu.

Namun, tahukah Anda, dibalik kepraktisannya, ternyata cleansing wipes wajah memiliki bahaya tersembunyi, lho. Dilansir oleh dailymail.co.uk, para ahli mengkhawatirkan penggunaan cleansing wipes yang sebetulnya tidak terlalu efektif membersihkan kulit wajah.

"Cairan yang digunakan untuk merendam cleansing wipes wajah mengandung surfactant, sejenis bahan kimia yang menyerupai deterjen," ujar Dr. Bunting, salah satu pakar kecantikan dari Inggris. "Jika bahan surfactant ini terlalu keras, dapat mengakibatkan iritasi di kulit. Khususnya jika tidak dibilas lagi dengan air setelahnya. Jika bahan ini masih tertinggal di kulit, akan berbahaya bagi kulit dalam jangka waktu tertentu."

Selain mengandung bahan surfactant, cleansing wipes ini juga biasanya mengandung alkohol yang dapat membuat kulit kering. Disarankan bagi orang yang menderita eksim untuk menghindari penggunaan cleansing wipes yang mengandung alkohol.

Lalu, bagaimana ya cara yang aman menggunakan cleansing wipes wajah? Dr. Bunting menyarankan agar membatasi penggunaannya untuk saat-saat tertentu, misalnya Anda bepergian di tempat yang rawan air bersih. Yang terpenting adalah jangan lupa untuk membilas wajah dengan air bersih setelah menggunakannya dan tetap mengaplikasikan serum atau pelembab sesuai kebutuhan wajah.

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading