Sukses

Beauty

Cara Mengatasi Gatal di Kulit Kepala

Apakah Anda seringkali merasa kulit kepala gatal-gatal di tengah Anda sedang meeting atau berkumpul dengan sahabat-sahabat Anda? Lantas, apa yang Anda lakukan?

Menggaruk mungkin akan membuat Anda sedikit lebih lega, tetapi ternyata menggaruk kulit kepala yang gatal justru membuat Anda ingin menggaruknya lagi dan lagi. Alhasil, Anda akan terlihat konyol dan terjadi iritasi di kulit kepala.

Yang harus Anda lakukan pertama kali saat kulit kepala gatal adalah 'JANGAN MENGGARUKNYA'. Lebih baik, coba beberapa langkah ini sehingga gatal di kulit kepala segera menyingkir.

Keramas teratur

Umumnya, gatal di kulit kepala disebabkan karena kulit kepala kotor dan terlalu banyak keringat. Untuk itu, pastikan Anda berkeramas secara teratur sehingga bakteri dan kotoran ogah nempel di sana.

Pakai air dingin

Apabila Anda seringkali mengalami gatal, maka hindari keramas dengan air hangat atau air panas. Lebih baik gunakan air dingin saja. Air dingin akan membantu merilekskan dan ramah bagi kulit kepala jenis sensitif.

Perlu kelembaban

Tingkatkan kelembaban dengan memilih shampo dan kondisioner khusus yang lembut serta melembabkan. Sebaiknya hindari shampo dengan formula keras yang justru akan memperparah iritasi di kulit kepala. Terutama jika jenis kulit Anda sensitif, utamakan kandungan pelembab di dalam shampo atau kondisioner.

Pakai minyak alami

Gunakan minyak alami seperti minyak kelapa untuk memassage kulit kepala agar rileks dan meningkatkan regenerasi rambut. Segera bilas hingga bersih sehingga tidak meninggalkan residu dan kotoran yang akan memicu terjadinya gatal-gatal lagi.

Hindari terkena panas

Hindarkan kulit kepala dan rambut dari panas, baik panas matahari maupun panas dari alat pengering rambut atau pencatok rambut. Panas akan justru memperparah dan membuat kondisi kulit kepala menjadi kering.

Masker rambut

Aplikasikan masker rambut untuk mengatasi problem kulit kepala serta menyuburkan rambut. Masker rambut juga membuat kulit kepala lebih lembab dan terasa dingin.

Kenakan pelindung kepala seperti topi atau payung ketika Anda beraktivitas di bawah sinar matahari langsung, sehingga kulit kepala Anda lekas pulih dan gatal-gatalnya hilang. [initial]

BACA JUGA:

Perawatan Rambut Rumahan 20 Menit, Hasil Profesional

Sudah Tahu Belum, Apa Yang Bikin Rambutmu Kering?

Bagus Mana Sih Rambut Smoothing Atau Ion?

5 Tatanan Rambut Dan Make up Yang Dibenci Pria

3 Masker Alami Untuk Rambut Rusak

5 Tips Menata Rambut Ala Salon Profesional

Aduh, Inilah Ciri-Ciri Rambut Rusak

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading