Sukses

Beauty

Kenali Dua Tipe Jerawat dan Cara Pengobatannya

Apa yang sebenarnya Anda ketahui tentang jerawat? Iya benar, peradangan yang muncul di kulit wajah atau kulit bagian tubuh lain yang tampak seperti benjolan kemerahan. Tak jarang di dalamnya berisi nanah yang membuatnya seperti gunung berapi yang siap memuntahkan laharnya, dan inilah jerawat yang cukup bandel dan membutuhkan penanganan tepat, bukan malah dipencet.

Banyak hal yang mungkin belum Anda ketahui soal jerawat. Seperti, jenis jerawat yang sebenarnya dibagi menjadi dua jenis.

Dikutip dari Dailymakeover, dikatakan bahwa sebenarnya ada dua jenis jerawat. Apa sajakah itu?

Jerawat non-inflammatory

Adalah jenis jerawat yang tidak meradang, demikian kata Dr. Eric Schweiger, seorang ahli dermatologi yang mendirikan Clear Clinic.

Jerawat jenis ini seringkali disebut sebagai komedo, yang terdiri dari komedo hitam dan komedo putih. Bersembunyi di balik pori-pori dan apabila dibiarkan dapat memicu tumbuhnya jerawat meradang.

Komedo hitam

Jenis komedo ini terjadi apabila pori-pori dalam keadaan terbuka kemudian disumbat oleh minyak, kulit mati, bakteri, debu, namun ditinggalkan terbuka begitu saja. Karena terkontaminasi oksigen, kemudian warnanya menjadi kehitaman.

Komedo putih

Adalah jenis komedo yang terdapat di dalam pori-pori tertutup. Warnanya putih dan cenderung memicu peradangan.

Jerawat inflammatory

Adalah jenis jerawat yang kerap menjadi musuh Anda dan terkadang meninggalkan bekas luka. Saat meradang dan kemerahan, rasanya akan tidak nyaman, bahkan dapat meninggalkan rasa pusing.

Jerawat jenis ini tidak boleh sembarangan dipencet. Salah aplikasi, malah si jerawat bisa semakin parah kondisinya. Alhasil, ia bisa menular ke mana-mana lho.

Pustules

Adalah jenis jerawat meradang yang warnanya kemerahan, dan ada bagian nanah yang nongol di ujung dan disebut sebagai pustule. Rasanya gatal karena ada bakteri yang mengganggu area tersebut. Apabila digaruk, maka ia bisa lebih meradang dan menyebabkan bekas luka.

Papules

Adalah jenis jerawat meradang yang warnanya kemerahan, tanpa ada terlihat nanah di sana.

Cystic acne

Adalah jenis jerawat yang paling sering ditemui. Ukurannya cenderung besar, dia meradang dan bersembunyi di balik kulit. Sekali muncul, ia bisa bertahan berminggu-minggu hingga berbulan-bulan di sana.

Membersihkan dan merawat jerawat tentunya harus disesuaikan dengan jenisnya. Tidak sembarangan bisa dipencet, tidak bisa sembarangan dibersihkan.

Untuk jenis komedo, disarankan memang dibantu keluar agar tidak menimbulkan jerawat meradang.

Soal pengobatan, sebenarnya cenderung sama. Anda bisa mencari obat jerawat yang mengandung salicylic acid, benzoyl peroxide, sulfur, tea tree oil, dan lain sebagainya. Untuk bekas jerawat yang parah, disarankan memakai perawatan light blue therapy atau terapi laser. [initial]

BACA JUGA:

Gara-Gara Obat Jerawat, Wanita Ini Tak Jadi Punya Anak

Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Putih Telur

Sembuhkan Jerawat Bandel Pakai Tea Tree Oil

Fakta Tentang Komedo

Ciri-Ciri Jerawat Yang Disebabkan Stres

Udaranya Dingin Tapi Kok Malah Jerawatan?

Kulit Cantik Tanpa Makeup Dalam Empat Langkah

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading