Sukses

Beauty

Bagaimana Cara Memilih Concealer Terbaik Untuk Setiap Permasalahan Kulit Wajah?

Tak dapat dipungkiri kita semua punya satu hal yang kita kurang puas dengan wajah kita dan ingin ditutupi. Dari bekas jerawat hingga flek akibat matahari dan lingkaran hitam karena begadang. Concealer merupakan hal penting yang wajib kita milki dalam koleksi makeup kita karena bisa membantu kita “menutupi” kekurangan tersebut. Tetapi concealer memiliki pro dan kontra, salah-salah pemakaian dan pemilihan jenis malah akan memberikan hasil yang berlawanan dengan keinginan kita. Berikut ini beberapa langkah dalam memilih concealer sesuai dengan kebutuhan kamu.

1. Cari concealer yang akan bekerja untuk setiap masalah kulit

Mengapa hal ini penting? Concealer memiliki konsistensi, warna dan fungsi berbeda. Konsistensi concealer yang paling kita sering jumpai adalah cair, krim dan stick. Seperti contohnya, untuk masalah kantung mata gunakan concealer degan konsistensi agak padat seperti krim sedangkan untuk area bawah mata yang disertai dengan keriput dapan menggunakan concealer dengan tekstur cair.

2. Memilih concealer untuk jerawat

Butuh percobaan yang cukup banyak untuk menemukan concealer yang tepat untuk menutup jerawat yang sesuai dengan kamu. Namun kuncinya hindari pemakaian concealer berlebihan pada jerawat – maksud untuk menutup jerawat malah hanyak akan menonjolkannya. Gunakan concealer pada area berjerawat tipis-tipis dengan menepukannya menggunakan jari kelingking. Tektur concealer krim akan membantu memudarkan jerawat dengan lebih baik dan tidak mudah lumer dibandingkan dengan concealer cair. Baca juga artikel tersebut tentang penggunaan makeup untuk menyamarkan penampakan jerawat.

3. Menyamarkan bekas jerawat

Dapat menggunakan concealer berwarna peach untuk menetralkan warna bekas jerawat. Jangan lupa untuk menggunakan foundation  atau concealer senada dengan warna kulit untuk “meratakan” warna kulit.

4. Noda gelap atau flek

Selain penggunaan concealer, untuk mengatasi noda gelap di wajah tentunya tetap haru dirawat dengan skincare yang tepat agar tidak makin buruk. Pemakaian concealer dengan warna senada dengan kulit sudah cukup menutupinya. Ingat untuk menggunakan tipis-tipis!

5. Area yang memerah

Kebanyakan orang mengalami kulit yang memerah di sekitar hidung dan mulut. Hal tersebut dapat ditutupi dengan menggunakan concealer senada dengan kulit dan bertekstur cair agar tidak cakey. Namun apabila area tersebut terlihat sangat kemerahan, dapat menggunakan concealer warna hijau untuk menetralkan warna kemerahan tersebut dan kemudian dilanjutkan dengan menggunakan foundation atau concealer dengan warna senada dengan kulit.

6. Kantong mata hitam

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin pertama, lingkaran hitam atau kantong mata hitam pada bawah mata dapat disamarkan dengan menggunakan concealer dengan formula “halus” yang mudah dibaurkan. Gunakan warna peach untuk menetralkan warna hitam atau kuning untuk mencerahkan mata. Penggunaan yang tepat sangatlah penting untuk mendapatkan hasil tidak berlebihan. Hindari menggunakan concealer dengan warna terlalu terang karena hanya akan membuat penampilan lebih tua.

7. Menutupi Tatto

Makeup untuk special effect dan semacamnya biasanya membutuhkan concealer dengan kemampuan super – bentuknya krim yang sangat pekat dan memberikan hasil full coverage dengan hasil akhir matte dan opak. Biasanya digunakan untuk keperluan shooting. Untuk memberikan kesan lebih dewy dapat tambahkan sedikit pelembap sebelum menggunakannya.

8. Menyamarkan penampakan keriput

Penggunaan concealer mungkin tidak mampu menghilangkan keriput, namun dapat menyamarkan warna merata pada keriput sehingga mengesankan memperhalus garis-garisnya. Untuk memaksimalkannya, gunakan primer yang dapat mengisi garis-garis halus sehingga pemakaian concealer lebih maksimal. Ingin tahu lebih lanjut mengenai primer? Baca selengkapnya di sini.

[initial]

(vem/bti/dyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading