Sukses

Beauty

7 Buah Paling Berjasa Untuk Kulit Wanita

Sepanjang 2013 silam, kami membuat beberapa tips kecantikan kulit berbahan alami. Salah satunya adalah masker-masker berbahan buah-buahan.

Ternyata, selain rasanya enak, buah-buahan juga dapat membantu mengatasi problem kulit lho. Mulai dari jerawat, komedo, kulit kering dan mengelupas, bahkan hingga bekas jerawat.

Ada beragam buah-buahan dengan khasiat yang berbeda-beda yang sudah pernah kami coba. Dan tujuh buah-buahan di antaranya kami tulis di dapur editorial Vemale.

Berikut rangkumannya satu per satu. Selamat mencoba, cantik.

(vem/bee)

Khasiat Pepaya Kalau Dipakai Sebagai Masker Kulit

Kalau dimakan, pepaya dapat memperlancar pencernaan dan mempermudah buang air besar. Tetapi, kalau dijadikan masker bagaimana ya?

Sebenarnya pepaya adalah salah satu buah terbaik yang dapat dijadikan bahan perawatan kulit. Sumber vitamin A, C dan enzim papainnya dapat membantu memecah sel-sel aktif dan membersihkan pori-pori serta menghilangkan sel-sel kulit mati.

Hal terbaik dari buah ini, kandungan garamnya sedikit, sehingga retensi air juga sedikit. Hasilnya, apabila diaplikasikan pada kulit, maka pori-pori akan lebih bersih, kulit juga tercukupi kebutuhan airnya.

Sebagai masker, tugas utama pepaya adalah membersihkan pori dan membantu menghilangkan sel-sel kulit matinya. Bahkan, pepaya dianggap buah yang sangat lembut dalam mengelupaskan lapisan kulit dengan teknik yang alami.

Sebagai masker kaki

Memiliki kulit kaki yang kasar dan pecah-pecah, terutama pada lutut, dan tumit, sangatlah mengganggu penampilan. Apalagi kalau ingin memakai heels, rasanya jadi kurang percaya diri.

Cara mengatasi hal ini dengan masker pepaya adalah menggosokkan pepaya yang sudah ditumbuk di bagian yang retak dan kasar. Diamkan sejenak, kemudian bilas.

Lakukan cara ini setiap hari untuk membuat kulit Anda jadi halus dan lembut.

Memutihkan wajah

Pepaya juga mengandung alpha hydroxy acid yang dikenal sebagai komponen anti aging dan dapat membantu mencerahkan kulit. Aplikasikan masker pepaya selama 5 menit di area wajah, kemudian bilas dengan air dingin.

Sebagai masker wajah, pastikan Anda membilas pepaya sampai bersih dari kulit karena apabila diaplikasikan terlalu lama akan menyebabkan kulit terlalu kering dan bahkan iritasi pada kulit sensitif.

Anti penuaan dini

Hancurkan pepaya sampai halus dan campur dengan susu bubuk. Aplikasikan pada kulit wajah Anda dan biarkan mengering maksimal 5 menit. Bilas dengan air dingin, maka kerutan di wajah akan menghilang secara bertahap.

Menghilangkan bekas jerawat

Aplikasikan masker pepaya yang dicampur dengan tepung beras, biarkan selama 5 menit pada wajah dan kemudian bilas sampai bersih dengan air dingin. Cara ini membantu menghilangkan bekas hitam di wajah baik yang disebabkan oleh jerawat maupun sinar matahari.

Exfoliator alami

Tumbuk pepaya dan campurkan dengan madu. Aplikasikan pada seluruh wajah untuk melembabkan dan melepaskan sel-sel kulit mati dengan cara yang alami.

Anda bisa mencoba cara-cara di atas untuk merawat wajah dengan pepaya. Jangan lupa, selalu bilas sampai bersih dan jangan tinggalkan residunya malah menyumbat pori-pori ya.

8 Masalah Kecantikan Yang Bisa Diatasi Dengan Lemon

Lemon itu buah yang serbaguna, banyak sekali kegunaannya. Tak hanya bisa dimanfaatkan untuk cocktails, dressing dan bahan rendaman, buah yang rasanya asam dan manis ini juga banyak manfaatnya untuk kulit.

Punya banyak aksi merawat kulit, sehingga buah yang satu ini boleh dijadikan buah wajib yang harus ada di dalam lemari pendingin Anda. Mudah digunakan dan punya efek samping minimal, mari kita intip manfaat lemon yang bisa dipetik untuk merawat kecantikan Anda.

Mencerahkan dan memutihkan kulit

Punya kulit kusam dan terlihat hitam karena sering terpapar sinar matahari? Mari manfaatkan lemon untuk membuat kulit jadi lebih cerah serta menghilangkan noda-noda hitam di wajah.

Asam sitrusnya berperan sebagai pemutih alami yang apabila digunakan secara rutin akan mengembalikan putihnya kulit Anda. Mudah digunakan, lemon dapat mencerahkan kulit hanya dengan menjadikannya masker harian.

Memutihkan gigi

Lemon juga dapat memutihkan gigi secara alami. Caranya adalah memadukan sari lemon dengan sedikit baking soda, kemudian diaplikasikan pada gigi dan dibiarkan selama 1 menit. Kemudian, berkumurlah dan menyikat gigi seperti biasa.

Mengatasi komedo dan kulit berminyak

Kulit berminyak identik dengan banyaknya komedo di mana-mana, baik komedo hitam maupun putih. Terutama di daerah T, komedo tampak mengganggu apabila tidak dibersihkan.

Nah, mengatasi hal ini Anda bisa memakai sari lemon untuk dijadikan masker, kemudian dibiarkan selama 10-15 menit sebelum mandi. Lakukan setiap hari untuk hasil alami yang memuaskan.

Menguatkan kuku

Kuatkan kuku Anda dengan merendam kuku dalam ramuan 1 sdt minyak zaitun, air hangat, serta sari jeruk lemon. Kemudian pakai sarung tangan saat tidur sehingga ramuan dapat diserap hingga keesokan harinya.

Menyembuhkan jerawat

Sembuhkan dan keringkan jerawat dengan kandungan asam sitrus yang ada di dalam lemon. Caranya adalah dengan mengaplikasikan sari lemon pada bagian yang berjerawat. Kemudian membilas dengan air dingin.

Melembabkan kulit kering

Bagian siku dan lutut biasanya warnanya lebih hitam dan cenderung kering. Mengatasi problem ini, aplikasikan sari lemon dan sambil digosokkan perlahan. Untuk kulit yang menebal dan kasar, Anda bisa mencampurkan ramuan dengan gula pasir.

Mari kita mencoba mencicipi ramuan dapur yang mudah dan sangat bermanfaat ini.

Cara Mengecilkan Pori-Pori Dengan Masker Strawberry

Kadang kesal juga punya pori-pori besar, wajah jadi terlihat seperti kulit jeruk. Kesan wajah yang tidak mulus dan halus jadi kekhawatiran pemilik kulit wajah dengan pori-pori besar. Memang sih.. kadang pori-pori itu tersamarkan saat pakai BB cream atau foundation, tapi akan lebih baik jika pori-pori kecil sepanjang waktu bukan?

Anda bisa memakai bahan alami untuk mengecilkan pori-pori, salah satunya adalah buah strawberry segar. Buah strawberry segar mengandung asam yang dapat menjadi penyegar wajah alami dan mengecilkan pori-pori tanpa membuat kulit wajah jadi kering. Selain itu, strawberry mengandung vitamin C yang tinggi.

Bahan lain yang dipakai adalah putih telur, bahan alami ini dipercaya dapat membuat kulit lebih kencang. Madu juga merupakan bahan alami yang dapat melembutkan kulit, mencegah radang dan menutrisi kulit. Perasan lemon dipakai bila Anda ingin mencerahkan kulit dan mengangkat minyak berlebih di wajah.

Bahan:

3 buah strawberry organik yang sudah matang

1 butir telur, ambil putihnya

1 sdt madu

1/2 sdt air perasan lemon

Cara Membuat:

  1. Haluskan strawberry, bisa menggunakan blender.
  2. Campur strawberry dengan bahan lainnya, aduk hingga rata.
  3. Oleskan merata pada wajah dan leher yang sudah dibersihkan. Hindari bagian mulut dan mata.
  4. Diamkan 10 hingga 15 menit.
  5. Bilas dengan air hangat, tunggu 2 menit, lalu oleskan wajah dengan es batu yang sudah dibungkus kain.
  6. Keringkan wajah dengan handuk bersih.

Penggunaan masker alami ini dapat dilakukan sekali dalam seminggu. Selamat mencoba!

Mengatasi Kulit Wajah Kering Dengan Masker Alpukat

Kadang sebal juga punya wajah yang kering, baik kering karena kondisi kulit memang demikian atau kering karena faktor lain, misalnya terpaan AC atau kering setelah pulang liburan. Kondisi tersebut tentu saja mengganggu, karena wajah kering biasanya membuat ruam-ruam kecil putih yang sangat mengganggu penampilan.

Jika hal tersebut sedang Anda alami, tenang saja, bahan alami bisa membantu mengatasi masalah tersebut. Gunakan alpukat yang sudah matang! Buah ini mudah Anda jumpai di pasar dan tidak mahal. Alpukat mengandung banyak nutrisi dan gizi yang dibutuhkan kulit Anda, misalnya vitamin A dan E. Kandungan alami dalam alpukat juga bisa melembabkan kulit tanpa membuat kesan berminyak.

Bahan lain yang digunakan adalah madu. Nutrisi alam ini dapat melembabkan kulit secara alami, mengatasi radang pada kulit dan membuat kulit lebih halus dan lembut. Anda bisa memadukan keduanya dalam masker alami buatan sendiri. Yuk dicoba!

Bahan:

1/2 bagian alpukat matang, ambil dagingnya

1 sdm madu

Cara Mengaplikasi:

  1. Lumatkan alpukat hingga halus dan lembut.
  2. Campur dengan madu, aduk hingga tercampur rata.
  3. Pada wajah yang sudah dibersihkan, aplikasikan masker dengan bantuan kuas masker.
  4. Oleskan pada seluruh wajah dan leher, kecuali bagian di sekitar mata dan mulut.
  5. Diamkan selama 30 menit.
  6. Bilas dengan air dingin, keringkan wajah dengan menepuk-nepuk handuk bersih.

Pemakaian masker dapat Anda lakukan seminggu sekali. Selamat mencoba!

Masker Apel Bikin Wajah Segar Bebas Jerawat

Wajah berjerawat sering bikin bete, apalagi jika meninggalkan ruam merah. Wajah jadi kusam dan tidak enak dipandang. Tenang saja.. Anda bisa menghilangkan jerawat secara alami menggunakan apel. Buah yang mudah dijumpai ini bisa digunakan untuk mengatasi masalah jerawat secara alami.

Apel mengandung bahan alami yang dapat menyegarkan wajah tanpa membuatnya kering. Asam yang ada pada apel juga bisa mengurangi radang pada jerawat. Nutrisi apel yang banyak mengandung vitamin C, vitamin A dan berbagai nutrisi lain akan membuat kulit sehat dan cerah.

Tidak sulit bukan menemukan apel? Yuk bikin masker apel sendiri!

Bahan:

1 buah apel hijau, buang bijinya

1 sdm perasan air lemon

25 gram daging lidah buaya yang sudah dibersihkan

Cara Membuat:

  1. Blender semua bahan menjadi satu. Tuangkan dalam wadah.
  2. Pada wajah yang sudah dibersihkan, aplikasikan masker, kecuali di daerah mata dan mulut.
  3. Diamkan selama 15 menit.
  4. Bilas dengan air dingin, tepuk-tepuk wajah dengan handuk bersih.

Anda bisa menggunakan masker ini dua kali dalam seminggu hingga masalah jerawat teratasi.

Masker Pisang Untuk Wajah Halus dan Lembut

Wanita dengan kulit halus dan lembut menjadi kebanggaan tersendiri. Wajah yang lembut bagai sutra sekaligus kenyal adalah tanda bahwa pemiliknya merawat kecantikan dengan baik dan tidak malas. Anda juga bisa memiliki wajah sehat dan cantik dengan bantuan bahan-bahan alami yang terbukti memberi manfaat dan aman, salah satunya adalah pisang.

Pisang matang mengandung zat-zat yang dibutuhkan oleh kulit, antara lain vitamin A, vitamin B dan vitamin C. Kandungan mineral dalam pisang seperti potasium, zat besi, kalsium, protein, fosfor juga memberi manfaat yang banyak untuk kulit.

Anda bisa membuat sendiri masker pisang di rumah. Dengan bahan-bahan yang sederhana tetapi memberi manfaat alami untuk wajah. Ayo coba!

Bahan:

Pisang matang, sesuaikan dengan kebutuhan

1 sdm yogurt

Cara Aplikasi:

  1. Lumatkan pisang hingga halus, Anda bisa menggunakan bantuan sendok.
  2. Campur dengan yogurt, aduk hingga rata.
  3. Pada wajah yang sudah dibersihkan, aplikasikan masker. Hindari bagian mata dan mulut. Diamkan selama 20 menit.
  4. Bilas wajah dengan air hangat.
  5. Wajah akan terasa halus dan segar setelah Anda memakai masker ini.

Untuk hasil maksimal, Anda bisa menggunakan masker ini sekali seminggu. Selamat mencoba!

Masker Tomat, Membuat Wajah Putih dan Cerah Alami

Memiliki kulit putih bersih menjadi impian banyak wanita Indonesia. Anda harus berhati-hati, ladies! Banyaknya kosmetik yang mencerahkan dan memutihkan tidak semuanya aman, bahkan yang harganya mahal. Seminggu yang lalu, BPOM mengumumkan 17 kosmetik berbahaya, setelah sebelumnya menemukan kosmetik-kosmetik serupa.

Jika Anda ingin cara alami untuk mencerahkan wajah, Anda bisa menggunakan bahan yang ada di dapur. Tomat adalah salah satu bahan yang bisa Anda gunakan. Dilansir situs eHow, tomat memiliki banyak manfaat, antara lain mengurangi kadar minyak, membantu mengempeskan jerawat, mencerahkan wajah dan mengandung vitamin A, C, E dan mineral untuk menutrisi kulit.

Tidak sulit membuat masker tomat, akan lebih baik jika tomat yang Anda gunakan adalah tomat organik. Yuk coba membuatnya:

Bahan:

1 buah tomat

1 sdt perasan air lemon segar

1 sdm oatmeal

Cara Memakai:

  1. Blender tomat hingga halus. Campur dengan air lemon dan oatmeal.
  2. Tuangkan dalam mangkuk kecil.
  3. Pada wajah yang sudah bersih, oleskan campuran masker pada wajah dan leher. Hindari bagian di sekitar mata.
  4. Diamkan selama 10 menit.
  5. Bilas wajah dengan air hangat.

Anda bisa melakukan perawatan memakai masker alami ini seminggu sekali atau dua minggu sekali. Cantik tidak harus mahal, karena alam selalu memberikan yang terbaik untuk kecantikan dan kesehatan kita.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading