Sukses

Beauty

Atasi Jerawat Yang Tumbuh Karena Hormon

Biasanya sih kulit Anda halus mulus, tetapi ada waktu-waktu tertentu di mana hormon membuat jerawat muncul di mana-mana.

Jerawat yang muncul karena hormon, biasanya ukurannya besar dan meradang. Ada rasa gatal serta tak nyaman, bahkan nyeri atau menyebabkan sakit kepala berhari-hari.

Yang menyebalkan lagi, terkadang obat jerawat yang biasa Anda pakai juga efeknya lama. Tidak dengan mudah dan ampuh dapat mengobati jerawat serta menyingkirkannya. Bagaimana cara mengobati jerawat yang tumbuh karena hormon?

Jangan makan junk food

Apapun alasannya, hindari junk food sepanjang bulan untuk mencegah jerawat hormon ini tumbuh. Apabila dia terlanjur muncul, peroleh asupan gula terutama dari buah-buahan atau sayuran saja. Lebih baik hindari makanan-makanan manis seperti permen, cake, biskuit, cokelat susu, dan lain sebagainya.

Disiplin menjalankannya, Anda akan tahu kok seberapa besar hasilnya bagi Anda. Dan pastinya kulit Anda akan jauh berbeda tampilannya, lebih segar dan kenyal.

Mencegah lebih baik daripada mengobati

Salah satu cara yang paling efektif adalah mencegahnya. Sebelum jerawat muncul, berikan perawatan-perawatan terbaik, entah itu masker buah atau menggunakan bahan-bahan skincare yang mengandung salicylic acid.

Atasi dengan mengonsumsi suplemen

Selain makanan sehat, mengonsumsi suplemen pendukung sangatlah penting. Misalnya saja spirulina, klorofil, zinc, minyak ikan, untuk membantu regenerasi kulit dan penyembuhan jerawat yang lebih efektif.

Rajin membersihkan wajah

Mudah sekali kok, rahasianya adalah rajin membersihkan wajah, sesudah berkegiatan di luar dan sebelum tidur. Tetapi, tak banyak wanita yang memang disiplin membersihkan wajah sebelum tidur. Apalagi masih ada sisa makeup di sana, rasanya lebih berat keinginan memeluk bantal ketimbang jalan mengambil makeup remover dan kemudian mencuci wajah dengan sabun. Hayooo siapa yang sering melakukannya?

Minum green tea

Kebiasaan minum green tea ini membantu banyak wanita merasa rileks dan memetik manfaat kulit yang cantik. Teh hijau telah terbukti membantu meningkatkan kolagen, mencegah peradangan serta menyeimbangkan hormon.

Konsumsi probiotik

Probiotik adalah bakteri baik yang membantu tubuh menyerap nutrisi lebih baik, serta mencegah bakteri jerawat menginfeksi kulit Anda. Probiotik juga mengurangi jumlah sebum yang dapat menyumbat pori-pori.

Minum air putih

Air putih membantu mendetoks tubuh dan mengeluarkan racun-racun dari dalam tubuh. Selain itu, ia juga membuat kulit tetap terjaga kelembabannya. Sekali lagi kami mengingatkan Anda untuk selalu mengonsumsi air putih setidaknya 8-10 gelas setiap hari.

Tidur cukup

Cukupkan tidur Anda agar tubuh punya banyak waktu meregenerasi kulit serta memulihkan energi pada tubuh. Sebaiknya jangan sering begadang karena saat tubuh lelah, ia akan terlihat melalui tampilan kulit. Dan salah satunya menyebabkan kulit mudah terkena jerawat.

Jangan dikopek

Rasanya asyik kan saat sedang melakukan sebuah kegiatan, jemari Anda bergerilya mengopek jerawat. Kebiasaan buruk ini akan membuat jerawat semakin parah kondisinya. Dan tentu saja harus dihentikan.

Jangan lupa juga untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dengan memperbanyak asupan buah-buahan segar. Kandungan vitamin A dan C dalam buah-buahan niscaya akan membantu penyembuhan jerawat lebih cepat, dan membuat kulit lebih sehat.

 (vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading