Sukses

Beauty

Fakta Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya

Kadang pusing juga menghadapi rambut yang rontok setiap hari. Sebenarnya rambut rontok adalah hal yang normal. Kumpulkan rambut yang rontok dan hitung berapa jumlahnya. Jika jumlahnya 60 - 100 helai perhari, hal itu wajar (tergantung ketebalan rambut). Jika lebih dari itu, Anda harus waspada.

Penyebab Rambut Rontok

Menurut Dr. Robert Jones dari Hair Transplant Centre, seorang wanita yang mengalami kerontokan sebanyak 80 hingga 90 persen disebabkan karena genetika atau keturunan, dilansir Readers Digest. Tetapi ada juga penyebab kerontokan lain, misalnya:

  • Masalah pada kelenjar tiroid
  • Perubahan hormon, misal kehamilan
  • Efek samping obat
  • Stres
  • Pertambahan usia
  • Kurangnya konsumsi zat besi
  • Tidak cocok produk perawatan rambut

Menurut Dr Robert, biasanya wanita sudah kehilangan 25 persen rambutnya sebelum menyadari mengalami masalah kebotakan. Karena itu, sebelum rambut Anda botak, perhatikan kerontokan yang terjadi pada rambut Anda.

Mengatasi Rambut Rontok

Karena ada banyak penyebab rambut rontok, Anda harus tahu terlebih dahulu apa penyebabnya. Tidak semua masalah kerontokan rambut bisa selesai hanya dengan memakai tonik. Nick Dimakos, pendiri Sure Thik Internasional menyarankan agar Anda berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum mencoba berbagai kosmetik rambut yang dikabarkan bisa mengatasi masalah rambut rontok.

Sebagai upaya dari dalam, Anda bisa mencoba mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12 atau suplemen yang mengandung zat besi (biasanya untuk mengobati anemia). Hindari mengikat atau menggulung rambut terlalu ketat. Saat rambut Anda sedang rontok, hindari ekstensi rambut agar akar yang lemah tidak semakin memperparah kerontokan rambut.

Anda punya jurus jitu mengatasi rambut rontok? Silakan bagi di kolom komentar!

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading