Kulit Kesat Setelah Mandi Tanda Kulit Kering, Bukan Bersih

Sabtu, 31 Agustus 2013 08:30



(c) shutterstock

Vemale.com - Banyak wanita salah mengira bahwa kulit yang kesat setelah mandi berarti bersih. Well, kulit Anda tidak sama dengan piring, kulit Anda butuh kelembaban. Jika Anda merasa kulit kesat setelah mandi, waspadalah, karena itu adalah sinyal bahwa kulit Anda kering.

Setelah mandi, kulit terasa segar, apalagi ada efek kesat di kulit. Jangan bangga dulu, karena kulit kesat sebenarnya adalah sinyal bahwa kulit membutuhkan pelembab. Anda pasti sudah tahu bahwa mandi dapat mengurangi kelembaban alami kulit. Teori bahwa kulit kesat sama dengan bersih sebenarnya tidak terlalu tepat.

Mandi yang tepat adalah membuat kulit bersih tanpa mengurangi kelembaban alaminya. Bagaimana caranya? Inilah tips yang bisa Anda lakukan:

Mandi dengan sabun yang melembabkan

Pilih sabun mandi yang sesuai dengan pH tubuh, sekitar 5 hingga 6,5. Padahal, sabun mandi yang banyak beredar memiliki pH lebih dari 7. Akibatnya, tubuh memang bersih dan kesat, tetapi kelembaban alami hilang. Pilih sabun yang memiliki kandungan pelembab, sehingga pH kulit terjaga.

Hindari mandi dengan air hangat

Air hangat dapat mengikis kelembaban alami kulit. Karena itu, jika Anda tidak sakit atau tidak terlalu malam untuk mandi, gunakan air dingin. Air dingin lebih mampu menjaga kelembaban kulit Anda.

Jangan gosok handuk terlalu kencang

Santai saja saat mengeringkan tubuh dengan handuk. Tekan-tekan handuk di seluruh tubuh hingga tidak ada air yang tersisa. Hindari kebiasaan menggosok tubuh dengan handuk, apalagi menggosok terlalu semangat. Kulit yang basah lebih rapuh sehingga akan semakin kering bahkan mengelupas halus jika digosok terlalu keras.

Segera pakai pelembab tubuh

Setelah selesai mandi, dalam kondisi lembab, gunakan pelembab di seluruh bagian tubuh. Jangan lupa beri pelembab lebih di area yang mudah kering, misalnya ujung siku dan lutut. Tetap gunakan pelembab pada bagian tubuh yang tertutup pakaian.

Mudah bukan? Dengan tips di atas, kulit lebih lembut dan ucapkan selamat tinggal pada kulit bersisik. (vem/yel)

BACA JUGA:

Cara Mengatasi Kulit Kering dan Bersisik

Masker Madu Hangat Untuk Menjaga Kelembutan Kulit

Menghilangkan Noda Jerawat Secara Alami Dengan Kunyit

Mengatasi Komedo Dengan Masker Tomat Alami

Bayi Perempuan Ini Lahir Dengan Berat 5,5 Kg








ARTIKEL TERKAIT - CANTIK
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Leo

18 Agustus - 24 Agustus
Ada beberapa kejadian kurang menyenangkan yang akan membuat Anda sedikit down...