Sukses

Beauty

Seberapa Cepat Sih Rambut Itu Tumbuh? Ini Jawabannya

Bingung mengapa rambut Anda tak kunjung panjang?

Tingkat rata-rata pertumbuhan rambut manusia adalah 15 cm per tahunnya. Namun, menurut sebagian besar penelitian, pertumbuhan rambut manusia tidak hanya dikenal dari gen ras saja, tetapi juga kepadatan, sudut pertumbuhan rambut, dan lain sebagainya.

Dilansir LiveScience.com, sebuah studi pada 2005 di International Journal of Dermatology menemukan perbedaan ras meningkatkan pertumbuhan rambut. Rambut orang Asia tumbuh lebih cepat dibandingkan ras lainnya. Sementara, rambut orang Afrika pertumbuhannya paling lambat.

Tingkat pertumbuhan rambut rata-rata wanita di Asia hampir 15 cm per tahunnya. Sedangkan wanita di Afrika hanya tumbuh 10 cm per tahunnya. Berbeda lagi dengan wanita Kaukasia, pertumbuhan rambut rata-rata adalah 13 cm.

Para peneliti juga menemukan bahwa rambut tumbuh lebih cepat di musim panas, karena perubahan pola makan lebih banyak buah-buahan dan sayuran. Paparan radiasi UV dan pergerseran hormon juga cukup mempengaruhi tingkat pertumbuhan rambut.

Tips rambut tumbuh lebih cepat

  • Pakai pelindung rambut saat bepergian atau beraktivitas di bawah sinar matahari. Terlalu banyak mendapatkan paparan sinar matahari, rambut pertumbuhan rambut akan lama.
  • Perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran.
  • Berolahraga dengan rutin agar hormon seimbang.

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading