Sukses

Beauty

5 Mitos Soal Membersihkan Wajah

Ada yang bilang membersihkan wajah harus begini, ada yang bilang yang benar adalah begitu. Terkadang jadi bingung ya, mana yang harus diikuti, karena tips dan trik begitu banyak, dan datang dari orang yang berbeda-beda.

Benar atau tidaknya, Anda bisa mengetahui dengan membaca info sebanyak-banyaknya. Check lagi kebenarannya, karena ternyata seringkali tips tersebut cuma mitos. Agar Anda tak sesat dalam merawat wajah, kenali beberapa mitos yang sering beredar di antara wanita berikut ini:

Satu langkah deep cleansing

Karena menganggap sabun muka sudah deep cleansing, maka membersihkan muka cukup sekali. Nah, mitos ini kurang benar, ladies. Membersihkan muka, sekalipun ada label deep cleansing, tetaplah tidak bisa maksimal dengan satu langkah saja. Rangkaian memakai cleanser, facial wash, toner, adalah langkah yang disarankan dilakukan untuk mendapatkan kulit yang benar-benar bersih.

"Bersihkan makeup terlebih dahulu sebelum mencuci wajah dengan facial foam," ungkap Montclair, seperti dikutip dari Yahoo Shine.

Kebanyakan cleanser tidak dapat membersihkan secara total makeup yang menempel pada wajah. Apalagi seperti concealer dan foundation, yang umumnya dibuat melekat erat. Disarankan pula agar memakai pembersih wajah yang mengandung minyak untuk mengangkat sisa makeup.

Cuma boleh dua kali sehari

Mencuci wajah dengan sabun kabarnya cuma boleh dilakukan dua kali sehari saja. Tetapi, tips ini kurang efektif untuk mereka yang punya problem kulit berminyak dan seringkali beraktivitas di luar ruangan. Apabila wajah dalam keadaan kotor, maka memang disarankan segera mencuci dengan sabun sehingga bakteri tidak berkembang biak di sana.

Pakai sikat agar kulit selalu bersih

Exfoliasi agresif yang dilakukan setiap hari justru malah dapat merusak kondisi kulit. Kulit akan terluka dan mudah sekali terjadi infeksi.

Tak heran apabila kulit kemudian muncul jerawat meradang yang kemerahan dan terasa sakit.

Selalu beli yang bermerk dan mahal

Pepatah ada harga ada rupa tak selalu berfungsi di mana saja. Contohnya saat memilih produk perawatan kulit, terkadang produk-produk mahal juga tidak selalu cocok di kulit, dan malah menimbulkan masalah pada kulit. Jadi, untuk memilih produk kosmetik atau perawatan wajah, sesuaikan saja dengan kebutuhan dan jenis kulit Anda.

Toner beralkohol membersihkan lebih maksimal

Salah. Kandungan alkohol di dalam toner lebih berfungsi untuk menjaga agar aroma toner lebih tahan lama, serta malah membuat kulit jadi kering dan mudah iritasi. Bahkan apabila diaplikasikan pada kulit berminyak, rasanya kulit akan menjadi kering serta jerawat justru makin meradang.

Tak semua yang Anda dengar itu selalu benar. Selalu check and re-check kebenarannya dengan membuka mata dan telinga akan informasi-informasi baru. [initial]

BACA JUGA:

Cara Mudah Deteksi Kerutan Dengan Aplikasi Handphone

Pengalaman Facial di Butik SAMPAR, Anda Harus Coba!

6 Kesalahan Perawatan Kulit Yang Sering Dilakukan Wanita

4 Hal Yang Harus Diperhatikan Jika Kulitmu Sensitif

Relaksasi dan Kencangkan Kulit Dengan 5 Masker Ini

Tips Agar Lipstik Tidak Menempel di Gigi

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading