Sukses

Beauty

Umur Sudah Lebih Dari 20 Tahun Kok Masih Jerawatan?

Sejak mengalami masa pubertas, kita mulai kenal dengan berbagai masalah kulit. Kulit yang tadinya mulus tiba-tiba berminyak dan berjerawat. Katanya sih.. kalau sudah lewat masa remaja, masalah ini bisa hilang sendiri.

Tapi.. usia sudah lebih dari 20 tahun kok masih sering jerawatan? Bahkan di luar siklus menstruasi, jerawat sering datang mengganggu. Jerawat ini sering memerah dan meradang di luar masa menstruasi atau PMS. Kira-kira penyebabnya apa ya?

Dilansir oleh Reader's Digest, wanita yang sudah berusia dewasa tetap punya potensi untuk memiliki jerawat, dengan jumlah yang jauh lebih sedikit dibanding masa remaja. Usia 20 hingga 35 tahun masih akan diwarnai jerawat yang disebabkan hormon.

Bahkan sebuah survey menunjukkan bahwa wanita usia 40 hingga 60 tahun masih ada yang mengalami masalah jerawat. Beberapa penyebab masalah jerawat pada wanita dewasa antara lain:

  • Menstruasi
  • Stres
  • Kehamilan
  • Menopause

Bagaimana Cara Mengurangi Jerawat Dewasa?

Bersihkan wajah teratur. Biasanya wanita dewasa lebih banyak memakai makeup dan ada yang malas membersihkan wajah sebelum tidur. Tumpukan sisa makeup dan kotoran akan memperparah kondisi jerawat yang disebabkan hormon. Karena itu bersihkan wajah teratur sebelum tidur.

Gunakan obat jerawat. Jangan biasakan memegang atau memencet jerawat, hal itu justru akan memperparah kondisi jerawat. Gunakan obat jerawat berbentuk krim atau lotion. Krim yang ampuh biasanya mengandung benzoyl peroxide atau salicylic acids.

Kunjungi dokter kulit. Jika masalah jerawat sering muncul di luar masa menstruasi atau hal-hal yang kami sebutkan di atas, segera kunjungi dokter kulit. Ada banyak kasus wanita berjerawat karena disebabkan kutu yang hanya bisa dilihat melalui mikroskop. Untuk memastikannya, kunjungi dokter kulit Anda.

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading