Sukses

Beauty

5 Tips Agar Wajahmu Bebas Minyak Seharian

Bagaimana bisa ya, beberapa teman wanita selalu terlihat fresh setelah seharian beraktivitas. Bahkan, wajahnya tidak terlalu berminyak. Sedangkan Anda, hanya beberapa jam saja setelah memulas makeup, wajah sudah berkilau dan mengganggu penampilan. Alhasil, Anda jadi seringkali mengeluarkan oil face paper dan mondar mandir ke kamar mandi untuk merapikan makeup di wajah.

Apa ada rahasia khusus untuk mengurangi kadar minyak berlebih di wajah?

Jangan risau lagi kalau Anda memiliki masalah kelebihan minyak di wajah. Karena sebenarnya ada beberapa cara untuk mengontrol kelebihan minyak tersebut.

Minum air putih

Pastikan kebutuhan air putih Anda tercukupi setiap hari. Air putih akan membantu tubuh tetap segar dan mencegah dehidrasi, serta mengurangi kelebihan minyak di wajah secara alami.

Kebutuhan air minum setiap hari adalah setidaknya 7-8 gelas per hari. Namun kalau Anda ingin mengonsumsi lebih dari itu, tidak jadi masalah, karena kelebihannya akan dibuang lewat keringat dan urine.

Usahakan untuk mengonsumsi segelas air putih setiap sesudah bangun tidur, trik ini akan membuat kulit jadi lebih segar dan kenyal.

Gunakan produk kosmetika khusus

Kenali tipe kulit Anda terlebih dahulu sebelum membeli produk perawatan atau makeup. Apabila memang jenis kulit Anda termasuk yang sering berminyak, maka pilih yang formulanya khusus dibuat untuk kulit berminyak.

Umumnya, jenis produk tersebut berfungsi menyerap dan mencegah kelebihan minyak di wajah, sehingga sampai beberapa jam ke depan wajah Anda akan tampil segar.

Hindari produk tinggi kandungan alkohol

Sebagian besar produk perawatan kecantikan dan makeup mengandung alkohol, salah satu fungsi alkohol di sini agar aroma wewangian yang dikandung sebuah produk jadi lebih lama. Namun, efeknya buruk lho bagi kulit berminyak. Alkohol akan membuat kulit jadi lebih kering dan kesat, keringnya kulit karena alkohol ini justru akan memicu produksi minyak berlebih, sehingga di siang hari kulit wajah Anda akan tampak berkilau.

Jangan terlalu sering mencuci wajah dengan sabun

Memang sih wajah yang bersih dan kesat setelah dicuci dengan sabun muka rasanya nyaman, sayangnya justru inilah sumber masalah Anda. Membersihkan wajah dengan menggunakan sabun cukup dilakukan dua kali saja dalam sehari. Sisanya, Anda bisa menggunakan bantuan dari cleanser dan toner, serta air biasa.

Di siang hari, biasakan untuk menyemprot atau membasahi wajah dengan air dan agar wajah kembali segar.

Atur pola makan

Hindari menu makanan yang mengandung banyak minyak dan lemak. Perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan yang kaya akan kandungan airnya. Mengonsumsi makanan berlemak dan berminyak akan menambah jumlah kandungan minyak di kulit dan membuat wajah Anda mudah terkena jerawat serta memproduksi minyak di wajah.

Selain menjalankan 5 tips di atas, bawa oil face paper yang bisa sesekali digunakan untuk mengangkat kelebihan minyak di wajah. Oil face paper dengan instant akan membantu Anda tetap terlihat fresh sepanjang hari.

 (vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading