/data/vemale/data/detailjson/body-and-mind/cantik/22637-fakta-seputar-tabir-surya-anda.json
Body And Mind: Fakta Seputar Tabir Surya Anda | Vemale.com

Fakta Seputar Tabir Surya Anda

Selasa, 11 Juni 2013 11:00



courtesy shutterstock

Vemale.com - Setiap produk kecantikan yang bertujuan untuk melindungi kulit dari sinar matahari berlebih pasti mengandung tabir surya. Kita pun familiar dengan kandungan ini dan menganggap bahwa bila sudah memakai tabir surya maka kulit akan aman dari sengatan matahari. Produk-produk kecantikan gencar mengiklankan tentang tabir surya tapi lupa menyampaikan fakta seputar tabir surya. Apa saja fakta tentang tabir surya yang mungkin belum Anda ketahui?

1.Tidak ada yang tabir surya yang tahan air. Sebab selama 40-80 menit setelah dipakai, tabir surya pasti sudah mengalami penurunan efektivitas dan perlu dioleskan kembali pada kulit. Hal ini mematahkan pendapat bahwa tabir surya masih berfungsi walau tubuh sudah basah (misal berenang atau bermain air). Oleskan tabir surya secara berkala agar perlindungannya tetap maksimal.

2. Tabir surya dengan SPF di bawah 15 biasanya memiliki keterangan tidak mampu mencegah kanker kulit. Tapi bukan berarti tabir surya yang memiliki SPF yang tinggi mampu menghindarkan Anda dari kanker kulit lho ladies. Jangan hanya menggantungkan kesehatan kulit Anda pada tabir surya ya.

3. Tabir surya dengan SPF di atas 50 belum tentu penangkal sinar UV yang baik. Belum ada penelitian yang valid mengenai hal ini. Jadi jaga kulit Anda dari sinar matahari dengan jangan terlalu lama berada dalam keadaan panas.

4. Tidak semua tabir surya memiliki kemampuan menangkal pengaruh sinar UV A dan UV B dalam satu kemasan. Baca baik-baik keterangan dalam kemasan produk kecantikan yang Anda beli agar Anda tidak salah membeli produk tabir surya.

5. Tingkat sensitifitas kulit bisa bertambah bila memakai tabir surya yang salah. Hal ini dikarenakan bahan-bahan yang digunakan dalam tabir surya mengandung bahan aditif di dalamnya. Penting untuk memperhatikan zat-zat dalam tabir surya agar tidak malah merusak kulit Anda.

6. Tabir surya memang paling efektif jika dijual dalam bentuk cairan kental. Biasanya berbentuk krim atau losion. Tabir surya yang berbentuk cair tidak baik untuk organ dalam tubuh.

Pemakaian tabir surya secara tepat dapat menjaga kulit agar tetap bersih dan tidak kusam karena sinar matahari. Karena itu gunakan tabir surya dengan bijak dan jangan berlebihan karena takut akan sinar matahari. Batasi aktivitas di luar ruangan bila memungkinkan dan konsumsi makanan sehat agar kulit terlindungi dari penyakit jahat.

(vem/Sya)







ARTIKEL TERKAIT - CANTIK
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Leo

25 Agustus - 31 Agustus
Akan ada beberapa pihak yang memaksakan kehendak mereka terhadap Anda Jika...