Sukses

Beauty

Lebih Baik Kurangi 5 Makanan Ini Agar Kulit Tetap Cantik

Biasa disepelekan, ternyata makanan memberikan pengaruh yang sangat besar pada penampilan kulit. Nutrisi tertentu apabila dikonsumsi akan membuat kulit menjadi lebih bersih, lebih cerah dan bercahaya. Namun, ada pula makanan yang dapat menyebabkan jerawat, bengkak serta penuaan dini, dengan catatan apabila terlalu berlebihan mengonsumsinya.

Dr. Mitch Chasin pendiri dan direktur medis Reflections Center for Skin di New Jersey, seperti dikutip dari dailymakeover.com mengatakan bahwa ada beberapa makanan yang memang harus Anda kurang asupannya apabila Anda mendambakan memiliki kulit yang indah. Makanan-makanan tersebut yaitu:

Garam

Pendek kata, makanan tinggi kandungan garam akan menyebabkan tubuh menahan air sehingga menyebabkan pembengkakan pada bagian-bagian tertentu tubuh. Khususnya pada sekitar mata, apabila Anda melihat bagian mata bengkak, ini disebabkan karena Anda doyan ngemil atau mengonsumsi makanan yang tinggi kandungan garamnya.

Garam mempengaruhi jumlah kolagen di dalam kulit, semakin banyak konsumsi garam maka kolagen akan semakin sedikit produksinya.

Makanan mengandung garam ini misalnya seperti keripik, snack dalam kemasan, dan lain sebagainya.

Daging merah

Daging merah tinggi karnitin yang dapat mengeraskan dinding pembuluh darah, hal tersebut menyebabkan penuaan dini seperti kulit yang keriput, munculnya bintik-bintik hitam pada kulit, dan lain sebagainya.

Roti dan gula

Karbohidrat tertentu seperti roti ternyata dapat menyebabkan jerawat dan memecah kolagen.

Jenis karbohidrat tersebut juga tinggi insulin sehingga dapat menyebabkan peradangan. Ketika gula masuk ke aliran darah, ia akan menempel dan membentuk molekul yang pada hasil akhirnya akan merusak kolagen dan elastis dan menonaktifkan antioksidan pelindung.

Inilah sebabnya, Anda juga lebih disarankan untuk memilih jenis roti gandum utuh.

Gorengan

Rasanya enak, tetapi lemak tak sehat dari makanan gorengan dapat melepaskan radikal bebas di dalam tubuh. Ia juga akan menyumbat pori-pori sehingga memicu berbagai problem kulit seperti komedo dan jerawat.

Sebaliknya, apabila Anda memasukkan lemak sehat ke dalam diet Anda, seperti lemak dalam minyak zaitun dan alpukat, makanan ini akan membantu mengatur fungsi sel, mempertahankan transfer limbah dan air, sehingga kulit jadi lebih awet muda, sehat dan mencegah pori-pori tersumbat.

Lantas, bagaimana dengan cokelat?

Selama ini memang cokelat dianggap sebagai makanan yang dapat menyebabkan jerawat. Pendapat ini sebenarnya tidak sepenuhnya salah, tetapi juga tidak 100% benar. Cokelat sendiri sebenarnya memang baik bagi kulit dan kesehatan, namun ketahui dulu berapa jumlah kandungan cokelatnya.

Seringkali cokelat yang Anda temui di pasar adalah cokelat yang harganya murah, di mana lebih banyak kandungan gula dan susunya. Inilah mengapa seringkali cokelat justru memicu peradangan dan jerawat.

Agar Anda dapat selalu menikmati cokelat dengan aman, lebih baik pilih yang kandungan kakaonya tinggi.

 (vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading