Kupas Habis Pengelupasan Kulit

Selasa, 19 Januari 2010 07:20



(c)allaboutyou.com Vemale.com - Proses pengelupasan kulit atau yang lebih dikenal dengan istilah exfoliating ternyata memiliki beragam manfaat positif bagi kulit, baik pada wajah maupun tubuh. Seperti yang kita ketahui bersama, kemampuan fungsi tubuh makin menurun seiring bertambahnya usia, maka hal yang sama juga terjadi pada kulit.

Bagaimana cara kita merangsang lahirnya kulit baru?

Ada dua cara yang kerap dipakai untuk membuat kulit terkelupas, manual atau dengan obat-obatan (cara kimiawi). Cara manual melibatkan alat untuk menggosok dan merontokkan lapisan sel kulit mati, sedangkan obat-obatan bekerja dari dalam kulit sehingga tidak perlu menggosok secara manual.

Bagi Anda yang lebih menyukai teknik manual, ada baiknya Anda memperhatikan alat gosok yang dipakai agar tidak kasar dan tajam supaya kulit tidak luka. Sebab tidak diperlukan usaha yang begitu keras untuk merontokkan lapisan kulit mati. Jadi gunakan sentuhan ringan saja saat menggosok.

Namun, jika Anda lebih suka memakai cara kimiawi, maka pilihlah produk yang mengandung alpha (atau beta) hydroxy acids untuk proses pengelupasan yang lebih dalam. Bagi yang berkulit sensitif, pilih produk yang mengandung enzim buah-buahan, seperti nanas, pepaya, atau labu.[break]

Kapan?

Seminggu sekali adalah waktu yang cukup untuk kulit wajah, sebab jika dilakukan lebih malah akan menjadikan kulit kering dan rusak. Sementara untuk badan, Anda bisa melakukannya antara dua hingga tiga kali dalam seminggu. Jika Anda tak mempunyai alat gosoknya, maka Anda bisa menggunakan garam atau gula.

Mengapa penting?

Karena bisa membantu merontokkan sel kulit mati. Seperti yang kita bahas di atas, semakin usia bertambah, kemampuan kulit untuk beregenerasi semakin berkurang. Untuk itu, kita perlu membantu kulit dengan melakukan exfoliating setiap minggunya.

Selain itu, proses ini juga bisa menstimulasi lapisan kulit dermal. Pengelupasan kulit dipercaya merupakan kunci untuk mencapai kesehatan dan kecantikan optimal kulit. Saat kulit dikelupas, maka hal ini merangsang kulit lapisan terluar untuk beregenerasi lebih cepat.

Menjadikan kulit tampak halus bersinar merupakan alasan ketiga mengapa Anda tak boleh melewatkan proses penting tersebut. Ketika lapisan sel kulit mati pergi, yang tertinggal adalah lapisan kulit di bawahnya yang bertekstur lebih halus. Tekstur kanvas wajah macam ini menyediakan lahan yang baik buat make up untuk menempel lebih baik. Bahkan jika dilakukan pada tubuh, maka bisa membuat proses mencukur menjadi lebih mudah. Jadi, tunggu apalagi! Segera babat habis sel kulit mati dengan melakukan exfoliating. (vem/meg)







ARTIKEL TERKAIT - CANTIK
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Cancer

21 Juli - 27 Juli
Sekaranglah saat yang tepat untuk menyambung kembali relasi yang sempat terputus...