Sukses

Beauty

Jenis-Jenis Kuas Makeup Berikut Fungsinya

Jika Anda adalah pemula yang ingin belajar makeup, perlu diketahui bahwa ada beberapa macam kuas yang fungsinya dan hasilnya berbeda. Itulah sebabnya foundation bisa menempel dengan baik, eyeshadow bisa menghias mata dengan cantik, dan blush on bisa tampak natural memerahkan pipi.

Untuk menghasilkan makeup yang baik dan tidak berlebihan, disarankan untuk memakai kuas sesuai dengan fungsinya. Ada sekian banyak jenis kuas yang biasa dipakai oleh makeup artist profesional, namun untuk keseharian Anda perlu memiliki enam jenis kuas ini saja:

Kuas foundation

kuas makeup 

courtesy shape.com 

Kuas ini bentuknya pipih dan tidak terlalu tebal. Bulunya cukup halus tetap tidak lemas, sehingga dapat mengaplikasikan alas bedak secara merata dan menutup pori-pori secara alami.

Mungkin Anda dulu lebih suka menggunakan jemari ketimbang kuas ini, atau juga menggunakan sponge. Tetapi, Anda perlu mencermati bahwa hasil pulasan alas bedak dengan kuas ini akan lebih halus dan merata. Tidak tebal di satu sisi saja.

Apabila jenis foundation Anda cair, maka pulaskan terlebih dahulu dengan menggunakan jari, kemudian baru ratakan dengan menggunakan kuas.

Kuas Kabuki

kuas makeup 

courtesy shape.com 

Kuas jenis ini biasanya digunakan untuk meratakan area tulang pipi, tulang dahi dan tulang hidung. Fungsinya adalah membuat setiap sudut terpapar materi makeup dengan baik dan sempurna.

Kuas ini umumnya sangat tebal dan berisi. Bulunya cenderung pendek dan membulat di ujung. Cara memakai kuas ini biasanya dengan gerakan melingkar, sehingga sapuannya maksimal dan meninggalkan kesan natural dan makeup yang rata.

Kuas eyeshadow

kuas makeup 

courtesy shape.com 

Kuas jenis ini punya bulu yang pendek, bulat dan halus. Biasanya dipakai untuk metode blending sehingga antara warna yang satu dan yang lain bisa tercampur dengan rapi. Meninggalkan tekstur yang lembut serta alami, sehingga tidak membuat makeup Anda terlihat berlebihan.

Agar pulasannya cantik dan tidak terlalu tebal, biasanya diketukkan sedikit sehingga eyeshadow yang menempel tidak berlebihan.

Kuas concealer

kuas makeup 

courtesy shape.com 

Kuas ini biasanya ukurannya panjang dan ujungnya bulat meruncing. Dipakai untuk menutup beberapa bagian kulit di wajah, terutama yang memiliki noda atau sedang berjerawat.

Bulunya lembut sehingga menyapu kulit dengan sempurna. Dapat juga digunakan untuk memulas area sekitar mata untuk menyamarkan lingkaran hitam di mata.

Kuas eyeliner

kuas makeup 

courtesy shape.com 

Kuas ini biasa disebut juga kuas angle, karena bentuknya asimetris dan meruncing di satu sisi saja. Umumnya tipis dan berfungsi menciptakan sudut atau mempertegas sisi eyeshadow atau eyeliner.

Dapat menjangkau area-area yang membutuhkan sudut atau kurva, sehingga cocok digunakan untuk memulaskan eyeliner atau merapikan alis. Memberikan penampilan yang lebih natural pada alis setelah memakai pensil alis.

Kuas blush on

kuas makeup 

courtesy shape.com 

Kuas ini umumnya khusus digunakan untuk memulaskan blush on atau bronzer pada pipi. Ukurannya beragam, mulai dari yang kecil, medium hingga besar.

Digunakan dengan pulasan vertikal maupun melingkar, sehingga meninggalkan kesan natural dan merata.

Sudah mengenal aneka kuas yang biasa dipakai untuk makeup sehari-hari kan? Jangan lupa untuk selalu mencuci kuas secara rutin setidaknya 3-4 minggu sekali agar makeup tetap higienis ya. [initial]

BACA JUGA:

Punya Wajah Bulat? Makeup Ini Cocok Untukmu

5 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Saat Belajar Makeup

Tutorial Mata Lebar ala Boneka Untuk Sehari-Hari

5 Tips Makeup Mengatasi Wajah Tampak Lelah

Agar Kulitmu Bebas Dari Minyak

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading