Sukses

Beauty

Kulit Cantik Tidak Harus Putih, Yang Penting Sehat

Saat ini banyak sekali beredar produk-produk kecantikan yang mengandung pemutih. Hal itu tidak lepas dari konsep yang beredar di masyarakat bahwa cantik itu identik dengan putih. Padahal, sebenarnya tidak hanya wanita berkulit putih yang bisa memancarkan kecantikannya.

Sepertinya kita harus beralih pada konsep bahwa kulit yang cantik adalah kulit yang sehat. Coba bayangkan jika seorang wanita berkulit putih namun kulitnya kering, pecah-pecah dan banyak flek, masihkah ia nampak cantik? Beda halnya jika seseorang berkulit agak gelap, tapi sehat dan terawat. Maka dari itu, berikut akan diberikan tips untuk mendapatkan kulit sehat yang akan membuat Anda tampak semakin cantik seperti dilansir dari situs MayoClinic.

Lindungi kulit Anda dari matahari

Terlalu banyak terkena cahaya matahari dapat membuat kulit Anda tidak sehat. Beberapa akibatnya adalah kulit menjadi keriput dan munculnya flek-flek hitam. Selain itu, terlalu lama terkena sinar matahari dapat membuat kulit Anda berisiko terkena kanker. Anda dapat mengurangi intensitas terkena cahaya matahari dengan memakai lotion atau sunscreen, mencari tempat yang teduh dan menggunakan baju yang panjang.

Tidak merokok

Merokok dapat membuat kerutan di kulit Anda dan membuat Anda nampak lebih tua. Rokok ternyata bisa merusak pembuluh darah di dalam kulit yang menghambat aliran di dalamnya. Hal tersebut membuat kulit Anda kekurangan oksigen dan nutrisi. Selain itu, rokok juga bisa merusak kolagen dan elastin yang bertugas menjaga kulit Anda tetap kencang dan kuat.

Saat mulut Anda mengatup untuk menghirup rokok dan ekspresi memercingkan mata saat terkena asap juga semakin menambah kerutan di wajah Anda. Satu-satunya cara mendapatkan kulit yang sehat adalah berhenti merokok. Coba konsultasikan pada dokter untuk membantu Anda berhenti dari merokok.

Rawat kulit Anda dengan lembut

Berendam air panas dan mandi terlalu lama dapat mengurangi kelembaban kulit. Jika ingin relaksasi, lebih baik gunakan air hangat, bukan air panas untuk membantu Anda menjaga kulit tetap lembab. Selain itu, cara lain menjaga kelembaban kulit adalah dengan menggunakan sabun yang lembut.

Jika ingin mencukur bulu atau rambut, sebaiknya Anda menggunakan krim, lotion atau gel sebelum melakukannya. Jangan menggunakan alat cukur yang tidak tajam karena akan melukai kulit Anda. Selain itu, jika mencukur, lakukan searah dengan arah tumbuhnya rambut, bukan sebaliknya. Jika ingin mengeringkan kulit Anda, cukup dengan menepuk-nepuknya agar kulit Anda tidak menjadi terlalu kering. Jika kulit Anda terasa kering, sebaiknya gunakan lotion untuk melembabkannya.

Makan makanan sehat

Mengonsumsi makanan yang sehat dapat membuat Anda terlihat lebih cantik. Hal tersebut karena tubuh Anda terasa segar dan Anda lebih bersemangat. Selain itu, kulit Anda akan nampak lebih bersih, cerah dan sehat. Konsumsilah buah, sayur, serta makanan yang kaya protein. Penelitian membuktikan bahwa makanan yang mengandung Vitamin C, dan rendah lemak yang tak sehat dapat membuat Anda tampak lebih muda.

Kontrol stress Anda

Stress dapat membuat kulit Anda sensitif yang menyebabkan timbulnya jerawat serta masalah kulit lainnya. Untuk mengurangi hal ini, cobalah untuk lebih rileks dan menikmati waktu Anda dengan melakukan hal-hal yang Anda senangi.

Dengan perawatan di atas, kulit Anda akan nampak lebih menawan. Dengan kulit yang lembab, tidak berkerut dan tidak berjerawat, kulit Anda akan tampak sempurna. Jika kulit Anda putih, namun tidak memiliki ciri-ciri tersebut, nampaknya kecantikannya belum terpancar maksimal. Jadi, hal terpenting bagi kulit Anda adalah kesehatannya yang harus dijaga.

(vem/ris/and)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading