Sukses

Beauty

7 Masker Ini Terbukti Ampuh Menghilangkan Bekas Jerawat

Kalau jerawat sudah mengering, terkadang ia meninggalkan bekas berwarna hitam atau cokelat. Sekalipun tidak berbahaya, tetapi ia meninggalkan bekas yang mengganggu dan bikin tidak nyaman.

Tetapi Anda tak perlu khawatir, karena ada cara-cara alami yang bisa membantu mengatasi bekas jerawat dan memudarkannya. Dilakukan dengan telaten, maka bekas jerawat akan perlahan hilang dan kulit kembali mulus serta bersih.

Tak perlu harus memakai cara mahal, Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan di sekitar Anda dan dijadikan masker. Fungsinya, mengikis dan menghilangkan sel kulit mati serta memicu regenerasi kulit.

Berikut adalah masker-masker ampuh yang dirangkum sepanjang 2013 oleh team Vemale untuk mengatasi bekas jerawat.

(vem/bee)

Mencerahkan Kulit Wajah Dengan Masker Nanas

Disebut nanas atau ananas, atau juga nenas. Sebenarnya buah tropis ini berasal dari Brasil, Bolivia dan Paraguay.

Rasa buah ini manis jika sudah matang, dengan ciri-ciri warna yang lebih kekuningan. Punya kandungan air yang cukup banyak sehingga rasanya segar.

Nama Ananas sebenarnya diambil dari istilah anana, yang artinya buah yang sangat baik. Nanas mungkin ditakuti sebagian wanita karena kabarnya dapat meningkatkan jumlah keputihan dan dapat menyebabkan keguguran apabila dikonsumsi berlebihan. Tetapi, sebenarnya seperti namanya, buah nanas punya banyak kelebihan.

Dalam hal kecantikan, sebenarnya nanas bermanfaat untuk memutihkan kulit dan mencerahkannya. Kandungan vitamin C di dalamnyalah yang membuat kulit jadi lebih halus, cerah serta tetap rileks.

Masker nanas ini dapat digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat, membuat warna kulit tidak belang-belang, serta menjadikan kulit yang stres akibat polusi, paparan sinar matahari, jadi lebih rileks.

Bahan masker nanas:

100 gram nanas yang diparut 50 gram mentimun yang diparut 1 sdm madu

Caranya:

  • Campur semua bahan dan aduk hingga mengental
  • Pulaskan pada seluruh bagian wajah dan berbaringlah dalam kondisi rileks. Biarkan masker tersebut mengering alami.
  • Rasanya mungkin agak pedih, namun perlahan Anda akan merasakan wajah jadi lebih segar dan nyaman.
  • Setelah 20-30 menit, bersihkan residu masker dan bilas wajah dengan air dingin.
  • Lakukan masker buah nanas ini setiap minggu sehingga kulit jadi lebih lembut, regenerasi jadi lebih baik serta kulit lebih cerah cemerlang.

Selamat mencoba ya, ladies.

5 Cara Mengatasi Jerawat Dengan Cepat (Yang Membandel Sekalipun)

 Jerawat adalah salah satu masalah yang sangat mengganggu bagi wanita. Ada jerawat yang tiba-tiba muncul saat kita baru bangun tidur, ada juga yang sangat membandel.

Untuk membasmi jerawat yang Anda miliki, Anda perlu tahu jenis jerawat apa yang Anda alami. Jerawat akibat alergi, kulit sensitif, obat-obatan dan hormonal mungkin membutuhkan penanganan khusus. Namun bila jerawat Anda adalah jerawat biasa yang membandel, tak ada salahnya untuk mencoba beberapa trik dari Vemale ini.

Tips ini mudah diterapkan. Cocok untuk Anda yang memiliki jerawat yang mendadak muncul seperti jerawat puber, jerawat akibat makan kacang atau telur, jerawat bekas makeup atau jerawat yang membandel sekalipun. Yuk cobain tips mudahnya.

Bawang Putih

Ambil 1 siung bawang putih besar yang sudah dikupas. Lumatkan. Letakkan pada jerawat selama 20 menit. Meski bawang putih memiliki bau yang menyengat, namun merupakan bahan yang tepat untuk mengatasi bakteri dan menyembuhkan dalam waktu yang cepat.

Balok Es Teh Hijau

Yang ini adalah salah satu tips favorit beauty guru Michelle Phan. Seduh teh hijau hingga warnanya pekat dan kental. Masukkan ke tempat balok es dan bekukan. Anda bisa menggunakan es batu teh hijau ini 2-3 kali sehari. Selain mencegah jerawat kemerahan, juga bisa sebagai astringent. Jerawat akan mengecil dan kulit lebih halus.

Tomat, Tomat dan Tomat

Belah tomat menjadi 2-4 bagian. Kemudian usapkan sari dan dagingnya pada kulit Anda 1-2 kali sehari. Tomat juga berfungsi sebagai astringent. Mampu melindungi kulit dari matahari dan mengandung anti oksidan. Sangat cocok bagi Anda yang sedang mencari cara ampuh mengusir jerawat.

Tepuk-Tepuk Dengan Jus Lemon

Bila jerawat Anda disertai minyak dan bintik hitam, ada baiknya mencoba tips yang satu ini.Ambil perasan lemon 3-4 sendok. Benamkan kapas di dalamnya, peras hingga sarinya keluar. Gunakan kapas basah tersebut untuk menepuk-nepukkan di kulit Anda. Atau bisa juga menggunakannya sebagai kompresan agar wajah mendapatkan suplai vitamin C.

Lemon bisa membantu mengatasi bintik hitam, kulit berjerawat dan berminyak. Lakukan pada sore atau malam hari karena cairan lemon membuat wajah Anda sensitif pada matahari.

Putih Telur

Anda bisa menggunakan masker putih telur yang dioleskan pada area wajah yang berjerawat. Diamkan semalaman dan bilas pada esok harinya. Bila mau, Anda bisa menepukkan sari lemon lebih dulu, kemudian biarkan mengering, baru dilapisi masker putih telur semalaman. Masker ini juga bisa mengatasi bintik hitam di kulit.

Gunakan 5 cara mudah ini untuk mengatasi jerawat yang membandel sekalipun. Hasilnya bisa terlihat dalam 1-3 hari. Say goodbye to pimples and acnes, Ladies.

Cara Mengobati Jerawat Dengan Minyak Cengkeh

Ada alasan besar di balik mahalnya komoditas cengkeh, dan kenapa dahulu kala VOC benar-benar ngotot untuk menanam cengkeh di Indonesia. Ternyata tak hanya digunakan sebagai bahan rokok, cengkeh ini juga banyak manfaatnya.

Salah satu manfaat cengkeh di dunia kecantikan adalah khasiat perawatannya. Bila diolah menjadi minyak, minyak cengkeh ini dapat membantu mengatasi problem kulit, mulai dari alergi, komedo hitam, komedo putih hingga jerawat meradang dan gatal.

Jerawat macam apapun, mulai dari yang jerawat batu, jerawat kemerahan karena hormon juga bisa diatasi dengan minyak cengkeh ini. Dengan aroma wangi dan rasa hangatnya, jerawat akan perlahan kering kemudian sembuh tak meninggalkan bekas.

Cengkeh merupakan tanaman tropis yang berfungsi sebagai analgesik, anti peradangan, antibakteri, antiseptik, dan juga pereda rasa nyeri. Biasa digunakan untuk campuran obat-obatan, si cengkeh ini akan mencegah jerawat semakin parah dan membunuh bakteri penyebab jerawat.

Seperti dikutip dari boldsky, cara menggunakan minyak cengkeh ini mudah, cukup diaplikasikan pada bagian yang berjerawat dan didiamkan semalaman.

Yang perlu Anda tahu dari pemakaian cengkeh ini adalah sebagai berikut:

  • Karena formulanya yang sangat kuat, ia dapat menyebabkan iritasi pada kulit sensitif. Untuk itu disarankan penggunaannya diimbangi dengan formula minyak lain. Dan hanya diaplikasikan di bagian yang meradang saja.
  • Karena dapat menyebabkan terbakar, maka ia harus disimpan di tempat yang dingin. Serta tidak boleh diaplikasikan dengan bahan kimia lain, kecuali minyak alami saja atau air.
  • Minyak cengkeh dapat menyebabkan reaksi alergi, sehingga sebelum digunakan pada wajah, lebih baik gunakan di tangan terlebih dahulu.
  • Minyak cengkeh alami hanya boleh digunakan dengan resep dokter.
  • Tidak boleh diaplikasikan bersamaan dengan krim atau obat lain.

Beberapa bahan yang boleh dicampur dengan minyak cengkeh yaitu: minyak lavender, minyak citrus, tea tree oil, minyak zaitun, dan air.

Jerawat Hilang dan Kulit Mulus Berkat Tea Tree Oil

Bagi wanita, jerawat adalah masalah besar. Meskipun ukurannya kecil dan dapat sembuh dengan sendirinya, jerawat sering membuat tidak pede, apalagi jika meninggalkan bekas. Agar hal ini tidak terjadi, Anda dapat menggunakan tea tree oil.

Apa Itu Tea Tree Oil?

Tea tree oil atau sering disebut dengan melaleuca oil adalah salah satu jenis minyak esensial yang mengandung aroma segar. Biasanya tidak berwarna atau mengarah ke warna kuning pucat. Tea tree oil diambil dari tanaman Camellia sinensis atau Camellia oleifera.

Dalam bidang kecantikan, tea tree oil dikenal sebagai bahan alami yang dapat mengurangi radang pada jerawat. Yang menakjubkan, tea tree oil dapat membuat bekas jerawat tersamarkan, sehingga kulit lebih mulus tanpa bekas jerawat.

Ada banyak jenis tea tree oil yang dapat Anda jumpai di pasaran, biasanya dalam ukuran botol kecil. Yang harus Anda perhatikan adalah cara penggunaannya.

  1. Pada beberapa orang dengan kulit sensitif, tea tree oil dapat menyebabkan alergi. Akan lebih baik jika Anda melakukan tes kecil dengan mengoleskan minyak di belakang bagian telinga. Jika tidak terjadi reaksi alergi, dapat Anda gunakan pada jerawat.
  2. Sebelum memakai tea tree oil, cuci wajah. Keringkan dengan handuk bersih.
  3. Tuang tea tree oil pada cotton bud, oleskan pada bagian wajah yang berjerawat saja.
  4. Tidak perlu Anda bilas, biarkan tea tree oil bekerja semalaman.
  5. Saat pagi atau siang hari, gunakan tea tree oil terlebih dahulu, baru gunakan pelembab, sunscreen dan makeup.

Anda bisa membeli tea tree oil di berbagai toko kosmetik. Selamat mencoba!

Cara Menghilangkan Noda Hitam Wajah Secara Alami

Noda hitam pada wajah dapat disebabkan oleh bekas jerawat, paparan sinar matahari dan penuaan. Noda hitam ini memang tidak membahayakan kesehatan, namun kehadirannya membuat banyak wanita tidak percaya diri.

Untuk melenyapkan si noda hitam, Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami. Memang butuh waktu agak lama, namun risiko pemakaian bahan alami tidak akan merusak kulit. Dilansir WikiHow.com, inilah 4 bahan alami yang bisa Anda pakai.

1. Air Lemon

Perasan air lemon alami sejak dulu dipercaya dapat menghilangkan noda hitam dan mencerahkan kulit. Anda bisa mendapatkan lemon segar di swalayan. Penggunaannya mudah.

  • Iris sedikit bagian lemon, ambil airnya.
  • Oleskan hanya pada bagian noda hitam di wajah.
  • Diamkan selama 10 menit.
  • Bilas dengan air bersih.
  • Lakukan perawatan ini tiga kali dalam seminggu.

2. Cuka Apel

Cuka apel juga merupakan bahan alami yang bisa mengembalikan warna kulit Anda. Yang membuatnya spesial, cuka apel akan melenyapkan noda hitam dengan warna kulit yang sama dengan warna kulit Anda.

  • Ambil beberapa tetes cuka apel dengan bantuan cotton bud atau kapas.
  • Oelskan pada noda hitam.
  • Diamkan selama 10 menit.
  • Bilas dengan air bersih.

3. Bawang Merah

Aromanya memang menyengat dan membuat mata menangis, namun bawang merah memiliki kandungan asam alami yang dapat mencerahkan kulit. Noda hitam juga dapat hilang dengan bantuan bawang merah.

  • Iris bawang berang menjadi bentuk kotak kecil.
  • Oleskan getahnya pada bagian noda hitam.
  • Diamkan selama 10 menit.
  • Bilas dengan air bersih.
  • Lakukan perawatan ini setiap hari.

4. Bawang Putih

Bawang putih pasti ada di dapur Anda. Bawang putih segar juga bisa membantu mengatasi masalah noda hitam pada wajah. Cara memakainya juga mudah.

  • Kupas bawang putih, haluskan.
  • Tempelkan bawang putih pada noda hitam dengan bantuan cotton bud.
  • Diamkan selama 30 menit hingga satu jam.
  • Bilas dengan air bersih.

Silakan pilih perawatan yang Anda suka dan selamat mencoba!

4 Cara Mentimun Hilangkan Noda Hitam di Wajah

Menyebut noda hitam di wajah saja sudah membuat sekian banyak wanita jadi bete. Bagaimana tidak, problem noda hitam di wajah ini bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. Misalnya saja jerawat, terluka, diet yang salah, kekurangan tidur, stres, hingga kondisi kulit yang memang kurang sehat.

Noda hitamnya juga beragam, ada yang di bawah mata, ada yang di area dahi. Membuat wajah jadi terlihat lusuh dan tidak segar lagi.

Mungkin problem yang satu ini lebih berat daripada problem jerawat. Bila jerawat lebih mudah disembuhkan, noda kehitaman ini tak mudah diatasi dan cenderung lama hilangnya. Bahkan, seringkali malah tidak hilang dan membekas begitu saja di kulit wajah.

Cara menghilangkannya ada dua, dengan pergi ke klinik kecantikan dan mendapatkan perawatan di sana, atau dengan rajin memakai mentimun.

Hei, bagaimana cara mentimun menghilangkan noda hitam di wajah?

Ada empat cara yang bisa Anda praktekkan langsung setelah membaca artikel ini. Dan dengan rutin merawat wajah menggunakan mentimun, perlahan noda kehitaman di wajah akan memudar, hilang, jerawat menjadi kering, serta kulit menjadi lebih kenyal dan segar.

Jus mentimun

Cara yang pertama adalah dengan memanfaatkan jus mentimun. Mentimun yang sudah tua dan juicy, dihancurkan menjadi juice kemudian diaplikasikan ke seluruh wajah dengan menggunakan kapas. Lakukan dua kali sehari sebelum mandi untuk menghilangkan noda di wajah dengan efektif.

Parutan mentimun

Anda juga bisa memarutnya dan menambahkan bubuk sandalwood, serta memassage ke seluruh bagian wajah. Diamkan beberapa menit, bilas dengan air dingin. Tak perlu lagi mencucinya dengan sabun, namun pastikan sebelum mengaplikasikan, wajah Anda sudah bersih.

Tepuk-tepuk menggunakan handuk untuk mengeringkannya. Lakukan setidaknya 2-3 hari sekali agar hasilnya maksimal.

Massage mentimun

Potong-potong buah mentimun, kemudian rendam di dalam air es dan es batu selama 5 menit. Massagekan pada seluruh wajah, terutama pada mata untuk membantu merelakskan dan membuat kulit jadi segar kembali. Gerakan massage harus memutar dan merata ke seluruh wajah.

Lakukan setiap hari sebelum tidur, sehingga keesokan hari kulit menjadi lebih lembut.

Membekukan mentimun

Potong mentimun tipis-tipis kemudian letakkan di dalam sebuah wadah. Dinginkan di dalam lemari es, kemudian maskerkan pada wajah setiap hari. Kompres mentimun ini akan membantu menyegarkan wajah dengan cara sederhananya.

Lakukan trik di atas dengan rutin agar hasilnya bisa Anda nikmati. Memang tidak bisa menunjukkan hasil yang instan, tetapi setidaknya bila dilakukan setiap hari, maka dalam seminggu Anda akan melihat bedanya. 

Menghilangkan Noda Jerawat Secara Alami Dengan Kunyit

Munculnya jerawat memang menjengkelkan, lebih menjengkelkan lagi noda yang ditimbulkan. Noda jerawat yang membandel seringkali membuat pusing karena sulit dihilangkan. Mau pakai produk penghilang noda tapi takut efek sampingnya? Anda bisa mencoba bahan alami yang lebih ramah di kulit.

Salah satu bahan alami tersebut adalah kunyit. Bahan memasak ini sering digunakan untuk membuat kari dan masakan rempah lainnya. Sudah pasti mudah didapat di pasar tradisional dan murah. Akan lebih bagus jika Anda membeli kunyit bubuk.

Kunyit sudah lama digunakan oleh wanita Indonesia di masa kerajaan untuk menjaga kehalusan kulit mereka. Memang membutuhkan waktu yang lebih lama untuk melihat hasil kerja kunyit, tetapi bahan alami lebih ramah di kulit dan jarang menimbulkan reaksi efek samping.

Untuk menghilangkan bekas noda, inilah yang Anda butuhkan:

¼ sdt kunyit bubuk

¼ sdt susu cair, lebih baik susu sapi segar

¼ sdt perasan air lemon

  • Ukuran bisa Anda sesuainya sesuai kebutuhan dengan perbandingan 1:1:1.
  • Campur semua bahan menjadi satu dan berbentuk pasta, lalu oleskan di bagian kulit bernoda.
  • Tunggu hingga 15 menit, bilas dengan air bersih.

Perawatan ini bisa Anda lakukan seminggu sekali. Jika mau, Anda bisa menggunakan bahan lebih banyak dengan perbandingan sama untuk digunakan sebagai masker wajah atau scrub tubuh. Selamat mencoba!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading