Sukses

Beauty

5 Kesalahan Mencuci Wajah Yang Bikin Kulit Bermasalah

Siapa yang rajin mencuci wajah? Bagus jika Anda mengerti pentingnya mencuci wajah, terutama sebelum tidur. Mencuci wajah adalah ritual kecantikan yang penting, namun sering dilakukan asal-asalan (bahkan mungkin Anda melakukannya). Padahal, mencuci wajah yang asal-asalan bisa membuat kulit semakin bermasalah.

Dilansir oleh geniusbeauty.com, inilah 5 kesalahan yang sering dilakukan saat mencuci wajah. Kebiasaan ini tampak sepele namun berakibat kulit yang bermasalah dan mudah iritasi.

1. Produk Yang Dipakai Tidak Cocok

Banyak produk facial foam atau sabun pembersih wajah dengan segala bahan dan kegunaan yang berbeda. Pilihlah yang paling tepat untuk wajah Anda. Mahal belum tentu cocok dengan kulit. Facial foam teman Anda tampak bagus di wajahnya, belum tentu untuk kulit Anda. Maka pakailah facial foam yang paling cocok.

2. Terlalu Sering Cuci Wajah

Mencuci wajah itu penting, tetapi bukan berarti tiga kali sehari atau lebih dari itu. Mencuci wajah yang disarankan adalah 2 kali, saat mandi pagi dan sebelum tidur. Bahkan beberapa ahli menyarankan cukup sekali saja sebelum tidur. Seringnya mencuci wajah akan menghilangkan minyak alami kulit, padahal minyak itulah yang menjadi pelindung kulit dari iritasi.

3. Suhu Air Salah

Cuci wajah Anda dengan air bersuhu normal. Hindari mencuci wajah dengan air hangat karena akan membuat kulit semakin kering. Kalaupun terpaksa dengan air hangat, pastikan hangatnya cenderung dingin.

4. Scrub Terlalu Sering

Scrub akan membantu wajah melepas sel kulit mati, namun pemakaian scrub cukup sekali dalam seminggu. Scrub atau peeling yang terlalu sering hanya akan membuat kulit mudah mengalami iritasi, karena sel-sel kulit perlu tumbuh sekitar 2-3 hari.

5. Handuk Kasar

Setelah mencuci wajah, pasti dikeringkan dengan handuk. Nah, pilih handuk yang halus dan lembut. Jangan pernah memakai handuk kasar, apalagi Anda pakai dengan cara menggosok-gosok di wajah yang baru dicuci. Itu akan membuat permukaan luar kulit 'terluka'. Tepuk-tepuk saja wajah Anda dengan handuk lembut.

Itulah beberapa hal yang harus Anda hindari saat mencuci wajah. Dari hal yang sederhana, jaga selalu kecantikan Anda.

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading