Sukses

Beauty

Wajah Berminyak Mengganggu Penampilan? Ini Solusinya

Mempunyai wajah berminyak memang terkadang merepotkan. Muka yang mengkilap akibat minyak berlebih pada muka bisa membuat wajah tidak enak dilihat. Selain itu, kulit wajah yang berminyak cenderung meningkatkan risiko timbulnya jerawat dan komedo.

Namun, memiliki wajah berminyak tidak selamanya merugikan, karena minyak yang diproduksi tubuh dapat membantu kulit tetap lembab dan sehat, termasuk di daerah wajah. Namun, jika produksi minyak pada tubuh Anda berlebih ada baiknya melakukan beberapa langkah berikut untuk membuat wajah tidak terlihat kusam dan kembali segar.

Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kulit berminyak menurut seorang ahli kulit (dermatologi), dr. Adhiatma Gunawan:

Gunakan pembersih wajah atau cleanser

Rutinitas membersihkan wajah di pagi dan malam hari adalah cara paling efektif untuk mengatasi wajah berminyak. Gunakan pembersih wajah berupa gentle cleanser dan bersihkan dengan lembut wajah Anda. Waslap atau busa dapat memacu pengeluaran minyak lebih banyak lagi.

Tetapi, jika pembersih wajah Anda tidak cukup berhasil untuk mengatasi minyak pada wajah, gunakan produk yang mengandung asam seperti benzoyl, peroxide, salicylic acid, atau beta-hydroxy acid. Asam tersebut dapat membantu memangkas minyak yang ada pada wajah, dan gunakan air hangat untuk membersihkan muka.

Gunakan pelembab

Kebanyakan, orang yang memiliki minyak berlebih pada wajahnya memiliki ketakutan jika harus menggunakan pelembab. Mereka menganggap pelembab akan membuat wajah semakin mengkilat dan tampak lebih berminyak. Anda bisa menggunakan oil-free moisturizer untuk menghindari tampilan wajah yang mengkilat.

Gunakan toner

Produk satu ini memang sangat dianjurkan untuk kulit berminyak. Cairan yang terasa dingin saat digunakan dapat mengurangi minyak pada kulit. Tetapi, beberapa ahli menganggap toner justru membuat produksi minyak semakin banyak dan dapat mengiritasi kulit.

Anda bisa menggunakan toner hanya pada daerah yang berminyak saja, seperti dahi, hidung, dan dagu (area T), dan hindari penggunaan pada daerah yang cenderung kering.

Gunakan tabir surya bebas minyak (Oil-free sunscreen)

Penggunaan tabir surya pada kulit berminyak sebenarnya akan menimbulkan masalah karena teksturnya yang tebal dan mampu menutupi pori-pori. Akan tetapi, tabir surya harus tetap digunakan untuk menghindari kulit dari paparan sinar matahari. Anda bisa menggunakan tabir surya dengan SPF 30 guna menangkal kerusakan akibat sinar matahari.

Gunakan kertas minyak

Kertas minyak adalah alat paling mudah digunakan dan dianjurkan jika kulit Anda berminyak. Kertas ini dapat digunakan kapanpun pada area wajah yang berminyak, seperti jidat, hidung dan dagu.

Tempelkan kertas pada area wajah berminyak, angkat kertas setelah 15-20 detik dan minyak akan menempel pada kertas. Pada beberapa kertas minyak dilengkapi dengan taburan bedak, sehingga dapat membuat wajah Anda kembali bersinar dan segar.

Gunakan masker

Penggunaan masker juga dapat mengurangi minyak pada wajah Anda, sekaligus membersihkan pori-pori. Hampir sama dengan cleanser dan toner, masker juga mampu membuat kulit kering.

Sumber: MeetDoctor.com

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading