Sukses

Beauty

5 Bahaya Tersembunyi di Salon Kecantikan

Gemar pergi ke salon untuk merapikan rambut atau treatment? Salon memang pada umumnya dijalankan oleh para profesional yang telah belajar dan punya banyak pengalaman soal rambut.

Anda bisa mempercayakan perawatan, dan style rambut kepada hair stylist dan keluar dari salon dengan hati riang karena rambut baru Anda. Tetapi, ada beberapa hal yang tetap Anda perhatikan, karena bukan kebahagiaan saja yang ikut keluar bersamaan dengan rambut baru itu. Ada bahaya yang mengancam dan seringkali tak Anda sadari ketika sedang nyalon.

Sampo sink

Biasanya Anda akan ditawari keramas terlebih dahulu sebelum melakukan treatment atau potong rambut. Hal ini sebenarnya tidak ada salahnya, karena memang lebih baik rambut dipastikan dalam kondisi bersih agar lebih mudah dirapikan.

Tetapi, ternyata shampo sink ini tidak selalu bersih dan bahkan rawan pertukaran bakteri dengan orang lain. Sampo sink tidak selalu dibersihkan setiap kali dipakai. Setiap hari akan dipakai bergantian dari satu orang ke orang yang lain. Inilah sebabnya, sepulang dari salon Anda tidak akan menyadari kalau mendadak Anda flu atau gatal-gatal.

Alat styling rambut

Blow dryer juga merupakan salah satu alat styling rambut yang bisa menukarkan bakteri dari rambut satu ke rambut lainnya. Pada sebagian besar salon profesional, mereka akan melakukan sterilisasi blow dryer sebelum dipakai.

Bahkan, ada beberapa aturan yang mengharuskan untuk melakukan disinfektan terlebih dahulu agar tidak ada bakteri berbahaya yang ditularkan dari satu orang ke orang lain.

Bahan kimia

Bahan kimia yang digunakan untuk perawatan rambut tak sedikit yang ternyata mengandung formalin, dan lain sebagainya. Ada beberapa aturan yang mengharuskan pekerja salon mengenakan masker dan sarung tangan. Alasannya adalah agar tidak terkontaminasi bahan kimia yang bisa berbahaya.

Tetapi bagaimana dengan Anda? Apakah Anda juga akan diperkenankan memakai masker? Bisa ya bisa tidak. Sebagian besar salon akan menganggap hal ini aman-aman saja, padahal aroma dari bahan kimia tersebut dapat mengganggu kesehatan Anda.

Inilah pentingnya memilih salon profesional dan produk-produk aman untuk rambut agar bahan kimia berbahaya bisa dihindari.

Kurang ventilasi

Tak sedikit juga lho salon yang ventilasi udaranya kurang. Berbekal dua cermin dan dua kursi saja, sebuah rumah bisa disulap menjadi salon. Sayangnya tak banyak yang memperhatikan kehadiran ventilasi di sini. Udara di dalam ruanganpun nyaris sulit bergerak dan berganti.

Akibatnya, saat bahan kimia tertentu diaplikasikan, aromanya akan mengitari ruangan dan tak sengaja dihirup oleh paru-paru. Apabila bahan tersebut kemudian berbahaya, ia dapat memicu asma, batuk, sesak nafas, alergi, atau penyakit lainnya.

Gunting

Gunting yang dipakai hairstylist untuk merapikan rambut orang lain juga dipakai untuk merapikan rambut Anda. Tetapi, adakah jaminan bahwa gunting tersebut steril dan bersih?

Nah, inilah alasan kenapa hairstylist juga perlu tahu bahwa sangatlah penting untuk mensterilkan alat-alatnya, terutama gunting sebelum dipakai untuk merapikan rambut customernya.

 (vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading