/body-and-mind/cantik/28141-cara-menghilangkan-tahi-lalat-secara-alami.html

Cara Menghilangkan Tahi Lalat Secara Alami

Jum'at, 26 Juli 2013 11:45



Courtesy ShutterStock.com

Vemale.com - Tahi lalat, sebutan unik dari nenek moyang dulu ini memang selalu menimbulkan rasa penasaran. Apa iya sih mereka adalah 'tahi lalat' yang sesungguhnya?

Ternyata bukan. Semua hanya sebutan saja. Tahi lalat adalah bagian dari kulit yang tumbuh karena pengaruh pigmentasi. Umumnya warnanya kecoklatan atau kehitaman, ada yang menempel rata di kulit, ada pula yang muncul.

Rata-rata setiap orang memiliki lebih dari 40 tahi lalat di tubuhnya, yang lokasinya beragam. Ada yang tumbuh di bibir, dan kabarnya pemiliknya adalah sosok yang cerewet. Ada yang tumbuh di pipi, dan kabarnya pemiliknya punya senyuman termanis. Uniknya tumbuhnya tahi lalat ini jadi menimbulkan persepsi unik yang kemudian menjadi mitos yang perlahan dipercaya banyak orang.

Namun, ternyata tak semua tahi lalat ini enak dilihat. Bila tumbuhnya tidak di tempat yang tepat, ia justru terlihat mengganggu. Apalagi jika ukurannya besar, wah bisa mengurangi kepercayaan diri lho.

Untuk itu, ada beberapa orang yang rela melakukan treatment menghilangkan tahi lalat ini. Merogoh kocek ratusan hingga jutaan, demi menghilangkan tahi lalat yang membuatnya tak percaya diri. Oya, selain mengganggu kepercayaan diri, ternyata bila tahi lalatnya jenis yang bisa tumbuh, juga berbahaya bagi kesehatan. Tahi lalat yang warna, bentuk dan ukurannya berubah, mengindikasikan adanya kanker kulit. Hii... seram juga ya. Ada nggak sih cara menghilangkannya secara alami dan tak harus pergi ke dokter?

Dilansir oleh boldsky, ada beberapa bahan alami yang bisa membantu menghilangkan tahi lalat.

Pakai cuka apel

  • Cuka apel ini memang punya khasiat banyak untuk kecantikan dan kesehatan. Dan salah satunya adalah untuk membantu menghilangkan tahi lalat.
  • Caranya adalah dengan menyiapkan semangkuk air panas, tuangkan 2 sdm cuka apel ke dalamnya.
  • Ambil sebuah kapas, rendam di larutan cuka apel, kemudian kompreskan selama 20-30 menit pada tahi lalat yang ingin dihilangkan.
  • Bilas dengan air dingin atau kompres dengan es batu setelah itu.

Pakai minyak jarak

  • Minyak jarak atau castor oil juga ampuh untuk membantu menghilangkan tahi lalat. Caranya adalah:
  • Siapkan 1 sdt castor oil dan campurkan dengan 1 sdt baking soda
  • Aplikasikan pada area tahi lalat dan diamkan selama semalaman untuk hasil yang terbaik.
  • Tahi lalat memang tidak bisa serta merta hilang keseluruhan, namun Anda bisa mengulangi step ini beberapa kali agar tahi lalat bisa hilang.

Pakai bawang putih

Herbal ampuh mengatasi tahi lalat adalah menggunakan ramuan bawang putih. Caranya adalah dengan menghaluskan bawang putih kemudian mengompreskannya pada tahi lalat. Biarkan semalaman. Kandungan sulfur pada bawang putih inilah yang akan membantu menghilangkan tahi lalat. Lakukan selama beberapa kali agar tahi lalat benar-benar hilang.

Pakai delima dan jeruk nipis

Petik delima yang sudah ranum, kemudian haluskan dan campurkan dengan jeruk nipis. Gunakan sebagai masker dan biarkan semalaman. Ulangi sampai beberapa hari sampai tahi lalat hilang.

Pakai lidah buaya

Gel lidah buaya adalah bahan yang terbaik merawat kulit dan menghilangkan tahi lalat. Caranya adalah dengan mengambil gel pada lidah buaya dan mengompreskannya. Biarkan selama 2-3 jam. Kemudian ulangi hingga 3-4 hari sehingga tahi lalat pudar dan hilang.

Apabila Anda menemukan tahi lalat Anda berubah bentuk, warna dan ukurannya, lebih baik periksakan pada dokter untuk memastikan bahwa ia bukanlah kanker kulit. Tahi lalat mungkin kedengaran sepele, tetapi saat ia menjadi kanker kulit maka ia juga akan berbahaya bagi kesehatan kulit Anda. (vem/bee)

BACA JUGA:

Manfaat Mencuci Wajah Sebelum Tidur

Hati-Hati Beli Produk Perawatan Kulit Dari Online Shop

Penyegar Alami Untuk Kulit Cantikmu

6 Kesalahan Perawatan Kulit Yang Sering Dilakukan Wanita

Apakah Perawatan Kulit Anda Sudah Tepat?

Pakai Hand Body Lotion Saja Tidak Cukup Bikin Kulit Mulus

Inilah Yang Terjadi Pada Kulit Bila Anda Merokok






ARTIKEL TERKAIT - CANTIK
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Scorpio

24 November - 30 November
Banyak kerjaan dan tantangan baru yang akan kamu hadapi Ada banyak...