Sukses

Beauty

7 Perawatan Ala Vemale Agar Kaki Halus Mulus

Sering dipakai berjalan, terkena debu, terkena polusi, terkena paparan sinar matahari, kulit kaki tentunya tidak kemudian tetap halus lembut. Pastinya ada kusam, kulit menebal, bahkan pecah-pecah yang membuat Anda merasa tidak nyaman.

Mengatasi hal ini, memang butuh perawatan intens dari Anda, yang bisa dilakukan setiap minggu.

Tidak harus pergi ke salon kok, Anda bisa melakukannya di rumah dengan menggunakan bahan-bahan alami yang ada di dapur Anda. Mungkin Anda hanya perlu membeli beberapa jenis minyak essensial yang memaksimalkan perawatan dan memberikan kelembaban alami yang aman.

Menutup tahun 2013, kami mengemas beberapa artikel perawatan kaki yang sempat kami tulis sepanjang tahun. Inilah 7 perawatan kaki yang bisa mengubah kakimu menjadi cantik dan halus.

 

(vem/bee)

Berapa Tinggi Heels Sepatu Yang Baik Untuk Kesehatan?

Wanita tahu kalau high heels bisa membawa efek negatif bagi mereka, tetapi nyatanya tetap dipakai juga. Dengan alasan penampilan dan tuntutan profesi, tampaknya high heels memang tidak akan pernah ditinggalkan wanita.

Apabila memang tuntutan profesi Anda meminta Anda untuk selalu memakai heels, sebaiknya Anda tahu berapa ukuran heels yang memang aman untuk kaki dan kesehatan Anda.

Yahoo Shine mencatat, bahwa lebih dari 90% wanita yang memakai heels mengaku kaki yang lelah, nyeri, serta bengkak setelah memakai high heels. "Penyebabnya tak lain karena high heels memang tidak menunjang postur kaki dengan baik," kata Philip Vasyli, podiatrist dan founder dari Vionic.

Ketika tumit berada lebih tinggi dari kaki bagian depan, umumnya berat badan akan dibebankan pada ujung kaki bagian depan saja. Inilah mengapa kaki jadi nyeri, lelah, kaku, dan rasanya seperti terbakar saat terlalu lama mengenakan high heels.

Fakta tentang high heels

Anda harus mengetahui terlebih dahulu, fakta-fakta yang terjadi pada tubuh ketika Anda mengenakan heels.

Heels terbaik

Tinggi heels terbaik yang masih bisa ditoleransi oleh kaki adalah 3-5 cm. Pada ketinggian ini, kaki masih merasa nyaman dan nyerinya tidak terlalu membuat Anda kesakitan. Otot-otot kaki juga tidak dipaksa bertahan terlalu lama menahan berat badan.

Rasa panas pada kaki

Rasa panas terbakar pada kaki akan dialami oleh wanita yang berdiri lama dengan mengenakan high heels. Bukan hanya karena bahan sol sepatunya saja, tetapi memang tekanan serta temperatur di dalam sepatu memicu rasa terbakar pada tumit dan kaki.

Lari dengan heels berbahaya

Jangankan berlari, sebenarnya berdiri lama dan berjalan dengan mengenakan heels itu cukup berbahaya. Berlari dapat meningkatkan potensi cedera pada kaki, terutama bagian angkle dan lutut yang dapat menyebabkan arthritis.

25% berat badan dibebankan pada kaki

Kaki Anda menahan 25% berat badan Anda ketika Anda mengenakan high heels yang tingginya lebih dari 5 cm. Semakin berat badan Anda, beban yang harus Anda tahan semakin besar pula.

Kalaupun memang profesi Anda menuntut Anda selalu mengenakan high heels, setidaknya Anda bisa memilih heels yang lebih pendek, atau menukar heels dengan sandal nyaman ketika jam off atau jam istirahat. Sebisa mungkin kurangi waktu pemakaian high heels untuk mencegah masalah pada kaki Anda.

Penyebab Bau Kaki Dan Cara Menanggulangi

Memiliki masalah dengan bau kaki memang tidak enak dan tidak nyaman, apalagi ketika kita sedang melakukan aktivitas dan berkumpul dengan teman. Tentunya, bau kaki kita akan membuat orang lain, bahkan kita sendiri, merasa terganggu dengan aroma yang tidak sedap.

Ada beberapa hal yang menyebabkan bau yang tidak sedap pada kaki. Beberapa penyebab umum adalah 
- keluarnya keringat berlebih yang kemudian diubah menjadi bau oleh bakteri
- tidak rajin merawat dan membersihkan kuku kaki
- menggunakan kaos kaki basah
- memakai sepatu yang tidak pernah dicuci
- adanya luka pada kaki hingga menimbulkan infeksi
- memakai sepatu dengan ukuran terlalu sempit hingga kaki tidak bisa 'bernafas'

Karenanya, perlu penanggulangan yang maksimal untuk mengurangi bau kaki. Tips berikut bisa sangat berguna untuk menghilangkan bau kaki yang bisa mengganggu Anda dalam beraktivitas bersama teman atau keluarga:

Menggunakan sabun anti bakteri
Sabun anti bakteri sangat efektif untuk mengobati bau kaki. Anda juga bisa menggunakan baking soda atau bedak bayi pada sepatu ketika tidak sedang Anda gunakan berkegiatan.

Gunakan kaos kaki yang bersih dan kering
Hindari penggunaan kaos kaki yang sudah lembab. Gunakanlah kaos kaki yang nyaman dan membuat kaki bisa bernafas. Juga, rajin-rajinlah mengganti kaos kaki, jika perlu sehari sekali.

Deodoran semprot
Deodoran semprot juga bisa digunakan untuk menghilangkan atau mengurangi bau kaki. Tapi, gunakan deodoran jika keadaan sudah 'darurat' ya Ladies. Penggunaan deodoran hanya akan menghilangkan bau saat itu saja dan tidak mengatasi sumber masalah pada kaki Anda.

Rendam kaki dengan teh dan lemon
Ini dilakukan untuk mengatasi keringat dan bau kaki, Ladies. Selain menghilangkan bau kaki, juga bisa untuk menjaga kaki tetap cantik dan bersih.

Rawat kuku kaki Anda dan gunakan sepatu kulit
Ini nih yang sering kelupaan! Kuku juga faktor utama bau kaki. Untuk itu, jagalah kebersihan kuku dan gunakan sepatu yang bisa membuat kaki Anda bisa bernafas seperti berbahan kulit atau kanvas.

Nah, semoga info di atas bermanfaat ya!

5 Langkah Mendapatkan Kaki Lembut Dan Mulus

Problema kaki bau, kaki kapalan hingga kaki kasar dan kusam seringkali menjadi salah satu masalah wanita. Suhu dan aktivitas memang bisa membuat kulit kaki kita mudah mengalami perubahan. Bagaimana ya cara mendapatkan kulit kaki yang sehat dan lembut ala model di TV?

Anda bisa kok mendapatkannya sendiri. Kaki yang bersih dan lembut bisa didapatkan bila kita menjaga kebersihan dan kelembutan kaki. Beberapa langkah dengan perawatan sederhana di rumah bisa menjadi cara untuk mengatasi masalah kaki kusam dan kapalan.

Rendam Kaki Dalam Air Hangat

Step pertama, rendam kaki Anda dalam air hangat. Proses ini bisa melunakkan dan merilekskan kaki yang lelah. Lakukan selama 10 menit atau lebih lama. Setelah itu, keringkan dengan handuk.

Gosok Kaki Dengan Irisan Lemon

Lemon mengandung asam yang bisa membantu mengikis sel kulit mati, mencerahkan dan memberi asupan vitamin C. Gosok kaki Anda dengan irisan lemon. Bila ingin hasil yang lebih halus, Anda bisa menggunakan campuran gula untuk scrubbing. Gosok dengan gerakan memutar sehingga sel kulit mati terangkat.

Rendam Kaki Kembali

Setelah itu, gunakan air hangat untuk merendam kaki Anda untuk kedua kalinya. Dengan demikian, sel kulit mati akan pergi dan kaki Anda nampak lebih berkilau sehat. Pada tahap ini Anda bisa memberi garam atau minyak esensial untuk merilekskan kaki. Kaki yang rileks dan lembut juga bisa kelihatan cantik lho. 

Oleskan Lotion

Setelah dibersihkan dengan baik, oleskan lotion pada kaki agar tetap lembab. Lotion yang mengandung banyak pelembab dan vitamin E bisa menjadi nutrisi baik bagi kaki yang baru saja mengalami peeling. Gunakan lotion segera setelah mengeringkan kaki agar nutrisinya mudah meresap dan kelembaban alami kaki bisa terkunci. 

Gunakan Alas Kaki

Sementara, jangan biarkan kaki Anda tanpa sandal atau kaus kaki. Gunakan alas kaki untuk meminimalisir kontak dengan lantai dingin atau tanah kasar. Seminggu kemudian, Anda bisa melihat perubahannya.

Mudah bukan? Kaki yang lembut ala model, kini bisa Anda dapatkan, Ladies.

Masker Susu Alami Untuk Membuat Kaki Lebih Lembut

Kaki adalah bagian tubuh kita yang seringkali rawan mengering dan pecah-pecah. Interaksi dengan lantai dingin, debu dan bakteri akibat keringat, bisa mencuri pesona kecantikan kaki Anda. Kaki jadi tidak indah lagi bila nampak kering, kusam atau terlihat bekas luka akibat gatal dan digaruk.

Nah, ada beberapa jenis masker dari susu yang bisa Anda gunakan untuk membuat kaki jadi bersih, lembut dan sehat. Bahan-bahan yang digunakan aman dan mudah didapat. Mau kaki Anda cantik seperti di iklan lotion? Cobain deh beberapa masker kaki berikut ini.

Masker Susu-Madu Untuk Kaki Lembut Dan Bersih

Campurkan 2-3 sdm susu bubuk sapi dan campur dengan madu hingga menjadi pasta. Oleskan pada bagian punggung dan telapak kaki yang sudah dibersihkan, diamkan selama 15-20 menit. Setelah itu, gosok pasta yang melekat pada kaki untuk membantu mengangkat sel kulit mati. Bilas dengan air hangat kuku. Keringkan kaki Anda dan oleskan lotion setelahnya.

Masker Susu-Zaitun Untuk Kaki Lembab Dan Cantik

Bila kaki Anda kering dan pecah-pecah, mungkin sudah saatnya menggunakan masker untuk kaki Anda. Campurkan 2 sdm susu bubuk dengan air hingga menjadi pasta dan tambahkan minyak zaitun sebanyak 2-3 sdm. Anda juga bisa menggantinya dengan 1/4 cangkir susu pembersih wajah yang diberi 2-3 sdm minyak zaitun.

Oleskan pada kaki yang telah dibersihkan dan diamkan selama 20-30 menit. Kaki yang pecah-pecah dan kusam akan melunak dan kembali bervitalitas. Bilas dengan air dingin dan sabun yang mengandung pelembab agar bersih.

Masker Susu-Cokelat Untuk Kaki Belang

Bagi Anda yang sering naik sepeda motor atau berdiri di bawah terik matahari, biasanya mudah mengalami kulit belang. Cokelat yang kaya akan anti oksidan bisa membantu meregenerasi kulit dan membuatnya cerah kembali. Buat pasta susu cokelat dari susu bubuk, cokelat bubuk, madu dan minyak zaitun.

Oleskan pada kaki yang belang. Diamkan selama 30 menit. Kemudian gosok sisa masker agar membantu mengikis sel kulit mati yang menyebabkan kulit Anda belang. Lakukan perawatan ini 2 kali seminggu selama sebulan. Kaki akan lebih cerah dan lembut.

Merendam Kaki Dalam Air Susu Membuat Kaki Lembut

Selain menggunakan masker di atas, ada satu cara lagi yang bisa membuat kaki Anda lembut. Yaitu merendam kaki di dalam air hangat yang sudah diberi 2 sdm susu bubuk, atau 1 gelas susu cair murni. Rendaman ini bisa dilakukan saat kaki letih atau nampak kusam.

Lakukan selama 15-20 menit dan kaki Anda akan lembut selama berhari-hari. Untuk mempertahankan kecantikannya, gunakan lotion setelah merendam kaki. Jangan lupa untuk membersihkan kaki Anda secara teratur agar kaki Anda selalu nampak bersih dan cantik.

Mengatasi Kaki Kering dan Pecah-Pecah

Kaki kering dan pecah-pecah tak hanya menyerang bagian tumit saja. Terkadang bila Anda amati, bagian telapak kaki juga bernasib sama. Penyebabnya adalah kurang moisturizer serta seringkali terkena paparan sinar UV. Apabila dibiarkan akan menyebabkan rasa sakit saat berjalan bahkan pendarahan.

Terlihat sepele, sebenarnya kaki kering dan pecah-pecah tak boleh dibiarkan begitu saja. Harus diberikan perawatan agar kembali lembab dan lembut.

Penyebab utama kaki kering dan pecah-pecah:

  • Aktivitas berjalan setiap hari
  • Paparan sinar matahari
  • Terlalu lama berdiri
  • Berjalan dengan menggunakan alas kaki yang kurang nyaman dan kurang melindungi
  • Penyakit seperti diabetes, gondong, psioriasis, eksim dan lain sebagainya
  • Kurang minum air putih
  • Usia, yang semakin bertambah maka ketebalannya akan semakin berkurang
  • Kekurangan vitamin dan mineral, seperti zinc

Cara mengatasinya

Tips 1.

Aplikasikan minyak alami, seperti minyak zaitun atau jojoba setiap malam sambil dimassage. Kemudian biarkan dibawa tidur sampai keesokan harinya.

Tips 2.

Gosok dengan menggunakan batu apung setiap tiga hari sekali saat sedang mandi.

Tips 3.

Rendam dengan menggunakan air lemon dan air hangat, kemudian secara lembut gosok menggunakan loofah di bagian keringnya untuk menghilangkan sisa-sisa kulit mati.

Tips 4.

Scrub dengan menggunakan ampas kopi setiap hari sampai mendapatkan kelembaban dan kelembutan yang memuaskan.

Pastikan untuk selalu mengaplikasikan body lotion juga setelah mandi. Dan saat berada di rumah, pakai sandal kamar yang akan membuat kaki tetap nyaman dan terlindungi.

Penyebab Kaki Kering dan Mudah Pecah-Pecah

Kaki yang halus seketika menjadi kering dan pecah-pecah? Pasti sangat mengganggu dan bikin tidak pede saat menggunakan sepatu atau sandal yang terbuka.

Kaki memang bagian tubuh yang paling rentan mengalami pengerasan kulit dan pecah-pecah. Hal ini karena kulit kaki kita berinteraksi dengan lantai lebih sering dan beberapa orang kurang memperhatikan kebersihan dan kesehatan kulit kakinya.

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab kulit kaki mendadak pecah-pecah. Apa saja sih?

Udara Dingin

Saat hawa sedang dingin, pastikan Anda menggunakan body butter atau body balm yang bisa digunakan untuk bagian kaki. Hal ini karena kulit kaki akan mudah kehilangan kelembabannya ketika hawa dingin tiba.

Interaksi Dengan Lantai atau Tanah

Ketika kaki kita bersentuhan dengan lantai maupun tanah tanpa menggunakan alas kaki, kulit kita rawan mengalami penebalan dan pengerasan. Oleh karena itu, lebih disarankan untuk menggunakan alas kaki saat beraktivitas di dalam maupun di luar rumah.

Kurang Kelembaban

Ada pula penyebab yang lain dari kulit kaki yang kering dan pecah-pecah adalah kurangnya kelembaban akibat jarang menggunakan lotion. Pastikan kaki Anda diolesi moisturizer minimal 2 kali sehari untuk membuatnya tetap lembut dan sehat.

Sering Terkena Air

Selain menimbulkan jamur, saat kaki sering terkena air, bila tidak segera diberi lotion maka kaki akan mudah kering dan kusam. Akibatnya kaki menjadi bersisik. Setelah diberi air bersih, segerakan menggunakan lotion agar kelembaban menyerap dengan cepat dan terkunci dengan baik.

Kadar Gula Berlebih

Penyebab lain dari kaki yang pecah-pecah adalah kadar gula yang tinggi dalam tubuh sehingga mengganggu peredaran darah. Akibatnya mudah terjadi kapalan dan kulit pecah-pecah.

Sebisa mungkin gunakan alas kaki dan rajin menggunakan foot cream atau lotion. Jaga kebersihan kaki Anda dan rawatlah secara teratur agar terhindar dari kulit kaki yang pecah-pecah. Selamat merawat kaki cantik Anda, Ladies.

Mengatasi Bau dan Keringat Berlebih Pada Telapak Kaki

Dalam kasus tertentu, ada orang-orang yang dengan mudah berkeringat pada bagian telapak kaki. Kondisi ini normal karena setiap orang lahir dengan jumlah kelenjar keringat yang berbeda. Ada juga yang mudah berkeringat karena masalah psikologis atau penyakit tertentu.

Jika Anda sering berkeringat di bagian kaki atau kaki terasa lembab, hal ini bisa membuat percaya diri menurun, karena kaki yang berkeringat bisa bau jika bercampur bakteri. Rasa lembab di kaki juga tidak nyaman. Untuk mengatasinya, lakukan cara-cara ini!

1. Rendam Dengan Air Garam

Sekali seminggu, rendam kaki dalam campuran 1 liter air hangat dan 60 gram garam laut. Rendaman ini dapat membuat kaki lebih nyaman dan membantu meredakan keringat berlebih.

2. Pakai Bedak Khusus

Untuk mencegah bau kaki, gunakan bedak deodorant khusus kaki. Gunakan sebelum Anda memakai alas kaki atau sebelum memakai kaus kaki setiap hari.

3. Gunakan Kaos Kaki Yang Menyerap Keringat

Memakai kaus kaki adalah pilihan tepat untuk membuat keringat Anda cepat diserap dan tidak memberi kesan gerah dan tidak nyaman.

4. Hindari Alas Kaki Dari Plastik

Alas kaki yang terbuat dari plastik menyulitkan pori-pori kaki bernapas. Pilih sepatu yang terbuat dari kulit atau gunakan alas kaki yang lebih terbuka. Rasa sejuk di kaki akan mengurangi keringat berlebih.

5. Rawat Alas Kaki

Alas kaki yang sudah lama dipakai adalah sarang bakteri yang dapat menyebabkan bau kaki. Cuci alas kaki Anda secara teratur. Jika tidak boleh dicuci, angin-anginkan di lokasi yang hangat tetapi tidak kena matahari langsung agar kelembabannya hilang.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading